Tulus Speak Up Soal Alasannya Rilis Lagu Berbahasa Jepang, Natsu Wa Kinu

Rabu, 26 Desember 2018 11:40  | 

Tulus



Tulus © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Keseriusan Tulus sebagai seorang penyanyi terus ia buktikan. Usai merilis deretan album berisi lagu apik dalam Bahasa Indonesia, kini ia kembali melepas sebuah lagu yang ia nyanyikan dalam bahasa asing, yakni Bahasa Jepang. Lagu ini berjudul Natsu Wa Kinu.

Sedikit informasi untuk KLovers, Natsu Wa Kinu adalah lagu dalam Bahasa Jepang kedua yang dirilis oleh Tulus. Sebelumnya di tahun 2016 Tulus pernah merilis lagu Kutsu yang merupakan lagu Sepatu versi Bahasa Jepang. Lagu Natsu Wa Kinu sendiri merupakan sebuah tembang lawas dari negeri matahari terbit itu. Dengan kata lain Tulus menyanyikan ulang lagu ini atau bahasa gaulnya me-recycle lagu ini dengan 'sentuhan' ala Tulus.

"Satu minggu yang lalu saya merilis lagu berbahasa Jepang saya berjudul Natsu Wa Kinu. Itu lagu yang saya nyanyikan lagi. Itu seperti lagu legendaris di Jepang, lagu yang mudah-mudahan saya tidak salah membandingkan kalau di Indonesia tuh lagu yang sudah lama sekali. Itu saya nyanyikan ulang dengan arasemen modern dan sudah di publikasikan," tutur Tulus saat dijumpai di acara jumpa pers Konser Monokrom Tulus di Kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Jumat (21/12).

1. Kenapa Lagu Bahasa Jepang?

Sebagai musisi asal Indonesia tentunya keputusan Tulus untuk merilis lagu berbahasa asing menimbulkan pertanyaan. Ditambah lagi bahasa yang ia pilih adalah Bahasa Jepang. Bahasa yang tak umum digunakan oleh para musisi dalam bekarya, yang tak seumum digunakannya Bahasa Inggris dalam karya musisi dalam negeri pada umumnya.

Tulus punya alasan yang kuat soal keputusannya ini. Ia pun menjabarkan alasannya memilih Bahasa Jepang untuk karya terbarunya yang tak lain adalah salah satu ajang promosi ke negeri matahari terbit tersebut. Bukan hanya promosi musiknya, tapi juga mempromosikan negeri ini.

"Kalau lagu yang pertama (lagu Sepatu dibuat dalam) Bahasa Indonesia yang di ubah ke (Bahasa) Jepang. Kalau sekarang betul-betul lagu Jepang yang saya nyanyikan ulang. Itu langkah untuk memperpanjang ekspansi pasar saya ke Jepang sih, karena saya ingin berangkat ke Jepang, memperjuangkan musik Jepang dalam rangka mempromosikan Indonesia. Saya ingin orang yang mendengarkan musik di Jepang bisa mendengarkan musik Indonedia. Jadi 2 lagu itu seperti ketok pintu masuk di sana, tapi ketika saya nyanyi (lagu) Bahasa Indonesia diterjemahkam oleh penerjemah profesional. Setiap saya manggung di Jepang itu tetap mayoritas lagu bahasa Indonesia (yang saya bawakan) dan yang menariknya teman-teman di Jepang juga tertarik dengan lagu-lagu yang saya bawakan dengan Bahasa Indonesia.

2. Respon terhadap Lagu Natsu Wa Kinu

Sebuah ungkapan lawas kalau tak ada usaha yang mengkhianati hasil terbukti benar adanya. Lagu Natsu Wa Kinu yang dirilis oleh Tulus satu minggu lalu dengan misi positifnya ini mendapatkan sambutan yang baik dan membuatnya mearsa bangga. Lagu ini masuk ke dalam sebuah hot playlist di Jepang!

"Alhamdulillah, (lagu) itu masuk dalam daftar semacam hot playlist di Jepang. Saya bangga sekali!" ucap Tulus dengan mantap.

Lebih lengkapnya lagi, dilansir dari situstulus.com tanggal 7 Desember 2018, Natsu Wa Kinu yang dinyanyikan ulang oleh Tulus berhasil menembus daftar lagu New Music Wednesday via Spotify Jepang. Selamat Tulus! Ditunggu kabar baik lainnya dan jangan menyerah untuk terus memperjuangkan 'misi'nya!

Yakin Sudah Baca yang Ini?

Lewat Luruh, Isyana Sarasvati Gandeng Kakak Kandung Isi Sound Track 'MILLY & MAMET'

Jamrud Tunggu Waktu yang Pas untuk Rilis Album Baru

Usai 'SI DOEL 2', Wizzy Ungkap Keinginan Rilis Album Perdana Hingga Gelar Konser

Mau Tahu Siapa Saja Sih 5 Penyanyi Baru yang Naik Daun di Tahun 2018?

Kotak Siapkan Album Ultah 15 Tahun, Materi Sudah 40 Persen

(kpl/apt/ren)