Acara Musik Khusus Anak-Anak Makin Jarang, Ini Kata Bens Leo

Fitrah Ardiyanti  |  Selasa, 05 April 2016 10:22
Acara Musik Khusus Anak-Anak Makin Jarang, Ini Kata Bens Leo
Bens Leo/©KapanLagi.com®/Budy Santoso
Kapanlagi.com - Di era '90an, bisa dibilang adalah masa kejayaan lagu anak-anak. Beberapa penyanyi cilik kala itu seperti Agnes Monica, Enno Lerian, Mega Utami, Melissa, Bondan Prakoso, Joshua Suherman, dan Maissy hampir setiap hari muncul di layar kaca.

Namun di era kekinian ini, hampir jarang kita temukan penyanyi cilik yang muncul membawakan acara musik anak seperti Maissy dengan Cilukba-nya. Kebanyakan dari mereka lebih sering menyanyikan lagu orang dewasa yang bertemakan cinta.

Fenomena ini bisa kita lihat dalam ajang pencarian bakat menyanyi anak, salah satunya adalah Idola Cilik. Beberapa di antara para finalis membawakan lagu-lagu orang dewasa, meskipun beberapa bagian liriknya diganti.

Pengamat musik Bens Leo sangat menyayangkan hal tersebut. Beliau mengungkapkan jika program musik anak-anak sangatlah berbeda dengan jaman dahulu, seperti saat TVRI menyiarkan program Ayo Bernyanyi. Menurutnya, program tersebut benar-benar menayangkan playlist yang anak-anak banget.

Bens Leo kritisi kurangnya acara musik khusus anak/©KapanLagi.com®/Budy SantosoBens Leo kritisi kurangnya acara musik khusus anak/©KapanLagi.com®/Budy Santoso

"Semasa TV belum banyak, acara musik edukasi itu begitu banyak. TVRI itu punya acara yang cukup menarik untuk acara anak-anak, misalnya Ayo Menyanyi," kata Bens Leo, kepada KapanLagi.com® di bilangan Palmerah, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dengan semakin banyaknya stasiun TV swasta, acara musik anak seharusnya bisa makin berkembang. Namun, tren yang tercipta justru malah kurang sesuai dengan anak-anak.

"Sementara stasiun TV swasta tidak memberi ruang dengan menikmati lagu-lagu sesuai usianya. Pernah RCTI menggarap Idola Cilik, tapi Idola Cilik itu membawakan lagu dewasa. Ya itulah sesuatu yang kurang pas. Padahal kalo kita pikir kalo bikin lagu sesuai umurnya, televisi sebesar RCTI bisa regenerasi," ungkapnya.

Bens Leo mengaku pernah 'menegur' Idola Cilik. Beliau ingin tahu mengapa acara pencarian bakat itu tak sesuai dengan temanya.

"Saya pernah nanya, kenapa Idola Cilik bawakan lagu-lagu orang dewasa, ya karena ratingnya bagus, datangkan iklan. Dulu ada anak-anak bawain lagu Peterpan, waktu itu belum Noah, dan Matta Band. Anak-anak itu belum tepat bawain lagu cinta. Bahkan, dengan tema selingkuh lagunya Matta Band dinyanyikan anak-anak," tandasnya.

Jangan Lewatkan

Tentang Boyband, Bens Leo: Musik Hanya Trend Akan Cepat Hilang

Acara Musik Pagi 'Belok', Ini Pendapat Bens Leo

Buku - Album 'Cerita & Lagu Anak Nusantara' Jawab Kegalauan Ortu

Pindah Warga Negara Asing, Anggun Sempat Berurai Air Mata

Usia Tak Halangi Mereka Untuk Ciptakan Karya

(kpl/far/tch)


Lihat Arsip Musik

- - -