RESENSI MUSIK INTERNASIONAL



Asia: 'PHOENIX', Bangkitnya Supergroup Lawas

Sabtu, 12 Juli 2008 08:00

Mendengarkan 12 track yang ada dalam album terakhir Asia ini seolah membawa kita kembali ke era 80-an. Drum pattern, pola melodi sampai nuansa yang dibawa memang kental berwarna tahun 80-an. Entah karena disengaja atau memang inilah hasil karya para master ini yang jelas Asia dengan original lineup Steve Howe, Carl Palmer, Geoff Downes dan John Wetton ini menyajikan musik yang berkualitas seperti album-album awal Asia.


Rihanna: 'GOOD GIRL GONE BAD', Pas di Lantai Dansa

Selasa, 08 Juli 2008 08:00

Walaupun terbilang masih baru dalam dunia tarik suara, namun prestasi vokalis yang satu ini sangat mengagumkan. Dari 2 albumnya, Rihanna berhasil mengantongi setumpuk penghargaan bergengsi. Kali ini Rihanna kembali meluncurkan satu album yang bisa dijamin bakal meledak seperti 2 album sebelumnya.



Coldplay: 'VIVA LA VIDA OR DEATH AND ALL HIS FRIENDS', Berbobot Namun Ambigu

Sabtu, 21 Juni 2008 08:00

Sekitar awal 2007 tersiar kabar bahwa Coldplay akan merilis album yang akan berbeda jauh dengan ketiga album sebelumnya. Saya sempat khawatir bahwa eksperimen ini akan menjadi bumerang bagi Coldplay yang sudah 'mapan' di jajaran grup band papan atas.


Alanis Morissette: 'FLAVORS OF ENTANGLEMENT', Puitis dan Menyayat Hati

Selasa, 17 Juni 2008 22:33

Melihat nama Guy Sigsworth sebagai produser dari album Alanis Morissette yang berjudul FLAVORS OF ENTANGLEMENT ini saya sempat khawatir. Jangan-jangan Alanis akan kehilangan 'akarnya' mengingat bahwa Guy selama ini mengerjakan album-album artis seperti Björk, Madonna atau Britney Spears.


Jewel: 'PERFECTLY CLEAR', Yang Ringan Namun Tetap Berisi

Selasa, 10 Juni 2008 23:00

Kenapa jadi banyak musisi yang beralih ke country? Setelah Bon Jovi, Joan Osborne, Darius Rucker dan Jessica Simpson, kali ini Jewel ikut-ikutan going country. Tapi mungkin di antara nama-nama di atas, hanya Jewel yang paling pas membawakan lagu country. Atau mungkin karena latar belakang masa kecil Jewel yang dikelilingi jenis musik yang Amrik banget ini?


Usher: 'HERE I STAND', Pendewasaan Yang Tak Mudah Dicerna

Rabu, 04 Juni 2008 08:00

Pertama mendengar album ini, ada kesan kejenuhan yang cukup mengganggu. Nuansa dari lagu ke lagu terkesan sama dan tak ada perbedaan yang terlalu mencolok walaupun ada beberapa lagu yang kelihatan menonjol bila dibanding lagu yang lain.


Mariah Carey: 'E=MC²', Mengulang Rumus Kesuksesan

Kamis, 29 Mei 2008 07:00

Tidak jelas apa hubungan rumus terkenal Albert Einstein ini dengan Mariah Carey. Yang jelas dua-duanya berhasil menorehkan nama dalam sejarah. Bila Einstein dengan teorinya maka Mariah Carey mencatatkan namanya dalam sejarah musik dunia.


Duffy: 'ROCKFERRY', Yang Muda Yang Begitu Soulful

Kamis, 22 Mei 2008 22:33

Saat diminta untuk membuat review dari album pertama Duffy ini saya sempat pesimis. Paling tidak jauh beda dengan artis-artis pendatang baru lainya, pikir saya waktu itu. Namun saat mencoba mendengar sepintas lalu beberapa lagu di album ini, saya sedikit terhenyak.


Def Leppard: 'SONGS FROM THE SPARKLE LOUNGE', Singa Tuli Yang Masih Tetap Bersinar

Kamis, 08 Mei 2008 22:07

Album studio ke-10 dari Def Leppard ini ternyata masih membuktikan bahwa grup rock yang lahir di tahun 1977 ini masih sanggup menyuguhkan album yang berkualitas. Kalau dilihat dari track record-nya grup ini memang langganan platinum album.


Madonna: 'HARD CANDY', Album Cemerlang Sang Diva

Senin, 05 Mei 2008 18:21

Album ke-11 Madonna yang dirilis April ini bisa disebut proyek ambisiusnya Madonna. 12 lagu bertempo up-beat banyak memasukkan unsur-unsur hip-hop walaupun masih kental dengan gaya Madonna. Mungkin kolaborasi bareng Timbaland, Justin Timberlake, Pharrell Williams, dan Nate "Danja" Hills membawa angin segar pada album Madonna yang dijamin bakalan laku keras.


Whitesnake: 'GOOD TO BE BAD', Kembalinya Rocker Veteran

Senin, 28 April 2008 17:40

Whitesnake kembali menggebrak kancah musik rock setelah lebih dari 10 tahun vakum tanpa album. Masih mengusung tema musik yang sama, album ke 11 ini di dominasi musik bercorak mid tempo ala Whitesnake. Ternyata di usia yang tak lagi muda, David Coverdale sang motor masih mampu menyuguhkan musik yang nendang abis!


Paul Gilbert: 'SILENCE FOLLOWED BY A DEAFENING ROAR', Garang Tapi Tetap Melodis

Rabu, 09 April 2008 23:59

Paul Gilbert memang bukan orang bartu di dunia musik rock. Gitaris yang sempat manggung bareng Joe Satriani di proyek G3 ini barusan melepas album awal April 2008. Album yang berjudul panjang SILENCE FOLLOWED BY A DEAFENING ROAR ini berisi 11 lagu instrumental bertempo cepat khas Paul Gilbert.


Counting Crows: 'SATURDAY NIGHTS & SUNDAY MORNINGS', Dua Sisi Counting Crows

Rabu, 09 April 2008 00:10

Album kelima Counting Crows ini disengaja untuk menampilkan dua tema yang berbeda. Di side A kita disuguhi warna keras musik rock sementara side B membawa kita ke nuansa folk. Album yang di produseri 2 orang ini dalam waktu singkat sudah bertengger di peringkat 3 U.S. Billboard 200.


REM: 'ACCELERATE' Ngerock Abis

Sabtu, 05 April 2008 13:51

Sejak terakhir meluncurkan album di tahun 2004, REM yang kini kembali ke kancah musik, menjanjikan album baru mereka akan benar-benar 'nge-rock.' Album bertajuk ACCELERATE ini memang dimaksudkan untuk melanjutkan album terdahulunya. Mengusung 11 lagu, ACCELERATE lebih berkekuatan dari album sebelumnya.


Snoop Dogg 'EGO TRIPPIN' Nge-rap Dan Menyanyi

Sabtu, 15 Maret 2008 13:59

Gagasan awal di balik pembuatan album kesembilan Snoop Dogg ini adalah mewakili usaha solonya tanpa 'bintang tamu' sama sekali. Namun sejalan dengan waktu, rapper ini berubah pikiran dan memutuskan untuk membuat album barunya, EGO TRIPPIN' dengan membiarkan orang lain menulis lagu untuk album ini. Lagu-lagu yang membuat Snoop bisa nge-rap dan bernyanyi.