5 Lagu Tentang Pernikahan Sesama Jenis

Sabtu, 04 Juli 2015 12:22  | 

Tegan and Sara



LGBT Songs ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Setelah menjalani masa perjuangan yang cukup lama, akhirnya pernikahan sesama jenis resmi disahkan di Amerika. Hanya saja, perjuangan untuk menuntut pernikahan sejenis in pun sudah berjalan sejak lama.

Seperti para musisi yang ikut menyuarakan tentang kesetaraan para pasangan berjenis kelamin sama ini. Bukan cuma soal tentang kebebasan, 5 lagu ini juga sudah menjadi lagu anthem bagi para pasangan tersebut versi Take Part pada tahun 2013 silam.

Nah, ada siapa saja sih musisi yang ikut menyuarakan tentang hak LGBT? Kita simak di sini satu-satu yuk.

Sudah Baca Yang Ini?

7 Lagu Cover 'Bohemian Rhapsody' Yang Gokil, Kanye West Lewat!

10 Lagu Hits Agnes Monica Sejak Belia Hingga Berotot Kekar

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Pacari Seorang Gitaris

7 Band Jadul Yang Masih Berkarya Sampai Sekarang

7 lagu Cadas Yang Cocok Didengar Saat Emosi Memuncak

(kpl/ntn)

1. Macklemore & Ryan Lewis - Same Love

Bukan cuma materi lagunya, Macklemore dan Ryan Lewis pun sampai mengajak penyanyi perempuan Mary Lambert yang terkenal sebagai seorang lesbian. Yap, lirik lagu ini menceritakan kisah tentang jati diri, Pamannya yang juga menjadi pencinta pria, tentang agama, hingga homophobhia.

Selain itu, duo hip hop ini juga membicarakan soal lagu Same Love mereka yang sempat meledak di tahun 2013. Seperti yang dilansir Grammy, Macklemore dan Ryan Lewis berharap agar orang-orang bisa berpikir dengan cara lain tentang hubungan para pasangan sesama jenis.

2. Sara Bareilles - Brave

Perjuangan para pendukung cinta sesama jenis ini pun tidak cuma disuarakan oleh para penyanyi pria saja. Dari sisi seorang wanita, Sara Bareilles jadi salah satu sosok yang ikut membela hak-hak setiap orang dalam mencintai atau pun dicintai.

Yap, hal itu ia ungkapkan lewat lagu Brave yang diambil dari album THE BLESSED UNREST di tahun 2013. Menurut penuturannya pada Advocate, Sara terinspirasi dari salah satu teman dekatnya yang sulit berbicara tentang perasaan cintanya.

Lagu Brave sendiri jadi lagu anthem para pasangan sesama jenis berikutnya di mana Sara berharap agar lagu ini mampu membuat para pendengarnya menjadi sosok yang lebih berani.

3. Tegan and Sara - Closer

Nama Tegan and Sara saat ini memang sudah tidak asing lagi di antara para penikmat musik mancanegara. Yap, duo yang ditangani langsung oleh vokalis baru Blink 182, Matt Skiba, ini juga menjadi artis berikut yang mendukung pergerakan dan perjuangan LGBT lewat lagu yang berjudul Closer.

Diambil dari album mereka yang berjudul HEARTTHROB, lagu ini seolah mengisahkan romantisme para gay dan hubungan sesama jenis lainnya. Dalam klip ini, mereka juga menyelipkan sedikit bagian yang memperlihatkan sepasang wanita saling bermesraan dan potret kebahagiaan para pasangan ini.

4. Kacey Musgraves - Follow Your Arrow

Musik country sama sekali tidak pernah berbicara tentang pergerakan atau musik yang menyuarakan suara LGBT. Tapi hal itu justru sama sekali tidak menghalangi Kacey Musgraves bersama lagunya yang berjudul Follow Your Arrow.

Ada penggalan lirik yang menarik di mana Kacey mengatakan kalau semua orang bebas mencintai siapa pun yang mereka cintai dan hidup seperti apa yang mereka inginkan. Well, musik country pun jadi terasa begitu berbeda di tangan penyanyi wanita yang satu ini.

5. Britney Spears - Work Bi**h

Tidak ada yang meragukan kualitas penyanyi yang sempat menjadi primadona musik pop di tahun 90an ini. Ketika ia kembali ke dunia musik setelah masa rehabnya, ia juga membawa sebuah pesan untuk para fans LGBT-nya.

Yap, lewat lagu yang berjudul Work Bi**h, Britney beranggapan kalau dua kata yang menjadi judul itu adalah pernyataan kasih untuk para fans gay. Walau begitu, rasanya pesan Britney dalam lagu ini tidak sekuat 4 lagu sebelumnya di mana mereka menyuarakan tentang hak orang-orang untuk bebas mencintai dan dicintai.

(kpl/ntn)