Maliq and D Essentials - The Groove Kompak Garap Musik Bareng

Natanael Sepaya  |  Selasa, 09 Agustus 2016 08:22
Maliq and D Essentials - The Groove Kompak Garap Musik Bareng
Maliq and D Essentials - The Groove © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Tinggal satu bulan menjelang konser duet Maliq and D Essentials dan The Groove yang berjudul D'Essentials of Groove. Meski berada di tengah rangkaian persiapan konser, Reza The Groove akui hal tersebut tak mengganggu proses penggarapan materi album mereka.

"Repot-repot nggak ya, dengan teknologi kita tertolong. Kita ngerasain dua era sempet ngalamin ribet jaman dulu. Dengan teknologi sekarang mempercepat kirim email data lagu. Ya kebantu banget sih, jauh lebih mudah meski sulitnya gak bertemu. Ya ujungnya paling Whatsapp-an atau telepon," ujar Reza saat ditemui di Jumpa pers persiapan konser kolaborasi D'Essential of Groove di CVG Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (4/8).

Kolaborasi bareng Maliq and D Essentials, The Groove tak temui masalah berat © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaKolaborasi bareng Maliq and D Essentials, The Groove tak temui masalah berat © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Teknisnya kang Ali dan Widi karena jagonya ngutak-ngatik lagu. Kalo dari Maliq pertama ada tajuk kolaborasi ini yang kita pikiran awalnya let's collaborate. Maliq itu terbiasa sangat indepen, dari awal ada sampe industri, jadi jarang kolaborasi. Kolaborasi yang kita lakuin datang dari kita sendiri untuk kita. Kalo sekarang kita didatengin sama mas Yovi yang akan naikin kelas kita, berkolaborasi dengan punggawa musik lainnya itu tantangan kita," tambah sang frontman Maliq, Angga.

Sedangkan mengenai teknis lagu, Widi yang mengemban tanggung jawab sebagai drummer pun menjelaskan kalau Maliq dan The Groove tak pernah sampai terlibat perdebatan kencang. Selain karena mengerti porsi masing-masing, hadirnya Yovie Widianto pun jadi salah satu faktor yang membuat proses penggarapan lagu baru mereka yang berjudul Coba Katakan Dengan Cinta jadi terasa menyenangkan.

"Pengerjaan lagunya sendiri gak ada masalah, gak ada debat kencang. Dari awal bagi tugas sama Ali, 'gimana, lo yang mulai bikin chord'. Bagian lagu aku itu 50 atau sedapatnya, entar kita kembangin bisa apa nggak. Ternyata itu sistem yang ciamik, dua hari jadi, lagunya enak. Gue sama anak-anak dua harian buat ngulik, akhirnya udah setengah mateng, kita semua kumpul di studio ngebahas. Ya pas udah setuju semua, take vocal kita kirim ke mas Yovie. Untungnya mas Yovie request-nya cuma pembagian vocalnya aja, yang lain mantap," aku Widi.

Tahu porsi masing-masing, Maliq and D Essentials dan The Groove yakin lagu kolaborasi mereka siap tersaji apik di konsernya, 6 September mendatang © KapanLagi.com/Budy SantosoTahu porsi masing-masing, Maliq and D Essentials dan The Groove yakin lagu kolaborasi mereka siap tersaji apik di konsernya, 6 September mendatang © KapanLagi.com/Budy Santoso

Sedangkan untuk teknis musik pada konser yang akan digelar pada 6 September 2016 mendatang itu, Jawa yang memegang posisi bass player untuk Maliq mengungkapkan tak ada kesulitan yang cukup berarti. Hanya saja, Dino Hamid sendiri belum bisa memastikan apakah penampilan kolaborasi Maliq and D Essentials dan The Groove akan berbuah album atau tidak.

"Kalo drum mas Tirta, tapi kita nambahin smapel. Bass sama mas Arif. Kalo mix berdua sama Widi. Terus semalem ada kaget, Nino pertama kali denger lagu ini, gila, gue baru pertama kali denger Reza, jelas banget. Enak gak, tapi enak. Ya udah aman. Tapi untuk bagian vokal aman, Indah, Angga, teh Rika, Reza tegang tapi aman. Good record comes from good musician," jelas Jawa.

"(Dijadikan album) Tergantung tanggal 6, di situ lah yang menentukan nasib kita semua," tandas Dino.

Sudah Tahu Yang Ini?

Ini Alasan Yovie Widianto Mau Buat Lagu Untuk Maliq & The Groove

Konser Duet, Bayaran Maliq & The Groove Lampaui Justin Bieber

The Groove - Maliq and D Essentials Ungkap Pujian Satu Sama Lain

Konser, The Groove - Maliq and D Essentials Nyanyikan Lagu Yovie

Tampil Bareng, The Groove - Maliq Sudah Siapkan Kejutan

(kpl/pur/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -