Sisi Filosofis Jazz Gunung Ijen 2024 yang Digelar di Hari Sakral Kemerdekaan RI, Pesan Ini Terungkap

Diperbarui: Diterbitkan:

Sisi Filosofis Jazz Gunung Ijen 2024 yang Digelar di Hari Sakral Kemerdekaan RI, Pesan Ini Terungkap
Sisi filosofis Jazz Gunung Ijen 2024 (credit: Kapanlagi.com/Nurul Wahida)

Kapanlagi.com - Jazz Gunung Ijen 2024 akan digelar pada Sabtu, (17/8/2024). Bertepatan dengan momentum kemerdekaan RI, ada sisi filosofis yang menjadi latar belakang diselenggarakan event ketiga dalam Jazz Gunung Series 2024.

Konferensi pers yang digelar pada Jumat, (16/8/2024) di Hotel Santika, Banyuwangi dihadiri beberapa narasumber. Di antaranya yakni Head Regional Funding & Retail Transaction Banking BRI, Wahyuningtyas Kurniati, VP Sales & Business Operation Jiwa Jawa, Chandra Hadi Siswoyo, Corporate Marcomm Manager Santika Indonesia Hotels & Resorts, Prita Gero.

Bagas Indyatmono, Direktur Utama PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) mengungkapkan beberapa alasan dilaksanakannya event Jazz Gunung Ijen 2024 setelah sempat tertunda karena pandemi. Penasaran seperti apa selengkapnya? Cek di sini KLovers.

1. Alasan Diadakan Bertepatan dengan 17 Agustus

Berbeda dari sebelumnya, Jazz Gunung Ijen 2024 ini diadakan pada tanggal 17 Agustus 2024. Bagas Indyatmono mengungkapkan alasan khusus terkait dengan momentum kemerdekaan RI dan event Jazz Gunung Ijen.

"Kenapa kami buat di tanggal 17 Agustus karena ada benang merah dari semangat musik jazz yang penuh perjuangan. Ini kali kesepuluh Jazz Gunung Ijen digelar. Sempat terhenti karena pandemi dan masih kehilangan sosok Djaduk Ferianto, seniman asal Yogyakarta yang 'menjahit' budaya lokal dengan musik jazz.” Kata Bagas Indyatmono, Direktur Utama PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) dalam konferensi pers.

Sementara itu, tagline yang diangkat dalam event Jazz Gunung Ijen 2024 kali ini adalah 'Merdekanya Jazz, Merdekanya Indonesia.' Rupanya, tajuk tersebut juga memiliki pesan khusus berkaitan dengan semangat nasionalisme.

"Satu semangat, terus terang diselenggarakan ini butuh perjuangan juga. Kami berharap dengan adanya Jazz Gunung Indonesia, di Ijen ini satu semangat bisa memperkenalkan musik Jazz itu seperti apa." Ungkapnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Ingin Perkenalkan Kembali Musik Jazz Murni

Jazz Gunung Ijen 2024 diketahui ada satu hal yang begitu spesial dibandingkan dengan Jazz Gunung Series event satu dan dua. Sebagai informasi, sebelumnya diketahui penyelenggaraan Jazz Gunung Series 2024 terbagi dalam beberapa event.

Di antaranya yakni Jazz Gunung Slamet, Jazz Gunung Bromo, Jazz Gunung Ijen, Jazz Gunung Burangrang. Sedangkan, event ketiga dalam series Jazz Gunung 2024 ini memiliki alasan khusus yakni untuk memperkenalkan kembali musik jazz murni atau asli.

"Jadi kami putuskan untuk kembali ke akar menyajikan musik jazz-nya," kata Bagas Indyatmono, Direktur Utama PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) dalam konferensi pers.

3. Penampil Jazz Gunung Ijen

Jazz Gunung Ijen 2024 ini memiliki beberapa penampil yang akan memeriahkan penyelenggaraan event Jazz Gunung Series. Di antara para penampil tersebut meliputi, Indra Lesmana Trio, Sri Hanuraga, Elfa Zulham, Kevin Yosua, Aditya Ong Quartet, dan Yuri Mahatma’s Straight & Stretch feat Dian Pratiwi.

Sementara itu, Indra Lesmana yang dikenal sebagai seorang maestro musik Jazz Indonesia turut mengungkapkan alasannya tampil di Jazz Gunung Ijen 2024. Terlebih, momen ini bukan kali pertama bagi Indra Lesmana setelah tahun 2018 lalu pernah tampil di Jazz Gunung Bromo.

"Ternyata udah 6-7 tahun lalu. Senang di Banyuwangi sudah tidak sabar untuk tampil besok. Saya pikir ini satu hal yang harus didukung. Sebuah festival seperti ini perlu ada audience kepada para penikmat musik khususnya Jazz di Banyuwangi. Bukan hanya meningkatkan musisi saja tapi audience juga teredukasi." Kata Indra Lesmana dalam konferensi pers pada, Jumat, (16/8/2024).

4. Terungkap Alasan Indra Lesmana Sebagai Maestro Jazz Tampil Di Event Jazz Gunung Ijen,

Pada kesempatan yang sama, Indra Lesmana mengungkapkan alasannya memilih tampil di Jazz Gunung Ijen yang berada di Banyuwangi. Baginya, wilayah Bayuwangi menjadi daerah strategis untuk mengenalkan musik Jazz lewat festival kepada khalayak luas.

"Khususnya Jawa Timur punya potensi luar biasa untuk mengembangkan satu kegiatan seni. Untuk musik Jazz, fashion week di Jember. Saya melihatnya sebagai suatu hal positif untuk melihat perkemvangan seni modern Jawa Timur." Kata Indra Lesmana.

Indra Lesmana yang dikenal sebagai musisi musik Jazz ini mengaku akan menampilkan musik Jazz Swing. Musik Jazz ini pernah ditampilkan pada Album era ke-7.

"Khusus untuk besok, saya justru ingin menampilkan lebih Jazz swing. Pernah saya tampilkan di era buat big band album era ke-7. Musik swing cukup komunikatif untuk orang-orang yang baru menikmati musik jazz." Terangnya

5. Punya Persamaan Value dengan Promotor

Acara Jazz Gunung Ijen 2024 juga didukung oleh BRImo yang mengirimkan perwakilannya saat hadir dalam konferensi pers baru-baru ini. Salah satu alasannya terlibat sebagai pendukung event ini adalah memiliki kesamaan nilai dan tujuan.

"BRImo melihat ternyata kami dengan JGI punya kesamaan value, yaitu mendukung karya anak bangsa. Selain itu kami sebagai penyedia layanan keuangan merasa takjub ketika melihat sejak Jazz Gunung Bromo (acara sebelumnya) menghidupkan UMKM di sekitar Bromo." Kata Wahyuningtyas Kurniati selaku, Head Regional Funding & Retail Transaction Banking BRI.

Begitu juga dengan VP Sales & Business Operation Jiwa Jawa, Chandra Hadi Siswoyo mengungkapkan merasa bangga menjadi tuan rumah. Sebagai informasi, lokasi Jazz Gunung Ijen 2024 ini akan dilaksanakan di Taman Gandrung, Terakota, Banyuwangi.

"Kebanggaan buat kami menjadi tuan rumah. Jazz gunung Ijen. Mensyukuri ciptaan Tuhan." Kata Chandra Hadi Siswoyo.

Event Jazz Gunung Ijen 2024 ini menjadi yang ke-10 kali diadakan di Banyuwangi. Dulunya, Jazz Gunung Ijen dikenal juga dengan nama Ijen Summer Jazz. Itulah filosofi event Jazz Gunung Ijen 2024 dilaksanakan bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-79.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending