Ini Alasan Yovie Widianto Mau Buat Lagu Untuk Maliq & The Groove

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 06 Agustus 2016 00:50
Ini Alasan Yovie Widianto Mau Buat Lagu Untuk Maliq & The Groove
Yovie Widianto © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Kapasitas Maliq and D Essentials dan The Groove dalam menciptakan sebuah karya memang sudah terbukti dari sederet hit singles mereka. Tapi menjelang konser bersama yang akan diadakan pada 8 September itu Yovie Widianto pun diminta membuat sebuah lagu baru untuk 2 band tenar itu. Lantas, apa alasan frontman Kahitna ini mau menerima tawaran tersebut?

"Ketika Dino Hamid (CEO Berlian Entertainment) mau buat konser dia bilang suka The Groove - Maliq, saya bilang 2 groove ini pionir dalam progresivitas pop. Ada sentuhan harmoni jazz. Dari mulai penampilan dan jumlah anggota rhytm section yang lengkap. Yang jelas secara fashion di batas rata-rata seperti band pertama mereka, ada ciri khas. Mereka punya follower adik berikutnya yang mempengaruhi musik yang ada. Sekitar lima tahun lalu masih K-Pop, 7 tahun lalu Melayu. Sekarang giliran musik mereka sedang dapat tempat. Itu bagus untuk keragaman. Kenapa mereka? Karena mereka dua grup (yang) sangat bisa dipertanggung jawabkan kualitas rekaman dan penampilan langsung. Bahkan mereka lebih hidup di panggung. Yaudah saya ngomong sama Angga atau sama Rika. Lalu langsung kita tunggu feedback, kalo dapet positif, langsung buat. Karena saya tau mereka sama-sama sibuk, kita siapkan waktunya buat mereka," jelas Yovie saat ditemui di jumpa pers konser kolaborasi Maliq and D Essentials dan The Groove, D'Essential of Groove, di CVG Blitz Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (4/8).

Yovie sendiri mengaku tidak mendapat banyak kesulitan dalam menggarap lagu untuk 2 unit groove Ibukota itu. Selain karena pernah menjadi produser The Groove, Yovie sendiri merasa antusias karena dua band top Indonesia ini punya sense dan warna musik yang senada.

Punya gaya musik yang senada, Yovie Widianto tak sulit menciptakan lagu khusus untuk konser Maliq and D Essentials dan The Groove © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaPunya gaya musik yang senada, Yovie Widianto tak sulit menciptakan lagu khusus untuk konser Maliq and D Essentials dan The Groove © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Kalo tentang lagu mungkin buat saya tidak terlalu sulit. Musik yang dibawakan The Groove saya mengerti karena saya produser mereka pertama kali. Waktu itu masih ada Yuke. Sekarang ketika berkembang mereka punya gaya The Groove. Begitupun Maliq, saya liat asyik nih. Buat proses lagu gak lama, karena proses kreatifnya dua judul lagu dari mereka yang dipilih netizen, terpilih Katakan Dengan Cinta dari The Groove, kalo Maliq judulnya Coba Katakan. Jadi jangan ragu-ragu kalo ada cinta di depan mata, katakan saja," lanjutnya.

Sedangkan dari segi aransemen musik, lagi-lagi Yovie mengungkapkan kalau ia tidak menemui banyak kesulitan yang berarti. Yap, beruntung 2 band ini memiliki benang merah yang kuat dalam warna musiknya yang membuat lagu berjudul Coba Katakan Dengan Cinta itu diakui Yovie punya taste yang fresh dan patut untuk disimak.

"Kan ada dalam poin melody yang seperti ini. Pendekatannya gak jauh dari melodi yang biasa mereka ciptakan. Misalnya awalnya Maliq banget, bridge-nya The Groove-nya, chorus-nya bareng. Kekuatan mereka jadi warna yang jadi kuat dan menarik. Angga kuat nyanyian dan warnanya, Rika aja lengkingannya kedengeran meskipun kecil," tandas Yovie.

Sudah Tahu Yang Ini?

Konser Duet, Bayaran Maliq & The Groove Lampaui Justin Bieber

The Groove - Maliq and D Essentials Ungkap Pujian Satu Sama Lain

Konser, The Groove - Maliq and D Essentials Nyanyikan Lagu Yovie

Tampil Bareng, The Groove - Maliq Sudah Siapkan Kejutan

Begini Komentar Reza The Groove Tentang Maliq and D Essentials

(kpl/pur/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -