Nyanyi 'Indonesia Raya' di Asian Games 2018, Momen Indah Dalam Karir Tulus

Senin, 20 Agustus 2018 06:15  | 

Tulus



Tulus © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Pembukaan Asian Games 2018 yang digelar di Gelora Bung Karno pada hari Sabtu (18/08/2018). Acara tersebut berlangsung spektakuler, mulai dari kembang api sampai tarian yang melibatkan ribuan penari. Tapi jangan lupakan momen haru kala pengibaran sang saka merah putih dengan iringan lagu Indonesia Raya.

Tulus diberi kesempatan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi oleh Purwacaraka Choir. Suara indah Tulus membuat banyak orang ikut bernyanyi sekaligus terharu. Lalu bagaimana dengan perasaan Tulus sendiri?

"Oh iya dengan bangga saya meneteskan air mata karena kemarin saya merasa sangat-sangat terharu sekali bernyanyi di depan sekian puluh ribu orang Indonesia dengan berbagai latar belakang, daerah asal, tetapi kita menyanyikan satu lirik yang sama dan itu buat saya sangat indah sekali. Saya berusaha untuk tidak meneteskan air mata tapi nggak bisa," kata pelantun lagu Pamit itu ketika ditemui pad ahari Munggu (19/8).

(kpl/pur/pit)

1. Tak Pernah Segugup Ini

Bukan cuma merasa terharu, Tulus ternyata juga sempat ada ketakutan akan membuat kesalahan. Dia mengaku juga merasa sangat deg-degan karena bernyanyi tanpa iringan musik.

"Iya karena lagu Indonesia Raya itu adalah satu lambang negara. Ssaya nyanyi di bawah undang-undang yang sangat ketat. Pasti lah ketika didaulat menyanyikan lagu itu nggak bisa becanda. Tidak hanya lirik, tapi penjiwaannya, semuanya," cerita Tulus.

Seperti dijelaskan Tulus sebelumnya, bernyanyi tanpa iringan musik ini adalah tantangan baginya. Dan Tulus berhasil memukau banyak orang meski sempat mengalami nervous luar biasa.

"Biasanya saya kalau mau nyanyi dengan diam sebentar, istirahat sebentar udah cukup tenang tapi kemarin beda sekali. Dari siap-siap, perjalanan ke atas panggung yang tinggi sekali itu, saya nggak bisa menghilangkan kegugupan saya. Mungkin karena saking bersejarahnya lagunya. Energi dari semua penonton yang bernyanyi menghormati bendera itu yang membuat jalan lancar," tuturnya.

2. Merasa Terbebani

Lagu Indonesia Raya merupakan lagu nasional yang secara tidak langsung dihapal oleh seluruh lapisan masyarakat. Tulus pun merasakan betapa spesial lagu ciptaan WR Supratman ini.

"Lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan lagu tersakral yang negara ini punya. Ketika dapat kesempatan bisa menyanyikan lagu itu tanggung jawabnya besar ya," kata Tulus sambil sedikit curhat.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya di ajang pembukaan Asian Games 2018 ini ternyata adalah momen spesial bagi Tulus. Beban dan bangga yang dia rasakan membuat pengalaman ini menjadi salah saru momen berharga selama 6 tahun dirinya bermusik.

"Saya bukan takut tapi lebih ke beban. Nolak sih nggak, ditawarin aja bersyukur. Saya nggak pernah kebayang bisa nyanyiin lagu Indonesia Raya, menjadi pembuka salah satu pesta olah raga terbesar kedua di dunia dan dalam sejarah adalah pesta olahraga dengan jumlah atlet terbanyak saya bangga banget," pungkas Tulus.

3. Dibuat Syahdu

Lagu Indonesia Raya pun disuguhkan dengan begitu syahdu. Saat menyanyikan, Tulus diiringi oleh Purwacaraka Orchestra and Choir. Suara halus dari Tulus ini pun berhasil membuat merinding seisi stadion bahkan seluruh masyarakat Indonesia.

Setelah selesaikan menyanyikan lagu kebangsaan tersebut, penonton dihimbau untuk mengheningkan cipta sejenak. Hal tersebut untuk mengenang dan mendoakan korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

(kpl/pur/pit)