Foo Fighters Ungkap Alasan Pilih Produser Adele Untuk Album Baru

Natanael Sepaya  |  Kamis, 20 Juli 2017 13:22
Foo Fighters Ungkap Alasan Pilih Produser Adele Untuk Album Baru
Foo Fighters © Splashnews

Kapanlagi.com - Keseriusan untuk kembali menggebrak industri musik tengah ditunjukkan Foo Fighters saat ini. Tak hanya merilis single baru yang berjudul Run saja, unit rock Seattle ini juga mengumumkan akan kehadiran album terbarunya, CONCRETE AND GOLD.

Yang menarik, Dave Grohl cs justru tak memilih Butch Vig sebagai produser setia mereka untuk menangani album baru ini. Seperti dilansir dari NME, Foo Fighters justru mempercayakan bangku produser pada Greg Kurstin yang sebelumnya menangani album 25 Adele.

Selain karena keberhasilannya menangani album sederet musisi seperti Sia Furler hingga Tegan and Sara, Dave mengaku pada Music Week kalau mereka mengincar materi album yang lebih gila dan yakin kalau Greg adalah sosok jenius sekaligus tepat untuk menangani album mereka.

Pilih Greg Kurstin sebagai produser, Dave Grohl ingin membuat album yang terdengar berbeda dari sebelumnya © SplashnewsPilih Greg Kurstin sebagai produser, Dave Grohl ingin membuat album yang terdengar berbeda dari sebelumnya © Splashnews

"Jika kamu ingin bertahan, kamu harus menekan sedikit dirimu sendiri. Aku membayangkan sound yang bergerak ke luar. Bukan cuma instrumen alternatif dan hal-hal semacam itu, cuma perlu mendorongnya keluar. Greg adalah orang yang jenius. Dia adalah produser yang brilian, dan dia punya intuisi musik yang belum pernah aku lihat pada orang lain," ujar Dave.

"Saat rekaman kamu akan berkata, 'menurutku kita perlu bagian gitar di sini,' dan dia (Greg) akan merespon, 'kamu tahu sisi B dari rekaman Tubular Bells? Pada verse keduanya ada sesuatu di channel kiri yang terdengar seperti suara burung di pohon?' lalu dia melanjutkannya dan membuat rekaman itu sempurna," lanjutnya.

Juga pada saat di studio, Dave mengungkapkan kalau ia benar-benar ingin membuat album yang berbeda jauh dari apa yang pernah ia buat. "Menurutku ada perasaan di mana kita ingin rekaman ini berlawanan dengan album yang sudah pernah Greg buat. Tahu dia adalah orang paling terkenal sebagai produser musik pop, kami punya hal yang berisik di luar sini. Ketika kami masuk ke dalamnya, kami berpikir, 'ayo kita buat ini jadi panjang, ayo buat ini terdengar berisik, ayo kita buat semua ini jadi aneh,' " pungkas Dave.

Sudah Baca Yang Ini?

Foo Fighters Bawakan 'Dirty Water' Secara Live di Paris

Dave Grohl Ungkap Foo Fighters Akan Berkolaborasi Dengan Pop Star

Dave Grohl Ajak Putrinya Main Drum Bareng Foo Fighters di Stage!

Dave Grohl Bicara Soal Kemampuannya Dalam Songwriting

Personel Foo Fighters Berubah Jadi Manula di Klip Baru, 'Run'