Tulus Ungkap Keinginan Rilis Cetakan Fisik di Jepang, Kenapa Ya?

Rabu, 26 Desember 2018 12:57  | 

Tulus



Tulus © KapanLagi.com/Bambang E Ros




Kapanlagi.com - Industri musik tanah air kembali diperkaya oleh Tulus. Penyanyi yang diketahui peduli betul akan kelestarian binatang Gajah ini baru saja merilis sebuah lagu berbahasa Jepang berjudul Natsu Wa Kinu. Sebuah lagu Jepang lawas yang ia recycle dan ia nyanyikan ulang dengan bahasa aslinya.

Sejak dirilis seminggu yang lalu lagu ini berhasil menarik perhatian para penikmat musik. Pertama, lagu ini dinyanyikan dalam Bahasa Jepang yang tak umum digunakan oleh para musisi. Kedua, lagu ini berhasil masuk ke dalam tangga lagu bergengsi di Jepang via Spotify. Ketiga, lagu ini pertama kali diperdengarkan di Jepang.

Natsu Wa Kinu yang pertama kali diperdengarkan di Jepang ini kembali menimbulkan pertanyaan. Pasalnya Tulus adalah musisi asli Indonesia. 'Kenapa Jepang duluan?' Tenang, Tulus punya jawaban untuk menjawab rasa penasaran KLovers!

"Sebetulnya bukan mendahulukan (lagu ini untuk didengarkan di Jepang), tapi dengan adanya teknologi internet kan sekarang musik saya sudah bisa didengarkan di negara tetangga Indonesia. Nah, tadinya tuh sebetulnya (ke negara tetangga) yang dekat dulu baru ke Jepang kalau bisa seterusnya. Karena ada internet dipermudah nih, udah mulai ada yang mendengarkan (di Jepang). Saya dan manajemen penasaran. Saya yakin sekali dengan adanya ikatan budaya yang kuat (antara) Jepang dan Indonesia, Jepang juga dikenal sebagai negara yang sangat apresiatif terhadap seni. Itu bisa dan itu sedikit banyak sudah bisa. Saya buktikan sendiri, saya tampil di festival musik di situ, saat saya bernyanyi dalam Bahasa Jepang di apresiasi, saat dalam Bahasa Indonesia pun diapresiasi," jelas Tulus yang ditemui di acara jumpa pers Konser Monokrom Tulus di Kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Jumat (21/12).

1. Pingin Rilis Album dalam Bahasa Jepang Nggak?

Ya, bicara soal apresiasi Jepang memiliki apresiasi yang baik pada musik. Beraneka ragam musik dan segala perbedaannya punya wadah dan pasarnya di sana. Tak heran jika Tulus tertarik untuk ikut 'mencicipi' industri musik Jepang ini.

Bahkan rupanya ia memiliki keinginan untuk 'nyemplung' ke dalamnya. Tak sekedar 'mencicipi', Tulus mengungkap keinginan untuk merilis rilisan fisik di sana. Berikut penuturannya!

"Saya sebetulnya sampi hari ini saya dan manajemen masih berusaha bisa merilis lagu karya kita di Jepang lewat cetakan fisik karena Jepang itu sangat unik. Jepang adalah salah satu negara yang penjualan cetakan fisik, kopian CD, itu masih oke sekali. Itu tujuan saya sih. Semoga terwujud, tapi secara digital sudah dirilis secara resmi. Kalau itu nanti bisa terwujud dua lagu itu bisa masuk dan lagu-lagu yang Bahasa Indonesia juga bisa didengarkan di sana," ungkapnya.

2. Respon terhadap Lagu Natsu Wa Kinu

Sebuah ungkapan lawas kalau tak ada usaha yang mengkhianati hasil terbukti benar adanya. Lagu Natsu Wa Kinu yang dirilis oleh Tulus satu minggu lalu dengan misi positifnya ini mendapatkan sambutan yang baik dan membuatnya merasa bangga. Lagu ini masuk ke dalam sebuah hot playlist di Jepang!

"Alhamdulillah, (lagu) itu masuk dalam daftar semacam hot playlist di Jepang. Saya bangga sekali!" pungkas Tulus dengan mantap.

Kita doakan saja semoga keinginan ini Tulus untuk memperlebar jangkauan musik dan merilis karyanya di Jepang. Ditunggu kabar baiknya, Tulus!

Jangan Lewatkan!

Tulus Speak Up Soal Alasannya Rilis Lagu Berbahasa Jepang, Natsu Wa Kinu

Lewat Luruh, Isyana Sarasvati Gandeng Kakak Kandung Isi Sound Track 'MILLY & MAMET'

Jamrud Tunggu Waktu yang Pas untuk Rilis Album Baru

Usai 'SI DOEL 2', Wizzy Ungkap Keinginan Rilis Album Perdana Hingga Gelar Konser

Mau Tahu Siapa Saja Sih 5 Penyanyi Baru yang Naik Daun di Tahun 2018?

(kpl/apt/ren)