Kikan Namara Masih Tak Kuasa Tahan Tangis Haru Ketika Kembali Terlibat di Pagelaran Sabang Merauke

Minggu, 13 November 2022 16:01  | 

Kikan Namara



KapanLagi.com/Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Pagelaran Sabang Merauke kembali dihelat pada tanggal 12-13 November 2022 di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Awalnya Pagelaran Sabang Merauke dihelat di Candi Prambanan pada Februari dan kemudian berlanjut di Djakarta Theater medio Juni 2022.

Dalam pagelaran yang digagas iForte dan BCA ini, Kikan Namara ikut ambil bagian dalam beberapa kali pertunjukan sebagai music director sekaligus penampil dengan membawakan beberapa lagu. Gelaran ini punya kesan dan arti tersendiri bagi vokalis band Cokelat tersebut.

Saking mendalami dan merasa bangga dengan keterlibatannya, Kikan selalu tak bisa menahan tangis haru. Hal ini disampaikan saat jumpa pers di Ciputra Artpreneur, Jum'at (11/11) malam.

"Saya nggak bisa nggak nangis setiap kali menyanyi di Pagelaran Sabang Merauke. Sudah berapa kali saya tampil, selalu saya menangis terharu," kata Kikan.

1. Pagelaran Untuk Melestarikan Budaya

Pageleran Sabang Merauke merupakan upaya untuk melestarikan budaya Indonesia khususnya bagi anak muda di tengah gencarnya budaya asing yang masuk Indonesia. Lewat lagu, tarian daerah, serta busana daerah, gelaran ini sekaligus sebagai pengingat betapa kayanya budaya Tanah Air.

"Ini merupakan ajakan nyata bagi masyarakat, khususnya anak-anak muda untuk kembali mencintai kemegahan karya-karya leluhur bangsa,” tutur CEO dan Direktur Utama iForte dan Protelindo Group Aming Santoso.

"Tak hanya menjadi sarana agar masyarakat semakin mencintai warisan budaya bangsa, pementasan ini diharapkan bisa menjadi penggerak agar masyarakat semakin menyelami kekayaan bangsa ini. Sehingga kami berharap budaya yang merupakan salah satu jati diri bangsa ini bisa selalu berkilau dan tak lekang oleh kemajuan zaman,” sambung Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono.

2. Pertunjukan Untuk Menyelami Budaya Tanah Air

Selain Kikan penyanyi berbakat Indonesia Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo, Alsant Nababan dan musisi generasi muda Swain Mahisa juga turut hadir. Sektor musikalitas juga semakin menawan dengan kehadiran Batavia Madrigal Singers, dan 46 musisi tradisional dan modern. Belum lagi hadirnya 144 penari profesional yang berasal dari Yogyakarta, Surabaya, Bali hingga Papua yang diracik oleh Sandhidea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir, dan Rizky Dafin membuat gelaran ini makin harmonis.

Bukan sekedar menghadirkan pertunjukan yang spektakuler, lewat Pagelaran Sabang Merauke kali ini, iForte bersama BCA mengajak serta masyarakat umum untuk menikmati pertunjukkan sekaligus menyelami budaya Tanah Air. Tidak hanya itu, tak kalah penting juga akan ada festival UMKM pilihan untuk membangkitkan semangat kebanggaan terhadap produk anak bangsa. Festival UMKM ini melibatkan 38 UMKM #banggalokal binaan BCA. Di sini, pengunjung dapat melihat produk-produk berkualitas karya anak bangsa.

(kpl/mat/jje)