Gebrakan Asyik, Album 'SATU' Libatkan Musisi Papan Atas Indonesia

Risang Sudrajad  |  Kamis, 12 Mei 2016 12:50
Gebrakan Asyik, Album 'SATU' Libatkan Musisi Papan Atas Indonesia
Artis Musica Studios © KapanLagi.com®/Bambang E. Ros

Kapanlagi.com - Bisa membayangkan ketika seluruh musisi idolamu bergabung dalam satu album? Baru-baru ini Musica Studios mewujudkan mimpi publik musik Indonesia. Sebuah album berjudul SATU mereka rilis dengan melibatkan Iwan Fals, NOAH, D Masiv, Geisha dan Nidji.

Tentu bukan perkara mudah menyatukan visi dari berbagai kepala dari dua generasi. Secara umum, Iwan Fals adalah fokus utama di album SATU. Selain ada beberapa lagu baru, single lainnya merupakan aransemen ulang hits Iwan Fals yang dikolaborasikan dengan NOAH dan kawan-kawan. Berbagai kendala pun muncul saat proses produksi.

"Jadi ada sedikit kontradiksi karena pertama kali diinfokan konsepnya adalah cinta. Tapi memang begitu kita dengar ada kolaborasi sama Bang Iwan, yang ketangkep bukan itu.  Susah banget buat ke sana. Kan kuat banget imej-nya (Iwan Fals)," kata Ariel saat jumpa pers album SATU di Pisa Cafe, Menteng, Jakarta, Rabu (11/5).

"Ada perbedaan cara kerja, karena kita beda generasi. Kalau Bang Iwan itu masih musisi murni, kalau kita udah ada industrinya. Itu yang sangat kerasa," tambah Ariel.

Ariel sempat merasakan sedikit kendala dalam penggarapan album Satu © KapanLagi.com®/Bambang E. RosAriel sempat merasakan sedikit kendala dalam penggarapan album Satu © KapanLagi.com®/Bambang E. Ros

Hari itu sekaligus jadi pemutaran perdana video klip Kemesaraan versi baru. Dalam klip tersebut seluruh personel band dilibatkan. Secara musikalitas, ada perbedaan mencolok dibanding versi asli, jauh lebih modern.

"Pertama ada rasa senang, bangga. Pas denger lagu Kemesraan. Rasanya flashback pas SMP. Akhirnya dapat kesempatan bikin di versi barunya," komentar Ariel sesaat setelah melihat video tersebut.

D Masiv antusias bias menjadi bagian di album Satu © KapanLagi.com®/Bambang E. RosD Masiv antusias bias menjadi bagian di album Satu © KapanLagi.com®/Bambang E. Ros

Beda lagi dengan Ryan D Masiv. Begitu mendapat kesempatan bicara, ia mengungkapkan rasa antusiasnya saat mendapat kabar proyek album SATU.

"Langsung teriak-teriak pas dapat telpon dari Ibu Acin kalau kita mau kolaborasi sama Bang Iwan. Siapa sih yang nggak pengen kolaborasi dengan Bang Iwan? Dia adalah pahlawan bagi D Masiv," ingat Ryan.

Pemilihan nama album sendiri bukan tanpa alasan. Ada salah satu alasan kuat mengapa mereka sepakat menggunakan nama tersebut.

"Karena menurut kita, dari semuanya, Mas Iwan, NOAH, D Masiv, Geisha, Nidji itu menjadi satu. Kia semua menjadi satu kesatuan yang utuh," ujar Ibu Acin owner Musica Studios tentang nama album yang bakal rilis serempak di tujuh puluh outlet Texas Chicken tersebut.

Baca Juga:

Acara Musik Khusus Anak-Anak Makin Jarang, Ini Kata Bens Leo

4 Hari Ngumpet di Hotel, Iwan Fals Kejutkan Kota Malang

Salut Profesionalisme Ariel NOAH, Tegar Tampil Saat Ayah Wafat

Ngobrol Tentang Fenomena Boyband, Apa Tanggapan David NOAH?

Usai Tampil di Konser Bangkit Untuk Satu, Ariel NOAH 'Menghilang'

(kpl/pur/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -