Sunset di Kebun Raya Bogor Hadirkan Edukasi Tentang Konservasi Alam, Diramaikan oleh Raisa hingga Efek Rumah Kaca

Penulis: Guntur Merdekawan

Diterbitkan:

Sunset di Kebun Raya Bogor Hadirkan Edukasi Tentang Konservasi Alam, Diramaikan oleh Raisa hingga Efek Rumah Kaca
Sunset di Kebun Raya Bogor (Credit foto: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Sunset di Kebun tahun ini memasuki fase kedua dan digelar di Kebun Raya Bogor pada 3 dan 4 Agustus 2024 kemarin. Buat kalian yang belum tahu, Sunset di Kebun merupakan sebuah program pertunjukan musik yang bersifat intimate show yang menyuarakan pesan konservasi dan cinta lingkungan.

Kehadiran Sunset di Kebun Raya Bogor ini menyusul kesuksesan Sunset di Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Bali dan Kebun Raya Cibodas pada bulan Maret, April, Mei dan Juni 2024 lalu. Selain bisa menikmati konser musik, penonton juga diajak untuk mengeksplorasi area hijau di Kebun Raya.

Kebun Raya merupakan pusat konservasi tumbuhan yang juga berfungsi sebagai tempat eduwisata yang sarat akan edukasi keanekaragaman hayati Indonesia. Di sisi lain, keberadaan Kebun Raya juga diharapkan dapat memicu kecintaan terhadap lingkungan.

Siapa saja performer yang tampil di Sunset di Kebun Raya Bogor? Simak selengkapnya di bawah..

1. Diramaikan Oleh Raisa, Reality Club hingga Efek Rumah Kaca

Sunset di Kebun Raya Bogor kali ini menghadirkan beberapa line up yang terbagi dalam dua hari penampilan. Mereka tampil bergantian dimulai sejak pukul 12.00 hingga 18.00 WIB.

Pada hari pertama, ada penampilan dari Raisa, Reality Club, Efek Rumah Kaca, Sal Priadi dan Vikri and My Magic Friend. Sedangkan di hari kedua ada Juicy Luicy, Parade Hujan, Feby Putri, Kunto Aji dan Flypay.

"Sunset di Kebun ini digelar untuk mengajak generasi muda agar lebih mengenal alam, memperkenalkan flora yang ada di Kebun Raya. Selain itu, pelaksanaan event ini diharapkan bisa memperkenalkan Kebun Raya sebagai lokasi yang nyaman dan bisa menjadi destinasi eduwisata," ujar General Manager Event Kebun Raya, Abi Irawan.

Abi menambahkan Sunset di Kebun menyajikan pertunjukan dengan perpaduan alam terbuka, musik harmonis serta keintiman antara musisi dengan penggemar menjadi nilai yang menjadi daya tarik tersendiri. Sunset di Kebun tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Kebun Raya tetapi juga menghadirkan beberapa program-program peduli lingkungan.

"Hal yang membedakan Sunset di Kebun dengan pertunjukan lainnya adalah dengan mengusung tema intimate music show with green, conservation, and culture movement, penonton akan diajak pada suasana lebih dekat dengan musisi favoritnya, nuansa lebih intim akan terasa, penonton lebih santai menikmati alunan musik yang lebih mendalam, bahkan sang musisi pun akan turut berbaur dengan penonton di sejuknya suasana sore hari Kebun Raya," ujar Abi Irawan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Program Natura

Selain pertunjukan musik, Sunset di Kebun juga menghadirkan sub program bertajuk Natura. Natura merupakan sebuah area yang mengajak penonton untuk mengeksplorasi ruang hijau dengan bermain dan belajar di alam terbuka. Area Natura terdapat beragam kegiatan menarik, interaktif, edukatif dan kreatif yang akan menjadi pengalaman baru bagi pengunjung, diantaranya area warna-warni, merakit, tutur daun, singing plant, raya budaya, live painting, rangkai bunga dan kelas edukasi.

Program Natura pada Sunset di Kebun Raya Bogor kali ini akan terdiri dari kegiatan Kelas Edukasi & Tour de Kebun Raya. Program Kelas Edukasi Terrarium bertujuan untuk memperkenalkan dan belajar menanam tumbuhan di dalam wadah transparan yang ditata sehingga penampilannya lebih menarik. Tumbuhan yang digunakan dalam pembuatan terrarium adalah plant heroes tersebut, yaitu tumbuhan Bucephalandra. Tumbuhan ini popular dijadikan tanaman aquascape dan dikenal dengan sebutan 'Buce' di kalangan penggemarnya. Penonton akan belajar cara membuat terarium dengan tema tropis dengan Bucephalandra itu. Penonton juga akan berkeliling Kebun Raya Bogor mengenal lebih dekat tentang sejarah dan keindahannya.

Selain itu, ada pula singing plant, area interaktif dari instalasi tanaman yang bisa mengeluarkan bebunyian berupa nada yang dapat disusun menjadi sebuah alunan musik. Singing Plant memanfaatkan Biodata Sonification untuk menerjemahkan energi yang diterima dari tumbuhan ke converter dan menjadi MiDi Signal yang dapat dimengerti oleh instrumen musik.

Kegiatan menarik lainnya di Natura adalah warna-warni, yakni sebuah area yang dibuat untuk mengekspresikan diri melalui objek dan media yang penuh warna. Warna-warni bertujuan untuk memberikan ruang bagi penonton untuk menyalurkan kreativitas mereka dalam mengeksplorasi, bereksperimen, dan menemukan keindahan dalam warna-warni kehidupan.

Kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah rangkai bunga, program yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan mengajarkan keterampilan penonton dalam seni merangkai bunga yang cantik nan indah.

Kegiatan lainnya ada mera’kit, sebuah program yang dibuat untuk melatih keterampilan dan mengasah kreatifitas #SunsetPeople dengan merakit sebuah karya. #SunsetPeople dapat berkarya dengan menciptakan sebuah cendera mata yang cantik hasil dari buah tangan mereka sendiri.

Selain itu ada kegiatan Tutur Daur, sebuah program edukatif dan kreatif untuk mengubah sampah atau barang yang tidak terpakai menjadi karya seni dan barang yang bernilai. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan cara mengurangi, mendaur, menggunakan kembali dan memberikan solusi kreatif untuk mengatasi masalah sampah dan barang yang tidak terpakai.

Bagi pengunjung yang datang bersama anak, ada beberapa kids activity untuk anak yaitu throw ball. Throw Ball merupakan arena permainan menarik dan menyenangkan yang diperuntukan untuk penonton terutama anak-anak. Anak-anak akan belajar melempar bola ke dalam lubang, berkompetisi dalam permainan mini dan bisa berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik.

Bukan hanya itu, ada pula kegiatan live painting. Live painting merupakan sebuah pertunjukan menggambar karya seni secara langsung, karya seni yang dibuat terinspirasi dari keanekaragaman hayati serta keindahan Kebun Raya, dan merupakan sebuah representasi kehidupan tumbuhan yang ada di Kebun Raya.

Pada area Natura, juga terdapat pop up market, pasar kreatif dalam suatu area yang menjadi wadah guna meningkatkan kegiatan ekonomi kreatif, dan sebagai sarana bagi lokal brand untuk mengembangkan serta mengenalkan produk lokal. Kegiatan Natura dimulai sejak 10.30 hingga 15.00 WIB.

Selain program Natura, ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang sesuai dengan sub program dari Sunset di Kebun yakni Culture, Conservation dan Lesstari. Program Culture yaitu sisi kebudayaan yang ingin diangkat pada pelaksanaan Sunset di Kebun adalah dengan mempertahankan kearifan budaya lokal baik melalui musik ataupun tarian yang ada dengan cara beradaptasi dan bertahan dari banyaknya gempuran modernisasi yang kian berkembang. Sunset di Kebun bekerjasama dengan sanggar kesenian lokal pada setiap pelaksanaannya.

Sementara itu, program conservation adalah konservasi sebagai salah satu dari lima fungsi Kebun Raya menjadi inisiasi awal dari penyelenggaraan Sunset di Kebun. Tujuan dari program ini adalah untuk mengenalkan pentingnya Kebun Raya sebagai ekosistem yang harus dijaga dan mengajak generasi muda untuk tetap peduli pada ekosistem Flora.

Sedangkan program Lesstari, diambil dari kata sifat Less yang berarti mengurangi dan Lestari yang artinya keberlanjutan. Lesstari merupakan sebuah program keberlanjutan yang menekankan pada prinsip mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan demi menjaga kelangsungan hidup. Melalui program Lesstari Sunset di Kebun mengajak penonton untuk meminimalkan dampak negatif, salah satunya dampak negatif dari sampah terhadap lingkungan.

3. Kuliner yang Beragam

Sunset di Kebun tak lengkap tanpa adanya kuliner. Beberapa tenant F&B, tenant non F&B dan tenant dari Kebun Raya juga menyediakan booth makanan dengan signature menu yakni Sunset Punch dan Chicken Pops. Untuk Sunset Punch terdapat dua pilihan rasa, yaitu strawberry dan pineapple. Sementara itu, Chicken Pops juga terdiri dari dua pilihan rasa yaitu garlic dan chili mayo.

Selain itu, ada pula tenant lainnya seperti Demie Bakmie, Haus, Chasa Bean Bag, Dumpling Mertua, Tomyum Tomtam, Bakmi Hao Peng 111, Cassabi, Belenger Pisang, Moshi Mochi, Beri Kado dan Photoria box. Acara ini didukung oleh BRImo, SoKlin Liquid Nature Series, Indihome, Wardah, Emina, Kahf, Jasaraharja Putera, Amaris Hotel, Kopi Kenangan, dan Susu Jahe Sido Muncul.

4. Tentang Kebun Raya

Kebun Raya berada di bawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bermitra dengan PT. Mitra Natura Raya (KebunRaya.id) dalam kemitraan pelayanan publik sejak 1 Januari 2020. Kemitraan ini merupakan sinergi strategis dimana BRIN dapat menjalankan fungsi utamanya dalam kegiatan penelitian dan konservasi tumbuhan sedangkan KebunRaya.id bertugas menyelenggarakan berbagai fungsi pelayanan publik yang sesuai dengan fungsi dan pilar kebun raya, yaitu membawa pesan edukasi dan konservasi lingkungan ke masyarakat luas dengan bahasa yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Kebun Raya memiliki lima fungsi kebun raya yakni konservasi, edukasi, wisata, penelitian dan jasa lingkungan. Program Sunset di Kebun ini dibuat sebagai perpanjangan lima fungsi tersebut. Program ini dilakukan sebagai ajang untuk mengedukasi sisi konservasi kepada anak muda dengan memperkenalkan plant heroes pada setiap pelaksanaannya melalui bahasa musik dan program lainnya. Plant heroes kali ini adalah tanaman Bucephalandra. Bucephalandra merupakan sejenis tumbuhan asli Indonesia yang termasuk ke dalam tumbuhan air. Uniknya tumbuhan ini memiliki bentuk daun yang mirip dengan tanduk banteng, bahkan beberapa spesiesnya memiliki kilauan iridescent yang memantulkan warna-warna indah saat disinari cahaya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending