Base Jam Bakal Persembahkan Buku 25 Tahun Berkarya

Jum'at, 06 September 2019 09:38  | 

Base Jam



Base Jam rayakan 25 tahun berkarya. © KapanLagi.com/Akrom Sukarya


Kapanlagi.com - Bagi penikmat musik era 90-an, pasti sangat mengenal grup musik satu ini, Base Jam. Karya mereka begitu melekat, Bukan Pujangga, salah satunya. Meski mengalami pasang surut dan bongkar pasang personel, nyatanya Base Jam masih bertahan hingga saat ini.

Kini band yang berdiri dan aktif sejak 1994 itu sudah berusia 25 tahun. Sebagai bentuk eksistensi di dunia musik, mereka berencana meluncurkan buku yang menceritakan perjalanan Base Jam dengan berbagai lika-likunya.

"Ide (membuat buku) ini sudah ada sejak 2 tahun lalu saat Base Jam ultah ke-23. Saat itu kumpul semua personel dan juga eks personel. Kami pikir nggak banyak band yang bertahan sampai 25 tahun dan kami ingin membuat buku sebagai catatan dalam hidup yang bisa ditandai dengan positif. Buku ini juga bisa menjadi warisan untuk musik Indonesia," kata Sita, personel Base Jam ditemui di kawasan Cawang, Jakarta, Kamis (5/9).

 

 

 

1. Bakal Gelar Konser

Selain menceritakan perjalanan Base Jam, buku tersebut juga akan banyak dipasang foto-foto mereka bersama penggemar. "Cerita kami sederhana, tapi menarik untuk diceritakan. Di buku ini juga akan ada banyak foto Base Jam friends. Ini adalah penghargaan untuk friends juga," imbuh Sita.

Buku tersebut direncanakan rampung pada Desember mendatang. "Harapannya buku ini di-launching Desember. Ini masih draft 5, masih ada ide yang bisa dituangkan, makanya sekarang belum bisa dilihat dulu," ucap Sita.

Disinggung rencana perayaan 25 tahun Base Jam dengan menggelar konser yang telah digaungkan sejak tahun lalu, tampaknya tidak akan terwujud. "Ide memang sudah ada. Tapi ternyata tidak mudah untuk mewujudkannya," kata Sita.

2. Perjalanan Base Jam

Base Jam secara resmi dibentuk pada 15 Januari 1994 dengan anggota awal Adon Saptowo (vokal), Sigit Wardana (vokal), Adnil Faisal (Gitar), Aris (Gitar), Bambang BS (Drum), Intan Anya (Keyboard), dan Ardhini Sita (Bass).

Album debut mereka bertajuk Bermimpi dirilis pada 1996. Setelah itu, nyaris setiap tahun Base Jam aktif mengeluarkan album. Pada 1999, Base Jam mengalami krisis personel setelah ditinggalkan Adnil dan Anya. Namun mereka masih bertahan mengeluarkan album hingga 2003.

3. Eksistensi Base Jam

Pada 2003, band ini kembali mengalami krisis personel. Sigit Wardana dan Bambang BS memilih hengkang. Setelah hampir sewindu mati suri, Base Jam kembali aktif pada 2010 dengan menamakan The new Base Jam di mana personelnya adalah Adon (vokal), Alvin Kurniawan (vokal), Sita (bass), Aris (gitar) Oni (gitar), dan Echa (drum).

Pada 2015 mereka merilis album Base Jam Reunion 21th. Mereka juga kerap tampil di sejumah pertunjukan dengan formasi reuni, seperti The 90's Festival dan Synchronize Festival.

Selain mengerjakan ulang materi lama, Base Jam juga membuat materi musik baru. Pada penghujung 2017, mereka merilis single Cinta Aku Dulu.

 

Sudah Baca yang Ini Belum?

Dibubarkan Massa di Aceh, Base Jam Akui Sedih Tak Bisa Tampil Maksimal

The Mans, Band Baru Sigit Wardana Yang Bawa Kembali Warna Musik Era 90-an

Rilis Single Baru, Wong Pitoe Hadirkan Konsep yang Berbeda

Lineup Fase Ketiga, 6 Artis Ini Bakal Ajak Kamu Nostalgia di The 90s Festival!

[Video] Aksi Coki Bollemeyer Saat Masih Bersama Base Jam

(kpl/dan/rna)