RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



Britney Spears: 'CIRCUS,' Album Comeback Penuh Ciri Khas Brit

Selasa, 17 Maret 2009 19:24

Setelah bertahun-tahun tenggelam dalam keterpurukannya, Britney Spears kembali menggebrak tahun 2009 dengan album terbarunya CIRCUS. Album yang dirilis bertepatan dengan hari ulang tahunnya Desember tahun lalu ini bisa membuat para penikmat musik di seluruh dunia merasakan semangatnya untuk kembali. Dengan lagu-lagunya yang penuh rythim dance dijamin bisa membuat para pendengar ikut bergoyang.


Testament: THE FORMATION OF DAMNATION, Teriakan Itu Tetap Lantang!

Rabu, 11 Maret 2009 08:15

Testament kembali hadir dalam industri musik dunia, di bawah naungan label metal raksasa Nuclear Blast. Medio November tahun lalu, mereka merilis album, setelah sembilan tahun tak masuk studio, dan langsung berkibar dengan THE FORMATION OF DAMNATION yang disambut hangat oleh kalangan metal di berbagai belahan dunia, sekaligus pembuktian dedikasi Testament. Chuck Billy, Eric Peterson, Greg Christian, Alex Skolnick serta Paul Bostaph masih 'terdengar lantang' sejak pertama kali 'berteriak' di tahun 1982, rentang karir yang telah mencapai seperempat abad, tidak menjadikan band ini kehilangan power.



Lily Allen: 'IT'S NOT ME IT'S YOU', Sebuah Pelajaran Yang Tak Menggurui

Selasa, 10 Maret 2009 09:01

Secara musikal, IT'S NOT ME IT'S YOU memang hampir sama riangnya dengan album Lily Allen sebelumnya, ALRIGHT, STILL. Sentuhan nada elektronik, bantuan teknologi digital, dan beat drum dance tetap mendominasi lagu-lagu di dalam album kedua ini. Namun secara keseluruhan, suasana di dalamnya cukup reflektif dan down tempo dengan alunan piano dan loops elektronik yang menemaninya.


The Killers: DAY & AGE, 'Para Pembunuh' Yang Mencoba Survive

Kamis, 05 Maret 2009 08:14

Setelah dua kali ganti 'penyamaran', Brandon Flowers, Dave Keuning, Mark Stoermer dan Ronnie Vannucci Jr. kembali dengan campuran dua resep lama mereka di album ketiganya, DAY & AGE yang sudah rilis akhir tahun lalu, di bawah label Island Records.


Lady GaGa: 'THE FAME,' Irama Fantastis Namun Bukan Sesuatu Yang Beda

Senin, 02 Maret 2009 09:01

Universal Music Group kembali menyuguhkan artis baru di bawah label besarnya, penyanyi pop dance yang dikenal karena kekhasannya dalam berbusana, Lady GaGa. Dan proyek album bertitel THE FAME ini nampaknya memenuhi harapan yang diberikan padanya. GaGa yang bernama asli Stefani Joanne Germanotta langsung menjadi seorang selebriti internasional yang melejit walaupun sebenarnya sosoknya sendiri berisiko disamakan dengan Gwen Stefani ataupun Aubrey O Day.


Beyonce: 'I AM... SASHA FIERCE', Dua Warna Berbeda

Jumat, 23 Januari 2009 10:13

Dua album dengan warna yang berbeda dirilis dalam waktu yang bersamaan. Kurang lebih itulah definisi album ketiga dari Beyonce ini. Menurutnya, satu album mewakili karakter dirinya sementara album yang lain adalah penggambaran dari alter ego-nya, Sasha Fierce. Kedengarannya agak sedikit berbau personal.


Dido: 'SAFE TRIP HOME', Guratan Kesedihan Yang Dalam

Jumat, 12 Desember 2008 09:13

Menjadi seorang penyanyi yang sukses memang tak selalu harus memiliki suara yang indah atau mampu berolah vokal dengan baik. Kadang dengan banyak keterbatasan, seorang penyanyi mampu memberikan yang terbaik dan dapat dinikmati oleh para pendengarnya. Dan Dido adalah satu dari penyanyi yang tahu benar bagaimana cara memberikan yang terbaik dari segala keterbatasan yang ia miliki.


Guns N Roses: 'CHINESE DEMOCRACY', Akhir Sebuah Penantian

Jumat, 28 November 2008 08:13

Setelah sempat tertunda selama lima belas tahun, akhirnya album CHINESE DEMOCRACY dirilis juga meski hanya secara eksklusif lewat Best Buy. Lalu setelah mengendap selama itu di studio apa sebenarnya yang akan ditawarkan Axl Rose yang notabene tinggal satu-satunya personel awal Guns N Roses?


Boyzone: BACK AGAIN... NO MATTER WHAT

Rabu, 19 November 2008 09:13

Nama Boyzone memang bukanlah nama yang asing buat mereka yang tumbuh di era 90-an. Namun setelah vakum selama delapan tahun, bisa jadi tak banyak yang ingat pada boy band asal Irlandia ini. Dan kini setelah sekian lama, Boyzone kembali meluncurkan album baru, meski sebenarnya hanya tiga lagu yang benar-benar baru.


NKOTB: 'THE BLOCK', The Kids Are Back

Jumat, 10 Oktober 2008 09:00

New Kids on the Block (NKOTB) bisa jadi adalah cikal bakal dari 'wabah' boy band di tahun 80-an. Sejak munculnya grup ini, banyak bermunculan boy band yang rata-rata menawarkan hal yang sama: musik ringan, dance, dan tentu saja tampang manis. Tak heran jika kebanyakan fans boy band adalah cewek.


Metallica: 'DEATH MAGNETIC', Mengusung Tema Kematian

Sabtu, 27 September 2008 07:00

Lega juga akhirnya setelah Metallica mengambil keputusan bijaksana untuk meluncurkan album baru yang bisa jadi pengobat kekecewaan setelah mendengar album ST. ANGER mereka di tahun 2003 lalu. Album yang bisa dimasukkan kategori 'parah' itu memang sempat membuat fans bertanya-tanya apa yang terjadi dengan icon musik metal ini.


Everybody Loves Irene: 'ON SECOND THOUGHT, I MIGHT WANNA CHANGE SOME THINGS'

Selasa, 09 September 2008 08:00

Sejak munculnya grup Frankie Goes to Hollywood di tahun 80-an, banyak grup band yang memakai kalimat sebagai nama band-nya, misalnya saja Michael Learns to Rock. Kali ini kita berkenalan dengan band asal Bandung bernama Everybody Loves Irene. Tak jelas kenapa semua orang mencintai Irene, yang jelas grup band ini mengusung jenis musik yang tak lazim di dunia musik Indonesia yang lebih cenderung sebagai industri.


Motley Crue: 'SAINTS OF LOS ANGELES', Kembalinya si Anak Nakal

Kamis, 14 Agustus 2008 09:00

Album ini awalnya sempat akan dilepas dengan title THE DIRT. Tapi akhirnya Nikki Sixx memutuskan bahwa SAINTS OF LOS ANGELES mungkin lebih berdaya jual tinggi ketimbang THE DIRT. Sekilas melihat sampul album ini, kita seolah dibawa ke era 90-an saat grup-grup band macam Guns 'N Roses menjadi panutan semua band. Cover album ini benar-benar bergaya 80-an.


Miley Cyrus: 'BREAKOUT', Sebuah Proses Pendewasaan

Jumat, 08 Agustus 2008 09:00

Di album kedua ini, Miley Cyrus mencoba untuk tampil lebih dewasa bila dibanding dengan album pertamanya. Ada 12 track yang dikemasnya dalam album berjudul ringkas BREAKOUT ini. Dari 12 track ini, sebagian besar lagu mencantumkan nama vokalis ini sebagi penulisnya.


MSG: 'IN THE MIDST OF BEAUTY', Komposisi Anyar Dengan Sound Retro

Rabu, 30 Juli 2008 19:00

Belakangan ini banyak grup-grup band lawas yang mulai merilis album baru lagi. Entah ini cuma sekedar pembuktian bahwa mereka masih eksis atau memang kreativitas mereka yang masih terus berjalan. Salah satunya adalah MSG yang Mei kemarin meluncurkan album baru berisi 12 track yang semuanya masih fresh ini.