DURAN-DURAN: 'ASTRONAUT' Catchy, Sederhana dan Harmonis

Senin, 18 Oktober 2004 16:25 | 

Duran Duran






  • DURAN-DURAN: 'ASTRONAUT' Catchy, Sederhana dan Harmonis
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Dugaan tentang reuni Duran Duran dengan kelima orang anggota aslinya tak dapat disangkal lagi. 21 tahun adalah sebuah waktu yang lama, dimana nama mereka tenggelam dan tak lagi terdengar gaungnya. Dan setelah sekian lama kini mereka kembali, mencoba memperbaiki prestasi yang pernah mereka raih dengan musik yang catchy, sederhana dan harmonis.

Walaupun selama bertahun-tahun nama mereka telah tenggelam tetapi mereka tidak kehilangan keahlian mereka dalam menulis lagu. Ketenaran mereka memang luntur berbarengan dengan usia mereka yang bertambah. Siapaun yang memikirkan Duran-Duran pastilah dengan anggota mereka yang berusia rata-rata diatas 40-an, sebagai grup yangkembali dari masalalu. Tetapi mendengar musik mereka terasa seperti mendengarkan gaya musik Jamiroquai atau Backstreet Boys

Astronot adalah lebih dari album kembalinya Duran Duran. Ini seperti membuatnya atau mematahkannya, mengerjakannya atau mematikanya. Reuni mereka ini merupakan hal yang mustahil untuk diabaikan.Para wanita yang berusia diantara 30-an sudah pasti menunggu-nunggunya.Sejak mereka membuat pengumuman akan reuni.

Walaupun saat ini Simon LeBon merupakan salah satu yang meiliki suara terbaik di musik pop, dari semua kecenderungan dramatiknya, pria ini mendendangkan lagunya sama seperti yang lain. Secara lirik, LeBon melantunkan nada-nada putis yang mendayu-dayu, dipadu dengan sedikit kata-kata nonsense yang akan mendorong khayalan remaja menjadi sedikit liar.

Di Astronaut mistik melodramatisnya sedikit dikurangi akan tetapi irama patennya masih tetap dapat dikenali dengan baik.Secara musikal, cover Astronot memberi kesan semacam disco funk hingga aliran slow rock atau pop.

LeBon mendendangkan lirik yang mudah diingat, seperti: Reach up for the sunrise/put your hands in to the big sky dalam tembang Reach Up For The Sunrise.Tembang lainnya adalah Want You More yang merupakan tembang terbaik di album Astronot. Secara lirik tembang ini sederhana tetapi kor dari LeBon membuatnya terdengar merdu ditambah permainan gitar dari Andy Taylor.

Hampir keseluruhan musik dari 17 lagunya terdengar modern, ini membuktikan Duran Duran masih bisa menulis musik pop yang baik walaupun mereka telah lama tenggelam. Astronot tidaklah mendekati rangking di jajaran grup band dunia, tetapi dengan syair-syair yang mudah diingat membuatnya enak didengar dan ikut menyanyikanya. (erl) (kpl/nat)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -