Sigit Wardhana Hengkang, Base Jam Rekrut Lulusan AFI Jadi Vokalis

Girindra Permana Cahya  |  Sabtu, 07 November 2015 13:22
Sigit Wardhana Hengkang, Base Jam Rekrut Lulusan AFI Jadi Vokalis
Base Jam © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya
Kapanlagi.com - Gonta-ganti personel dalam sebuah band adalah sebuah hal yang biasa terjadi. Hal tersebut dialami juga oleh grup musik kawakan yang meledak di tahun 90-an, Base Jam.

Awalnya, posisi vokal diisi oleh Adon dan Sigit. Namun, Sigit memutuskan keluar. Tak ingin porsi vokal dari band berubah, akhirnya para personel yang masih bertahan sepakat untuk mencari pengganti pria yang telah merasakan zaman ke-emasan bersama Base Jam tersebut.

Begitu juga saat Adnil, sang gitaris memutuskan untuk hengkang. Beberapa kali band ini mengalami bongkar pasang di posisi yang ditinggalkan pria berkacamata tersebut.

Alvin bersama Sita dan Adon saat latihan Base Jam Reunion © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaAlvin bersama Sita dan Adon saat latihan Base Jam Reunion © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

"Sebelum ada Basejam Reunion, kan Sigit resign. Nah penggantinya Alvin. Karena kami mempertahankan dua vokalis dengan karakter yang beda. Ketika Adnil resign, kami sempat gonta-ganti gitaris," cerita Adon saat ditemui di Studio BebBop, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (4/11).

Audisi untuk mencari para pengganti mantan personel dilakukan secara tertutup oleh Base Jam. Khusus perekrutan Alvin, dia dicomot karena direkomendasikan oleh kerabat band yang mempopulerkan lagu Bukan Pujangga tersebut. Terlebih banyak sisi positif yang ada dalam diri Alvin dalam hal bermusik.

"Ada penilaian lain juga, Alvin bikin lagunya bagus. Gak cuma nyanyi, tapi dia bisa main piano. Banyak nilai positif yang dibawa Alvin untuk Base Jam. Bukan berarti dia menggantikan Sigit, tapi membawa warna baru," ucap Adon.

"Yang paling penting chemistry-nya dapet ya. Ternyata memang jago nyanyinya," tambah Sita sang bassist.

Base Jam Reunion saat latihan di studio Bep-Pop © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaBase Jam Reunion saat latihan di studio Bep-Pop © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Ketika ditanya perasaannya bisa bergabung dengan Base Jam, Alvin mengatakan hal yang mengindikasikan kenyamanan pada dirinya. Ia mengaku sangat nge-fans dengan grup musik ini sejak lama.

"Saya udah ngefans sejak lama sama Base Jam. Trus kenal juga sama mas Adon. Pas akhirnya Base Jam butuh vokalis saya akhirnya ikutan," terangnya.

Sebelum bersama Base Jam, Alvin pernah mengikuti ajang pencarian bakat Akademi Fantasi Indosiar dan menekuni solo karir. Namun tak ada masalah ketika ia harus menyesuaikan diri di tubuh Base Jam.

"Gak terlalu banyak bermasalah ya. Karena pembagian di band ini ada pembagiannya. Bagian saya dan Adon sudah dibagi. Justru makin nyaman karena ada teman-teman," pungkasnya.

Kini grup band yang terbentuk tahun 1994 tersebut beranggotakan Adon (vokal), Alvin (vokal), Aris (gitaris), Ony (gitaris) dan Sita (bass). Base Jam juga membuat proyek baru bernama Base Jam Reunion yang menambahkan Sigit (ex vokal) dan Adnil (ex gitaris) dalam formasi utama grup ini.

Sudah tahu yang ini?

Formasi Baru, Base Jam Tetap Bersahabat Dengan Sigit dan Adnil

Ikutan Reuni, Sigit dan Adnil Gabung Lagi Dengan Base Jam?

Siap Menerjang, Wajah Baru & Lama Berbaur di Base Jam Reunion

Sudah Tersedia, Tiket 'The 90s Festival' Penuh Penawaran Menarik!

'The 90s Festival', Ajang Reuni Musisi Lawas Yang Lama Menghilang

(kpl/pur/otx)

Jika kalian adalah salah satu anak yang lahir di tahun 90-an tentunya tak akan melewatkan band yang satu ini. Mereka adalah Base Jam, band yang sangat beken dengan hitsnya Bukan Pujangga.
11 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -