RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



JET: 'SHAKA ROCK', Menebak-nebak Arah Pasar

Senin, 14 September 2009 18:45

Status one-hit wonder nampaknya adalah hal yang paling dihindari oleh Jet. Hingga mereka mencoba menjajal segala kemungkinan untuk selamat dari status tersebut dan dicampur-aduk dalam rilisan teranyar mereka, SHAKA ROCK. Cameron Muncey, Mark Wilson, serta 2 bersaudara Nic dan Chris Cester terlihat masih belum bisa keluar dari bayang-bayang Are You Gonna Be My Girl, meski sudah 6 tahun berselang.


Daughtry: 'LEAVE THIS TOWN', Cita Rasa American Idol

Sabtu, 15 Agustus 2009 06:06

Saat chart Top 40 masa kini didominasi oleh mainstream hip-hop group Black Eyed Peas, pesona pop country ala gadis (benar-benar gadis) manis Taylor Swift, serta dentuman dance pop menyengat gaya Lady Gaga, rasanya musik modern rock harus rela mengalah dengan trend. Namun, jangan lupakan nama Daughtry, band yang dimotori oleh Chris Daughtry itu punya kans untuk melakukan breaktrough. Chris punya warna suara khas, musikalitas mumpuni dan tampang American Idol yang digilai kaum hawa.



Panic At the Disco: 'PRETTY. ODD.' Mereka Tetap Seperti Dulu

Sabtu, 08 Agustus 2009 14:51

Panic At the Disco akhirnya kembali. Jika Anda sudah rindu dengan penampilan mereka yang fantastis bak opera dengan berbagai ikon sirkus di dalam album mereka, maka bersiaplah untuk 'menelan' PRETTY. ODD.


Jordin Sparks: 'BATTLEFIELD', Bukan Karya Gadis 20 Tahun

Rabu, 05 Agustus 2009 01:05

Jordin Brianna Sparks boleh jadi baru genap berusia 20 pada tahun ini, namun apa jaminan album BATTLEFIELD layak untuk disebut sebagai pop modern craftmanship? Jawabannya adalah nama-nama sederet produser hits maker yang berdiri di belakang jebolan American Idol ini. Plus sedikit latihan vokal ekstra.


Chickenfoot: 'CHICKENFOOT', Bukan Musik Ayam Sayur

Selasa, 28 Juli 2009 18:05

Bersenang-senang, sebuah kata ulang yang nampaknya memang akrab dengan kehidupan para rockstar, namun apa yang dilakukan oleh Sammy Hagar, Joe Satriani, Chad Smith dan Michael Anthony rupanya boleh dibilang menyenangkan juga bagi fans. Serasa menyimak Van Halen yang kembali punya vokalis (benar-benar vokalis), ditambah bonus peragaan 'fusion' rock-funk, serta hey..kapanlagi Joe Satriani rela mengisi rhytem section! Bukan itu saja, semua tergabung dalam satu idiom parodi khas Amrik, Chickenfoot.


New Found Glory: 'NOT WITHOUT A FIGHT,' Hadiah Untuk Penggemar Lama

Kamis, 23 Juli 2009 18:06

New Found Glory kembali dengan album studio keenam mereka. Kali ini, pertama kalinya mereka bekerja sama dengan Epitaph Records. Dengan barisan lagu-lagu yang memorable, mereka kembali lagi dengan NOT WITHOUT A FIGHT.


Rob Thomas: 'CRADLESONG', Hitsmaker Itu Masih 'Panas'

Selasa, 21 Juli 2009 18:15

Seperti halnya jika Anda membandingkan antara hubungan suami istri dengan one night stand relationship, masing-masing memiliki feel dan impact yang berbeda. Persis sama saat Anda menyimak Rob Thomas sebagai frontman Matchbox Twenty, atau saat ia tetap banyak menjual hits meski bernyanyi solo.


Placebo: 'BATTLE FOR THE SUN', Ruang Antara Rock dan Pop

Selasa, 14 Juli 2009 18:15

Bila bicara soal Placebo, maka tak akan lepas dari dominasi dan totalitas sang frontman, Brian Molko. Jika disandingkan dengan Jon Bon Jovi maka Molko, yang sama-sama memiliki modal sebagai bintang (tampang dan musikalitas) bisa jadi ada di atas angin, karena bagaimanapun juga ia telah sukses membawa Placebo jauh dari rayuan musik pop, sebuah hal yang harus diakui gagal dilakukan oleh Bon Jovi. Hingga hari ini.


Vertical Horizon: 'BURNING THE DAY', Klise!

Selasa, 07 Juli 2009 18:03

Enam tahun vakum berkarya, Vertical Horizon kembali mencoba peruntungan mereka dengan merilis BURNING THE DAY, sebuah bentuk dari harapan mereka akan pasar pop/rock yang kian semu, setelah U2 yang stuck justru anehnya masih disukai, dan tentu saja over-promoted teen bublegum pop ala Jonas Brothers justru disebut rockstar.


Lenka: 'LENKA,' Tak Perlu Usaha Keras Temukan Masa Kanak-Kanak

Kamis, 02 Juli 2009 07:58

Album self-titled yang juga merupakan debut penyanyi pop alternatif asal Australia ini rupanya benar-benar diakui sebagai 'dirinya banget.' Lenka, bintang televisi Australia ini memang tidak salah jika kemudian memilih menjadi musisi.


Marylin Manson: 'THE HIGH END OF LOW', Ironi American Dream's

Selasa, 30 Juni 2009 19:19

Brian Hugh Warner adalah ironi dari tipikal aroganisme industri musik Amerika, akrab dengan imej alter egonya yang berada di antara bom sex Marylin Monroe dan serial killer psikopat Charles Manson, cukup sudah tujuh back cataloguenya memberikan warna bagi industri musik paman Sam. Sekaligus membuktikan jika Amerika memang memiliki ego terlalu besar, persis seperti dirinya sendiri.


Tracy Chapman: 'OUR BRIGHT FUTURE', Sebuah Filosofi Sederhana

Selasa, 23 Juni 2009 18:33

Bagi seorang Tracy Chapman, perubahan bisa berarti sebagai sesuatu yang mahal, betapa tidak, 22 tahun berlalu sejak debut album self-titlednya, Tracy masih bertahan di jalur yang sama, warna musik yang nyaris tak berubah, serta pengamatannya yang masih sama detailnya mengenai bentuk kehidupan manusia, satu hal yang kian langka, tetap menjadi simple.


Black Eyed Peas: 'THE E.N.D.' Album Terbaik BEP, Hingga Saat Ini

Minggu, 21 Juni 2009 07:27

Setelah beberapa album hip hop yang dianggap sempurna oleh banyak kritikus musik, namun anjlok di pasaran, Black Eyed Peas pun dihadapkan pada pilihan yang rumit. Mereka pun memilih menjadi populer dengan menggaet Fergie dalam album ELEPHUNK mereka yang dirilis 2003 silam. Dan kali ini, dengan THE E.N.D., mereka kembali menawarkan hits yang pastinya bisa populer dan lirik tanpa perlu berpikir lagi untuk dinikmati.


Manic Street Preachers: 'JOURNAL FOR PLAGUE LOVERS',Warisan Berusia 14 Tahun

Rabu, 17 Juni 2009 07:07

Richey Edwards memang telah hilang bak ditelan bumi sejak tahun 1995, dan telah resmi dinyatakan tewas pada 2008 lalu, namun lewat JOURNAL FOR PLAGUE LOVERS, ia kembali menghantui industri musik yang selalu disebutnya 'palsu', dengan menjadi setiap lirik dari musik Manic Street Preachers.


Eminem: 'RELAPSE', The Real Slim Shady Telah Kembali

Rabu, 10 Juni 2009 06:06

Tiga tahun sudah Marshall Bruce Mathers III absen berkarya, periode yang cukup lama bagi seorang rapper kulit putih yang bahkan lebih kontroversial dibandingkan hip-hop itu sendiri, atau pria kulit hitam manapun yang memakai bling-bling, dan kini Eminem kembali dengan alter egonya, Slim Shady.