Jaz, Bicara Soal 'APM 2013' dan Industri Musik di Brunei

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

Jaz, Bicara Soal 'APM 2013' dan Industri Musik di Brunei Jaz © KapanLagi.com/Girindra Permana

Kapanlagi.com - Menjelang akhir tahun 2016, nyatanya industri musik Tanah Air tetap kehadiran sejumlah penyanyi bertalenta baru yang punya talenta dan kualitas emas. Yap, salah satu penyanyi baru itu bernama Jaz yang saat ini bernaung di bawah bendera label Sony Music Entertainment Indonesia.


Penyanyi yang berasal dari Brunei Darussalam ini pun rupanya punya cerita seru di awal karir bermusiknya. Setelah sempat membuat lagu sendiri dan merilisnya di platform YouTube, Jaz langsung mendapat ajakan untuk tampil di Anugerah Planet Muzik 2013 (APM 2013)!


"Hahaha, sempet deg-degan juga sih, apalagi gue gak pernah nyanyi di acara gede, apalagi di panggung, bener-bener on stage, apalagi di situ juga ada, itu kan acara APM tuh kan gede banget kan buat Asia, ada Singapur, Malaysia dan Indonesia. Nah, kenapa aku bisa diundang di acara APM itu karena 2010 yang lalu, jadi back on 3 tahun yang lalu, ini APM tahun 2013 kan, jadi back on 3 tahun yang lalu gue pernah nyipatin lagu namanya Astoroprofile dan gue rilis di YouTube dan setelah 3 tahun, lo diundang Jaz buat acara APM, buat nyanyi di sini. Nah, di situ ada Siti Nurhaliza kan, semua penyanyi gede, gimana ya? Hehe, kaya mau nggak mau, tapi kapan lagi punya kesempatan itu kan, jadi bawain lagu ciptaan pertama dan di situ berjodoh sama Sony Music, di APM Singapur," ujarnya saat bermain ke kantor KapanLagi.com® Malang, Senin (5/12).


'APM 2013', jadi titik awal Jaz untuk berkarir di industri musik © KapanLagi.com/Girindra Permana'APM 2013', jadi titik awal Jaz untuk berkarir di industri musik © KapanLagi.com/Girindra Permana


Yang menarik, APM 2013 jadi awal perjumpaannya dengan Sony Music sebelum benar-benar terjun berkarir di industri musik Tanah Air. Keputusannya untuk membangun karir di Indonesia juga rupanya tak lepas dari industri musik Brunei yang punya kondisi cukup berbeda dengan di sini.


"(Single Dari Mata) Gak (langsung) boom juga sih, ada banyak proses yang dilalui, hehe. Jadi dulu tuh, setelah APM 2013 tuh pernah ke sini (Indonesia), maen-maen 2014 dan lagunya tuh baru dirilis tahun ini, dan proses itu take one years, juga awalnya kaget juga karena di Brunei tuh kita gak ada industri sama sekali, jadi sekarang ada industri pop, ada yang producing music, jadi ada orang-orangnya. Kalo di sana kan, di Brunei tuh kita harus ngerjain sendiri-sendiri, dan kalo mau rilis ya udah rilis aja buat ke radio-radio, kirim ke radio, gitu," pungkasnya.


Well, apapun itu, kini Jaz bukan cuma berhasil mencuri hati para penikmat musik saja, tapi juga ikut meramaikan geliat industri musik di Tanah Air. So, bakal seperti apa sepak terjang Jaz selanjutnya, tetap update semuanya cuma di KapanLagi.com®.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending