Cerita Maruli Tampubolon Soal Pembuatan Album Pertamanya Yang Memakan Waktu 5 Tahun

Kamis, 16 Agustus 2018 11:22  | 

Maruli Tampubolon



Maruli Tampubolon © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Selain terkenal sebagai lawyer, nama Maruli Tampubolon pun nyatanya memiliki popularitas tersendiri di dunia musik. Setelah meretas sejumlah single dan kolaborasinya bersama musisi lain, kini Maruli Tampubolon tengah bersiap untuk merilis album penuh pertamanya.

"Lagu saya itu ada Kau Ucap Selamat Tinggal, Butterfly, Bahagia Tanpa Ku, dan Cinta. Ada tulisan bapak dan tante saya. Pokoknya albumnya isi lagunya mengisahkan tentang percintaan. Atau kehidupan kisah cinta yang dilihat aspek banyak, kehilangan cinta, menemukan cinta, atau kesemuan didalam menjalankan kisah hidup. Kita buat album ini lintas genre, banyak lagu yang saya buat R&B, kolosal dengan 42pcs stringer orchestra, pop, dan lain-lain. Saya buatnya dinamis karena itu lah kontribusi kita untuk industri musik Indonesia," ujar Maruli saat ditemui di kantornya di kawasan Tulodong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/8).

Menariknya, artis yang juga memiliki karir di dunia peran itu mengaku membutuhkan waktu 5 tahun untuk merampungkan album pertamanya. Selain karena memiliki kesibukan lain, suami Mita Soedarjo itu juga baru menyadari jika ia sudah mengantongi banyak materi yang sudah ia rekam bersama sang Ayah.

(kpl/ntn)

1. Rilis Digital dan Rangkaian Tur Promo

"Sebenarnya gini, kalau dibilang prosesnya 5 tahun. Kita masuk di dunia musik ini, kira-kira sudah 6 tahun. Di situ seiring berjalannya waktu, saya sama bapak saya kalau lagu enak, langsung kita rekam. Tanpa mikir lagu ini kapan kita launcing atau apa. Alhasil, sampai begitunya, semua lagu kepenuhan di HP. Lagu sudah banyak, kenapa enggak buat album aja. Memang lagu-lagu pilihan. Lagu-lagunya itu memang serius dan berat, tapi ya itu lah apresiasi dan cara kami merefleksikan cinta terhadap musik," lanjutnya.

Sedangkan untuk perilisan albumnya nanti, Maruli mengatakan kalau ia akan merilis di bawah labelnya sendiri dan mempersiapkan rangkaian tur promo. Selain itu Maruli mengungkapkan kalau para penikmat musik bisa mendengarkan rilisan penuhnya melalui sejumlah platform streaming.

"Pasti ada, manajemen akan buat program kita tur keliling Indonesia. Keliling radio, tv, banyak roadshow lah. Label sendiri, MT Production. Sudah jalan 3 sampai 4 tahun jalanin sendiri. Kalau dari digital, akan kita distribusikan ke semua platform digital, seperti Joox, iTunes, Spotify, dan lain-lain. Bicara fisik, pasti akan saya buat nah itu dalam website saya ada. Kita buat dulu gimananya. Orang-orang yang apresiasi musik saya, saya akan kasih gratis lewat website nanti dikasih gratis," pungkasnya.

2. Maruli Tampubolon Sudah Kantongi Banyak Single

Lebih jauh, Maruli Tampubolon juga mengungkapkan kalau ia sudah mempersiapkan single andalan yang akan dirilis sebelum kehadiran album penuhnya. Hanya saja Maruli sendiri belum bisa mengungkapkan judul rilisan penuhnya itu.

"(Mau keluarin single) Iya nih. Ini kalau bicara single, sudah ada yang sama Syahrini dan Raisa. Syahrini (itu judul lagunya) Cinta Sendirian dan sama Raisa, Butterfly. Pernah sama Imela Kei, ada single lain seperti Ruang, Ucapkan Selamat Tinggal, September Ceria. Single sudah banyak, menjadi suatu penantian cukup lama buat saya keluarkan album. (Tanggal) 9 September launching album pertama saya. Judul albumnya masih untitled, lagu ujung tombak Semurni Embun Pagi," ujar Maruli, saat ditemui di kantornya di kawasan Tulodong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/8).

Selain itu Maruli Tampubolon juga mengungkapkan kalau single barunya yang akan mengawali album debut itu akan bercerita tentang momen saat seseorang pertama kali jatuh cinta. Menariknya, Maruli mengungkapkan kalau lagu tersebut pernah ia bawakan dalam pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

3. Ada 12 Track di Album Pertama Maruli Tampubolon

"Karena lagunya mengisahkan tentang suatu cerita cinta, di mana saat orang awal mula jatuh cinta gimana. Lagunya ada sejarah yang bagus, bahwa saya pernah nyanyiin lagu ini dibuat sama sahabat saya, Aldi. Dia pilih saya untuk menyanyi, dan waktu itu Raffi juga suruh aku nyanyiin. Nah lagu ini tuh untuk nikahannya Raffi dan Nagita dulu. Saya bawain pas mereka nikah di Bali," lanjutnya.

Juga, single baru itu akan menjadi lead-single dari album debut Maruli Tampubolon yang akan dirilis pada bulan September mendatang. Memuat 12 track segar, Maruli mengungkapkan ada sejumlah nama musisi lain yang ikut mengerjakan album debutnya itu.

"Menjadi lagu kita yang pertama dalam album ini. Album ini isinya 12 lagu, ada lagu karya saya, karya mas Andi Riyanto, karya Aldi Nada Permana dan Denis Lusi," paparnya singkat.

Yakin Sudah Baca Yang Ini?

Maruli Tampubolon, Cowok 'All In One' yang Decide Mengejar Mimpi

Lewat Gue DECIDE, Dilema Pada Dewasa Muda Disajikan Dengan Lugas!

Gue DECIDE, Web Series Soal Peliknya Ambil Keputusan Dilematis

Syuting Adegan Persalinan ‘BUKAAN 8’ Pakai Bayi Sungguhan!

Ditawari Dadakan, Ini Cara Maruli Tampubolon Perankan Dokter

(kpl/ntn)