'Berkibarlah Indonesia', Anthem Untuk Memperkokoh Nasionalisme

Natanael Sepaya  |  Senin, 22 Mei 2017 12:22
'Berkibarlah Indonesia', Anthem Untuk Memperkokoh Nasionalisme
Kikan Namara © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Suka atau tidak, harus diakui kalau saat ini tidak banyak anak muda Indonesia yang memiliki jiwa nasionalis yang kuat. Hal ini kemudian mendorong Hanif Dakiri selaku Menteri Tenaga Kerja untuk membuat anthem baru yang bertemakan nasionalisme, Berkibarlah Indonesia.

"Lagu ini munculnya sederhana, dari anak saya. Lagu saya banyak bertema cinta. Anak saya komentar, 'lagu kok galau mulu? Malu udah tua,' abis itu pikirin tema lain. Pulang kantor jam 11an malem, jadi lah lagu itu," terang Hanif saat ditemui di launching single Berkibarlah Indonesia di XXI Plaza Senayan, Jakpus, Sabtu (20/5).

Jiwa nasionalis pada anak muda kian tergerus, Hanif Dakiri ciptakan anthem berjudul 'Berkibarlah Indonesia' © KapanLagi.com/Budy SantosoJiwa nasionalis pada anak muda kian tergerus, Hanif Dakiri ciptakan anthem berjudul 'Berkibarlah Indonesia' © KapanLagi.com/Budy Santoso

Lebih jauh, ia pun mengungkapkan bagaimana ia terinspirasi suasana yang berbeda kala menciptakan lagu tersebut di tahun 2015. Melihat kondisi Indonesia seperti sekarang, Hanif merasa perlu adanya sebuah lagu yang mampu mengumandangkan nasionalisme, terutama untuk para anak muda.

"Suasana sih karena saya buat tahun 2015, September, belum seperti sekarang, nasionalismenya berasa tergerus. Ini tujuannya memperkokoh nasionalisnya itu. Saya tulis dengan motivasi mengumandangkan nasionalisme. Saya agak risau, anak muda zaman sekarang tidak tahu soal lagu nasional. Awalnya mau buat lagu untuk anthem pemain bola, awalnya itu," lanjutnya.

Sebelum Kikan Namara, Hanif sempat terpikir untuk membuat lagu bersama Tantri Kotak © KapanLagi.com/Budy SantosoSebelum Kikan Namara, Hanif sempat terpikir untuk membuat lagu bersama Tantri Kotak © KapanLagi.com/Budy Santoso

Sedangkan untuk pemilihan sosok vokalis, Hanif mengaku kalau ia merasa cocok saat berada dalam sesi jamming bersama Kikan Namara. Meski sempat bingung, namun Hanif pun mempercayakan Kikan untuk membawakan lagu ciptaannya yang membawa tema besar itu.

"(Dulu sebelum Kikan) Sempat kepikir Tantri Kotak. Saya berkawan dan jamming sama Tantri. Cuman belum ada lagu ini saat intens sama tantri. Nah, ketemu kikan dan jamming, eh, ternyata cocok sama Kikan. Awalnya gak PD yah, saya ngeper tawarin ke Kikan, saya karena gak ngerti instrumen musik. Tawarin ke Kikan berat, yang buat saya berani pernah saya rekam dengan suara saya. Komentar teman bagus. Di antaranya saya kirim ke Abdee Slank, ke Adib (Hidayat) juga komentarnya bagus," pungkasnya.

Sudah Tahu Yang Ini?

How To #LupainMantan Ala Chandra Liow

Sedang Cuti Hamil, Tantri Kangen Berjingkrak di Atas Panggung

Tak Sesuai Konsep, Ex Vokalis Cokelat Kritik Program Musik Pagi

Kikan Masih Bawakan Lagu Cokelat, Ini Kata Sang Gitaris

(kpl/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -