Ide Awal Lagu 'Dari Mata' Datang Saat Jaz Lagi Main PS!

Girindra Permana Cahya  |  Rabu, 07 Desember 2016 11:22
Ide Awal Lagu 'Dari Mata' Datang Saat Jaz Lagi Main PS!
Jaz © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Mungkin kalau mendengarkan dia fasih berbahasa Indonesia, tak akan ada yang menyangka bahwa Jaz adalah cowok berkebangsaan Brunei Darussalam. Namun, ia memilih untuk berkarir di Indonesia dan baru saja mengeluarkan single debutnya berjudul Dari Matamu.

Dari cerita dalam lirik, kita bisa mendengar bahwa Jaz mencoba menyampaikan indahnya proses jatuh cinta pada pandangan pertama. Uniknya, ide awal lagu ini muncul saat ia bermain PS bareng teman-temannya!  

"Gue sih, gue suka, lagu-lagu yang misalnya bercerita keseharian orang-orang sih. Jadi kenapa Dari Mata ini juga dijadiin dari itu juga, bukan yang, 'Ah, gue lagi galau nih, gue harus bikin lagu cinta', sebenernya sih nggak. Jadi kenapa lagu ini bisa tercipta gitu, jadi waktu itu gue lagi main PS sama temen-temen, terus temen-temen kaya yang akhirnya nanyain gue karena baru nyampe, 'Eh, dari mana lo? Dari matamu,' kaya gitu kan, jadi dari perkataan itu sebenarnya," ucap Jaz saat media visit ke kantor KapanLagi.com Malang, Senin (5/12).

Jaz mendapatkan inspirasi bikin lagu 'Dari Mata' saat main PS bareng teman-temannya © KapanLagi.comJaz mendapatkan inspirasi bikin lagu 'Dari Mata' saat main PS bareng teman-temannya © KapanLagi.com

Proses terciptanya lagu ini dari ide sampai jadi bisa dibilang tak instan. Dibutuhkan waktu 4 bulan untuk Jaz merampungkan materi tersebut. Dari segi lirik sampai melodi dasar lagu merupakan bikinannya.

"Gue, gue semua. Dari lirik, melodi, sama ada yang misalnya ada lirik yang gak pas diganti lagi. Kayak, 'Ah, kurang catchy nih,' gitu. Nah itu based on cerita-cerita temen juga sih. Jadi sebenarnya gue mengangkat kisah-kisah dari orang-orang di sekitar gue."

Namun, nuansa musik yang dirasakan dalam Dari Mata bukanlah kerja Jaz sendiri. Cowok yang doyan banget sama Bruno Mars tersebut mengatakan bahwa Dari Mata melibatkan banyak nama.

"Gue sebenarnya musisi, yang mem-producing music itu bukan gue, bukan gue sendiri. Jadi temen gue yang bikin. Jadi outline-nya gue cuma genjreng-genjreng doang, terus melodi sama lirik nih udah jadi nih gue kasih ke temen, dan temen yang ngerjain semuanya. Jadi yang Dari Mata itu gak semuanya dari gue. Cuma musiknya kaya pas awalnya gue kurang suka, oh ganti, mau ada touchpad yang sekarang lagi jaman, jadi, jadilah kaya gitu," ucapnya.

Jangan Lewatkan!

Danar: Dari Instagram Terjun ke Industri Musik

Rilis Single 'Work It', Angela Vero Yang Tuai Respon Positif

'Work It', Pump-Up Song Yang Fresh Dari Angela Vero

Cuma Butuh 4 Menit Bagi Danar Untuk 'Memenangkan Hatimu'

Jaz 'Dari Mata': Kembali Mempercayai Cinta Pada Pandangan Pertama

(kpl/ntn/otx)


Lihat Arsip Musik

- - -