[IN-DEPTH] Apa Sih Kriteria Kontestan Pilihan Juri Indonesian Idol?

Penulis: Natanael Sepaya

Diterbitkan:

[IN-DEPTH] Apa Sih Kriteria Kontestan Pilihan Juri Indonesian Idol? Indonesian Idol 2018 © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Dari semua ajang pencarian bakat, Indonesian Idol rasanya masih jadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Lupakan embel-embel franchise dari ajang pencarian bakat tersebut, nyatanya Indonesian Idol berhasil melahirkan sejumlah sosok penyanyi baru dan tak sedikit dari mereka yang masih eksis sampai hari ini.


Tapi juga kita tidak bisa menutup mata kalau beberapa tahun lalu Indonesian Idol masih mendapat bumbu-bumbu penyedap seperti drama. Tak jarang hal itu membuat kita bertanya-tanya dengan keputusan akhir dari para juri. Namun beberapa tahun belakangan hingga 2018 ini Indonesian Idol mengalami banyak perubahan.


Drama berkurang, kualitas pun jadi hal mutlak yang dicari para juri. Menariknya, kontestan Indonesian Idol pada musim ini benar-benar mendapat kualifikasi ketat dari Judika, Bunga Citra Lestari, Armand Maulana, Maia Estianty dan Ari Lasso. Kini tahap kualifikasi sudah selesai dan 20 kontestan terpilih sebelum menuju babak spektakuler.


© KapanLagi.com/Agus Apriyanto© KapanLagi.com/Agus Apriyanto


Coba simak Ayu Putri Sundari, kontestan asal Yogyakarta ini memiliki penampilan yang berhasil membuat para juri terkejut sebelum ia talentanya. Berhijab dan SWAG, jadi kesan pertama yang tampak jelas dari seorang Ayu Putri Sundari. Vokalnya pun memiliki karakter dan warna yang kuat.


Hal tersebut semakin lengkap dengan bakatnya dalam memainkan instrumen serta referensi musik yang luas. Yap, Elvis Presley rasanya bukan referensi musik yang banyak dilirik oleh anak-anak muda zaman sekarang jika dibandingkan dengan Cakra Khan. Keunikan serta karakternya jadi salah satu hal yang digaris bawahi para juri.


Hal sama juga tampak pada Lala Marion yang sejak tahap audisi sudah berhasil mencuri hati para juri ketika membawakan lagu That's What I Like milik Bruno Mars dan Siapkah Kau Tuk Takut Jatuh Cinta dari HiVi. Pembawaannya yang tenang hingga warna vokal jadi hal lain yang membuat Lala berhasil memukau Maia Estianty selain paras serta gayanya yang eye-catching.


© instagram.com/indonesianidolid© instagram.com/indonesianidolid


Tidak heran ketika banyak orang yang penasaran dan berusaha mencari tahu tentang sosok Lala Marion, tidak sedikit dari mereka yang segera jatuh cinta dengannya. Begitu juga dengan Roni Wigas, sosok dengan talenta yang sukses membuat Judika, Maia, Ari Lasso dan Armand langsung jatuh cinta sejak tahap audisi.


Memiliki suara unik serta teknik yang baik, jadi poin yang dilontarkan Ari Lasso dan diamini oleh para juri lainnya. Hanya saja patut disayangkan karena langkahnya di Indonesian Idol harus terhenti di tengah perjalanannya menuju tahap 25 besar. Walau begitu penampilannya jelas jadi salah satu yang diingat oleh para juri Indonesian Idol pada musim ini.


Lalu Ghea Indrawari, talenta muda asal Kalimantan Barat yang tengah menempuh studi di Yogyakarta. Gayanya yang ceria, lucu dan colorful, seolah mewakili gaya serta referensinya dalam bermusik. Selain karakter vokalnya yang kuat, ia pun mampu menyajikan sebuah penampilan yang menghibur dan membuat kita yang mendengarkan betah untuk menantikan penampilan Ghea berikutnya.



Lalu, apa semua kesamaan dari sejumlah kontestan Indonesian Idol pada musim ini? Benar, karakter vokal yang kuat, penampilan menarik dan attitude yang menyenangkan adalah hal yang kami lihat dari para talenta muda yang ada. Agaknya hal tersebut pula yang menjadi poin penilaian dari para juri.


Tidak berlebihan rasanya untuk menyebut kalau para kontestan Indonesian Idol memiliki kualitas semi profesional. Namun meski memenuhi sederet kualifikasi yang dibutuhkan para juri, pertanyaannya, apakah para kontestan bisa tampil konsisten dan terus menunjukkan perkembangannya pada Indonesian Idol musim ini?



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya

Rekomendasi
Trending