Tulus Ungkap Keinginan Rilis Cetakan Fisik di Jepang, Kenapa Ya?

Rabu, 26 Desember 2018 12:57  | 

Tulus



Tulus © KapanLagi.com/Bambang E Ros




Kapanlagi.com - Industri musik tanah air kembali diperkaya oleh Tulus. Penyanyi yang diketahui peduli betul akan kelestarian binatang Gajah ini baru saja merilis sebuah lagu berbahasa Jepang berjudul Natsu Wa Kinu. Sebuah lagu Jepang lawas yang ia recycle dan ia nyanyikan ulang dengan bahasa aslinya.

Sejak dirilis seminggu yang lalu lagu ini berhasil menarik perhatian para penikmat musik. Pertama, lagu ini dinyanyikan dalam Bahasa Jepang yang tak umum digunakan oleh para musisi. Kedua, lagu ini berhasil masuk ke dalam tangga lagu bergengsi di Jepang via Spotify. Ketiga, lagu ini pertama kali diperdengarkan di Jepang.

Natsu Wa Kinu yang pertama kali diperdengarkan di Jepang ini kembali menimbulkan pertanyaan. Pasalnya Tulus adalah musisi asli Indonesia. 'Kenapa Jepang duluan?' Tenang, Tulus punya jawaban untuk menjawab rasa penasaran KLovers!

"Sebetulnya bukan mendahulukan (lagu ini untuk didengarkan di Jepang), tapi dengan adanya teknologi internet kan sekarang musik saya sudah bisa didengarkan di negara tetangga Indonesia. Nah, tadinya tuh sebetulnya (ke negara tetangga) yang dekat dulu baru ke Jepang kalau bisa seterusnya. Karena ada internet dipermudah nih, udah mulai ada yang mendengarkan (di Jepang). Saya dan manajemen penasaran. Saya yakin sekali dengan adanya ikatan budaya yang kuat (antara) Jepang dan Indonesia, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sangat apresiatif terhadap seni. Itu bisa dan itu sedikit banyak sudah bisa. Saya buktikan sendiri, saya tampil di festival musik di situ, saat saya bernyanyi dalam Bahasa Jepang di apresiasi, saat dalam Bahasa Indonesia pun diapresiasi," jelas Tulus yang ditemui di acara jumpa pers Konser Monokrom Tulus di Kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Jumat (21/12).

(kpl/apt/ren)