Pecah! Jazz Gunung Ijen 2024 Bikin Penonton Antusias Nikmati Alunan Musik Jazz Original Sambil Rayakan 17-an

Diperbarui: Diterbitkan:

Pecah! Jazz Gunung Ijen 2024 Bikin Penonton Antusias Nikmati Alunan Musik Jazz Original Sambil Rayakan 17-an
Momen Jazz Gunung Ijen 2024 di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi (credit: Dokumentasi Pribadi Jazz Gunung Indonesia)

Kapanlagi.com - Jazz Gunung Ijen 2024 sukses digelar pada Sabtu, (17/8/2024) di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi. Sederet musisi jazz ternama turut meramaikan kemeriahan dalam acara jazz gunung series event ketiga.

Mengobati kerinduan penggemar Jamaah Al-Jazziyah, PT Jazz Gunung Indonesia (JGI) kembali menggelar event Jazz Gunung Ijen untuk kali kesepuluh. Spesialnya, Jazz Gunung Ijen 2024 digelar bertepatan dengan momentum perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-79.

'Merdekanya Jazz, Merdekanya Indonesia' diangkat dalam tajuk jazz gunung ijen 2024. Open gate penonton dibuka sejak pukul 14.30 WIB. Aditya Ong Quartet sebagai penampil pertama membuka event jazz gunung Ijen 2024 pada sore hari.

Dilanjutkan oleh Sri Hanuraga, Kevin Yosua, Elfa Zukham Trio. Sementara itu, di malam harinya menampilkan Yuri Mahatma's Straight & Stretch Feat. Dian Pratiwi serta Indra Lesmana. Penasaran seperti apa momen kemeriahan jazz gunung ijen 2024? Selengkapnya cek di sini KLovers.

1. Pemandangan indah Jazz Gunung Ijen 2024

Jazz gunung Ijen 2024 kali ini berlokasi di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi. Pemandangan indah dengan seribu patung penari gandrung menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang hadir. Selain itu, nuansa alam begitu terasa dengan hamparan hijau pepohonan serta udara sejuk menjelang malam.

Sejumlah penonton yang datang tidak sedikit turut mengabadikan beberapa spot menarik di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi. Adapun fasilitas yang dapat dinikmati saat berada di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi yakni galeri seni, Roemah oleh-oleh, Java Banana Coffee, Roemah Tjoklat Ijen, Coffee Garden, Café Kolam Terakota, Sungai Kecil, Taman Unggas, dan beberapa vila.

Sementara itu, jazz Gunung Ijen 2024 ini juga diramaikan dengan berbagai bazar makanan UMKM. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, minuman dan camilan khas bisa penonton nikmati sembari melihat penampilan para musisi jazz Gunung Ijen 2024.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Penampilan Pembuka

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Jazz Gunung Ijen 2024 ini dimulai sejak sore hari. Ada beberapa penampil yang menghibur penikmat musik Jazz terutama untuk event Jazz Gunung Ijen 2024. Adapun musisi jazz yang tampil pada sesi pertama yakni Aditya Ong Quartet, Trio Sri Hanuraga, Kevin Yosua, dan Elfa Zulham.

Para musisi jazz populer ini membawakan beberapa lagu andalan mereka. Aditya Ong Quartet membawakan lagu Padang Bulan yang termasuk dalam album A Gimmer of Hope. Beberapa karyanya ini juga mengaransemen dengan lagu-lagu tradisional seperti dolanan Jawa.

Sementara itu, Trio Sri Hanuraga, Kevin Yosua, dan Elfa Zulham juga membawakan beberapa lagu andalan dari karya terbaik mereka. Di antaranya yakni Mark The Blues, Here's That Rainy Day, Think of Others, Deconception 1 dan 2, serta Conception.

Penampilan para musisi jazz muda ini turut mencuri perhatian penonton yang hadir. Pemandangan indah di area terbuka Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi menjadi penyempurna pagelaran Jazz Gunung Ijen 2024.

3. Digelar Bertepatan dengan 17-san

Salah satu yang paling spesial dari Jazz Gunung Ijen 2024 kali ini adalah bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan RI ke-79. Sebelum acara dimulai, sejumlah kru dan tim Jazz Gunung Indonesia sempat mengadakan upacara bendara di lokasi konser Jazz Gunung Ijen 2024.

Nuansa nasionalis juga dibawa oleh sejumlah musisi yang menampilkan lagu bertemakan Indonesia. Salah satunya, sosok Indra Lesmana yang dikenal sebagai seorang maestro musik Jazz Indonesia. Indra Lesmana yang tampil dengan konsep trio ini membawakan sejumlah lagu andalan.

Seperti lagu Rayuan Pulau Kelapa yang diciptakan oleh Ismail Marzuki. Lagu ini sendiri merupakan lagu nasional yang mengandung pesan nasionalisme. Bukan tanpa alasan, Indra Lesmana sengaja memilih lagu ini lantaran bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indoensia ke-79. Termasuk, momentum jazz Gunung Ijen 2024 yang digelar di alam terbuka Taman Gandrung, Terakota, Banyuwangi.

"Semoga semakin sehat terus, semakin bersih negara kita. Bersih dalam segala hal. Dan bahagia alamnya, bahagia rakyatnya." Kata Indra Lesmana saat tampil dalam acara Jazz Gunung Ijen 2024.

Sementara itu, semangat kemerdekaan juga turut disuarakan oleh beberapa musisi jazz. Seperti Trio Sri Hanuraga, Kevin Yosua, dan Elfa Zulham. Sri Hanuraga mengungkapkan betapa senangnya dapat tampil di acara Jazz Gunung Ijen 2024 bertepatan dengan momentum 17 Agustus.

"Kami senang banget bisa tampil di Jazz Gunung Ijen. Hari ini kemerdekaan. Jazz sebuah musik yang memberikan para pelakunya sebuah agensi yang merdeka dari perbudakan. Kemerdekaan dari diri sendiri dari tradisi, di jazz selalu ada tradisi selalu mencoba menemukan subjektifiitas baru mengambil perbunyian dari dirinya sendiri. Variannya muncul banyak banget. Kami ingin melanjutkan semangat itu, menafsirkan ulang jazz yang ada." Kata Sri Hanuraga.

4. Penampilan Tari Gandrung

Jazz Gunung Ijen 2024 ini berlokasi di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi Jawa Timur. Tidak heran, sisi budaya juga ditampilkan salah satunya tarian gandrung khas Banyuwangi. Beberapa penari dengan iringan musik tradisional tampil memukau setelah momen break.

Penampilan tari gandrung ini menjadi pengantar menuju beberapa penampil musisi jazz lain seperti Yuri Mahatma's Straight & Stretch Feat. Dian Pratiwi dan Indra Lesmana Trio. Terdiri dari 7 orang penari, tarian gandrung memberikan hiburan tersendiri bagi penonton yang hadir.

5. Momen Pecah Penampilan Yuri Mahatma's Straight & Stretch Feat. Dian Pratiwi

Momen pecah dan keseruan juga terjadi saat penampilan Yuri Mahatma's Straight & Stretch Feat. Dian Pratiwi. Para musisi jazz kenamaan berasal dari Bali ini berhasil membuat penonton turut bergoyang saat menikmati alunan musik jazz yang mereka bawakan.

Dian Pratiwi dengan atraktif mengajak para penonton berdiri juga bernyanyi bersama serta berjoget. Tepukan riuh terdengar saat Dian Pratiwi berinteraksi dengan penonton ketika menampilkan beberapa lagu andalan. Sebut saja beberapa lagu tersebut seperti Paint It Black. I Can't Give You Anything But Love, dan Alone Together.

6. Kejutan Berupa Promo Spesial

Tak hanya penampilan musik jazz saja, karena penonton juga diberikan kejutan lain berupa promo spesial. Salah satunya promo yang disediakan oleh BRI. Sebagai informasi, Jazz Gunung Ijen 2024 ini bekerja sama dengan BRI. Pada event yang digelar, Sabtu, (17/8/2024), BRImo memberikan kejutan promo spesial berupa saldo BRIMO senilai Rp100 ribu bagi yang membuka rekening BRITAMA.

Selain itu, promo lainnya juga diberikan seperti nasabah tabungan BRITAMA yang mendapat saldo Rp200 ribu apabila melakukan top up program Top Up Dana. Namun, program tersebut hanya khusus bagi 50 kuota. Beberapa promo menarik lainnya juga bisa didapatkan yang menambah keseruan acara Jazz Gunung Ijen 2024.

Itulah momen Jazz Gunung Ijen 2024 yang sukses digelar. Acara Jazz Gunung Ijen 2024 ini menjadi event ketiga dari Jazz Gunung Series 2024.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending