RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



Kelly Clarkson: 'ALL I EVER WANTED', Bukan Lagi Seorang Idol

Rabu, 03 Juni 2009 06:16

Jika seorang musisi telah mengalami kejenuhan berkarya akibat konsekuensi kontrak dengan label, maka jadinya adalah sebuah album over-produced yang berisikan 'lagu lama' yang hanya berubah lirik dan digubah sedikit aransemennya, bahkan tak jarang malah membuat pamor sang musisi kian meredup karenanya, ironisnya hal ini sedang dialami oleh solis muda Kelly Brianne Clarkson dalam album ke-4nya ALL I EVER WANTED.


Green Day: '21st CENTURY BREAKDOWN', Punk Opera Berdurasi 70 Menit

Rabu, 27 Mei 2009 06:06

Green Day memang bukan The Clash yang memanaskan telinga anggota kerajaan Inggris dengan riot and chaos, namun Green Day justru jauh lebih sukses daripada Joey Ramone beserta Ramonesnya, lebih tepatnya Green Day memang ditakdirkan untuk menjadi counter culture dari American Dreams.



Static-X: 'Cult Of Static', Stagnasi Yang Tak Monoton

Kamis, 21 Mei 2009 06:06

Sejak 'one man band' Nine Inch Nails memperkenalkan industrial metal kepada publik musik dunia di awal 1990-an, maka sejak saat itulah genre yang lebih dahulu berkibar di daratan Eropa itu identik dengan distorsi berat metalzone, sampling, synthesizer, dan sequencer. Kini, setelah 20 tahun setelahnya, empat 'basic rules' tersebut masih dipertahankan oleh Static-X.


Ciara: 'FANTASY RIDE', Album Kurang Sempurna

Selasa, 19 Mei 2009 10:15

Setelah merilis album terakhirnya pada tahun 2006 lalu berjudul THE EVOLUTION, kini Ciara tampil lagi dengan membawakan album lainnya bertajuk FANTASY RIDE. Sayangnya, justru di album yang mengusung nama-nama seperti Justin Timberlake, Missy Elliot, dan Ludacris ini malah 'kurang' dari album sebelumnya.


Miley Cyrus: 'BREAKOUT PLATINUM EDITION,' Bukan Artis Numpang Tenar!

Jumat, 15 Mei 2009 07:33

Rupa-rupanya Amerika sedang kebanjiran talenta muda berbakat di industri musik mereka. Dari Jonas Brothers, Taylor Swift, hingga Miley Cyrus. Dengan usia yang hampir sepantaran, mereka telah mampu menunjukkan bakat dan kemampuan untuk menarik sebuah basis penggemar yang cukup besar. Miley sendiri nampaknya juga bisa menunjukkan kemampuannya dalam album solo perdananya, BREAKOUT. Di sinilah dia ingin 'keluar' dari kepompong Hannah Montana-nya.


Yeah Yeah Yeahs: 'IT'S BLITZ!', Tetap Influental!

Rabu, 13 Mei 2009 07:07

Tak seperti kebanyakan band garage rock yang berbelok ke aransemen mainstream demi mengejar radio airplay, YYY justru tetap mengandalkan modal mereka, dan beruntunglah, karena band asal New York tersebut memiliki vokalis Karen Lee Orzolek, atau lebih beken dengan nama panggung Karen O.


Kerli: 'LOVE IS DEAD,' Pembuktian Tak Adanya Kotak Genre Dalam Musik

Rabu, 06 Mei 2009 08:58

Saat pertama kali melihat sampul album perdana artis bernama Kerli, yang terlintas adalah another pop/emo/goth female singer yang akan memberikan lagu-lagu bernada keputusasaan yang sedang ramai digemari anak muda sekarang. Gambar kartun berambut putih panjang dengan dandanan smokey eyes dan poni menutupi dahi menambah kuat kesan emo yang diberikan oleh Kerli. Apalagi background yang suram dan boneka penuh jahitan yang dibawa oleh sosok kartun itu.


Morrissey: 'YEAR OF REFUSAL', Kultur Britpop Idealis

Rabu, 22 April 2009 18:18

Dibuka dengan Something Is Squeezing My Skull yang up-tempo serta power chords yang dimainkan dengan oktav naik-turun, Morrissey mengutuk modern life yang 'palsu' dengan "There is no love in modern life Oh, something is squeezing my skull, something i cant fight, there are no friends in modern life." Untuk Anda yang punya akun jejaring sosial dan Anda 'hidup' di sana, jangan tersinggung jika Morrissey mengatakan bahwa itu adalah sebuah ide fana dan tanpa tujuan.


Taylor Swift: 'FEARLESS,' Cermin Keberanian Swift

Senin, 20 April 2009 23:50

Kepiawaian Taylor Swift untuk menciptakan lagu tak perlu diragukan lagi. Diva muda country Amerika asal Pennsylvania ini membuktikannya dengan mantap dalam albumnya, FEARLESS. Talenta muda berbakat ini menunjukkan ketidaktakutannya untuk memberikan irama country yang biasa diatributkan pada orang-orang paruh baya. Dia pun berhasil memberikan rasa country yang cocok dinikmati oleh segala umur dengan bumbu beberapa suara-suara khas Irlandia ataupun Skotlandia.


'TONIGHT: FRANZ FERDINAND', Whiteboy Disco Dari Glasgow

Rabu, 15 April 2009 18:11

Jauh sebelum Franz Ferdinand merilis debut selftitled di tahun 2004 lalu, Skotlandia boleh dibilang hanya punya Rod Stewart, Shirley Manson dan Annie Lennox yang masing-masing dari mereka punya sesuatu yang berbeda daripada hanya sekedar bernyanyi.


All American Rejects: 'WHEN THE WORLD COMES DOWN,' Album Matang Dengan Proses Matang

Senin, 13 April 2009 11:58

Setelah menggebrak dengan single Swing-Swing di album pertama tahun 2002 silam, All American Rejects (AAR) nampak terlalu sibuk berpromo sehingga baru mengeluarkan album kedua pada 2005. Lalu band asal Stillwater, Oklahoma, ini kembali 'menghilang' sampai akhirnya mereka menyuguhkan album ketiga mereka, WHEN THE WORLD COMES DOWN, yang didapuk sebagai album cerminan pendewasaan diri mereka.


Snow Patrol: 'A HUNDRED MILLION SUN', Eksistensi Yang Mahal

Rabu, 01 April 2009 18:14

Kesuksesan selalu bermata dua, popularitas yang disertai oleh beban berat, beban untuk terus berada di dalam 'sukses' itu sendiri. Inilah usaha yang mati-matian coba dibuktikan Snow Patrol dalam album A HUNDRED MILLION SUN.


Chris Cornell: 'SCREAM', Dominasi Timbaland!

Rabu, 25 Maret 2009 05:15

Ia adalah orang yang (bersama Soundgarden) mendobrak dominasi heavy metal di awal 1990an, bahkan kabarnya tanpa dia Kurt Cobain tak pernah teken kontrak dengan label Sub Pop, dan tak akan pernah ada Nirvana. Namun setelah 19 tahun berselang, rupanya seorang founding fathers of grunge pun harus rela melakukan kompromi, itulah yang jelas terjadi saat seorang Chris Cornell merilis album solo ketiganya, SCREAM.


U2: 'NO LINE ON THE HORIZON,' Album Sebenar-Benarnya

Sabtu, 21 Maret 2009 22:22

Lima tahun sudah U2 break dari studio rekaman, kini mereka tampil lebih enerjik dan makin 'muda' saja. Setelah HOW TO DISMANTLE AN ATOMIC BOMB (2004) kini Bono cs kembali menggebrak industri musik dengan menampilkan hits andalan mereka No Line On The Horizon dalam album bertajuk sama di tahun ini.


Hoobastank: 'FOR(N)EVER', Masih Sama (Saja)

Rabu, 18 Maret 2009 17:10

Rentang waktu tiga tahun tak membuat Hoobastank mengalami banyak perubahan, setidaknya dari style mereka dalam bermusik. FOR(N)EVER, album ke empat yang muncul setelah EVERY MAN FOR HIMSELF di tahun 2006 lalu, seakan menjadi 'repetisi' dari band asal California ini, entah strategi pasar atau ketidak-sengajaan, yang jelas Doug Robb, Dan Estrin, Chris Hesse dan Jesse Charland masih sama (saja).