6 Judul Lagu Indonesia Yang Terinspirasi Dari Nama Orang

Kamis, 12 Juni 2014 12:01  | 

Iwan Fals



©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Banyak cara yang bisa dilakukan seorang seniman untuk menyalurkan ide kreatifnya. Salah satu cara mengungkapkan perasaan terhadap orang spesial bisa diungkapkan melalui lagu. Tapi itu sudah biasa.

Beberapa musisi berikut ini ingin mengabadikan nama seseorang sebagai judul lagu. Motivasi mereka berbeda-beda satu sama lain. Ada yang cuma iseng gunakan nama tersebut sebagai judul, namun ada juga yang miliki alasan tertentu.

Nah, tanpa basa-basi lagi yuk kita simak 6 lagu lokal yang gunakan nama seseorang sebagai judulnya. Adakah musisi idolamu dalam list berikut ini?

Jangan lewatkan juga!

6 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh

6 Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung

6 Rapper Pria Kulit Putih Paling Bersinar

6 Transformasi Adam Levine, The Sexiest Man Alive!

6 Artis Andalan Musica Studio

(kpl/niz)

1. Sephia

Bagi grup asal Yogyakarta ini, lagu Sephia memiliki kenangan tersendiri. Lagu yang diciptakan Eross ini bahkan menyimpan cerita mistis di balik pembuatannya.

Ya, Eross sendiri yang menceritakan kejadian seram ini. Ia mengaku pernah ditelepon fans bernama Sephia yang ternyata sudah meninggal akibat kecelakaan. Sang gadis meninggal saat akan menonton salah satu konser Sheila On 7.

Kejadian ini lantas membuat Eross dan kawan-kawan begidik sekaligus terharu atas kisah Sephia. Akhirnya mereka merilis lagu berjudul nama gadis itu sebagai penghormatan terhadap sang gadis.

Saking membekasnya cerita ini, Eross bahkan menulis nama Sephia di bagian belakang gitarnya. Saat membawakan lagu Sephia di atas panggung, ia biasanya menunjukkan tulisan I Love Sephia.

2. Oemar Bakri

Di urutan berikutnya ada lagu lawas milik musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Lagu berjudul Oemar Bakri dibuatnya sebagai simbol perjuangan bagi insan pendidikan, terutama guru.

Sorot Iwan Fals terhadap ketidakadilan yang dialami tenaga pendidik membuatnya gatal dan ingin menuangkannya melalui lagu. Oemar Bakri ini menggambarkan bagaimana seorang guru yang jujur, pandai, dan gigih dalam mengajar hidup dalam serba keterbatasan.

Nama Oemar Bakri ini juga kerap dikaitkan dengan seseorang bernama Umar Hosnol, seorang guru yang mendirikan sekolah gratis bagi mereka yang tak mampu. Pria tersebut Mei lalu sempat mendapatkan penghargaan dari Liputan 6 Awards.

Entah apakah Iwan Fals memang mengenal Umar Hosnol ini sejak lama atau tidak. Namun secara isi cerita Oemar Bakri cukup terwakili di kehidupan nyata oleh sosok Hosnol.

3. Aisah

Lagu Aisah dipopulerkan oleh Five Minutes. Laku siapa sebenarnya sosok Aisah yang dibicarakan dalam lagu tersebut?

Sekilas jika kita lihat lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang pernah dekat dengan salah satu personel Five Minutes. Lagu bertemakan galau ini sukses merebut hati fivers di seluruh tanah air.

Lagu berjudul Aisah ini dijadikan single andalan di album FM berjudul SATU HATI yang rilis pada 2010. Bahkan, saking spesialnya Aisah Richie dan kawan-kawan merilis lagu Aisah part 2 dalam album FIVERS di tahun 2013.

Dalam lagunya yang kedua Aisah ceritanya masih nyambung dengan yang pertama. Kemungkinan besar kisah ini diangkat dari kisah nyata, menurut kalian gimana?

4. Surti Tejo

Kehadiran band Jamrud di industri musik begitu fenomenal di awal tahun 2000-an. Suara Krisyanto sang vokalis begitu terngiang-ngiang di telinga masyarakat tanah air.

Meski kerap mengusung lirik yang agak vulgar, musik Jamrud masih begitu disuka. Salah satunya yakni Surti Tejo yang rilis tahun 2000 dalam album NINGRAT.

Lagu ini menceritakan kisah cinta pasangan remaja desa yang sempat terpisah karena tuntutan pekerjaan. Setelah mereka bertemu kembali si cowok berubah jadi kekota-kotaan.

Lirik ini pun terbilang mesum karena mendeskripsikan adegan kedua pasangan yang akan melakukan hubungan badan. Namun lagu ciptaan Azis M.S ini tetap jadi salah satu warisan Jamrud paling dikenal.

5. Sally Sendiri

Peterpan menjadi salah satu band paling bersinar di awal karirnya. Menggebrak dengan Mimpi Yang Sempurna, Ariel dan kawan-kawan semakin sukses sebelum akhirnya Ariel dipenjara karena kasus video porno.

Keunikan lirik yang ditulis oleh Ariel memang sungguh ajaib. Liriknya seringkali tak bisa ditebak dan kadang susah pula diartikan. Kini Peterpan sukses kembali dengan nama NOAH.

Lagu Sally Sendiri yang terdapat di album HARI YANG CERAH memiliki nada dan lirik yang sederhana. Single tersebut menggambarkan bahwa suatu saat memang manusia harus berjuang dengan dirinya sendiri tanpa mengandalkan orang lain.

Sosok Ariel yang mengidolakan band Oasis mungkin juga jadi alasan dipilihnya nama Sally. Pasalnya salah satu lagu Oasis, Don't Look Back In Anger memiliki reff yang terkenal, So Sally can wait, she knows it's too late, dan seterusnya.

6. Yolanda

Siapa yang tak kenal lagu populer yang satu ini? Yolanda begitu lekat dengan Kangen Band.

Lagu ini merupakan salah satu andalan Kangen Band yang saat itu masih digawangi Andika. Saking populernya lagu ini, setiap lagu sering diplesetkan dengan menambahkan kata Yolanda di tiap akhir lagu.

Tahun 2008 menjadi saksi terbitnya lagu fenomenal ini. Dengan lirik yang fun dan gampang diingat, Yolanda menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia.

Dari album BINTANG 14 HARI, Yolanda meraih kesuksesan bersama sederet hits lainnya seperti Doy, Bintang 14 Hari, dan Jangan Menangis Lagi. Kini Kangen Band hadir kembali dengan formasi baru. Bagaimana pendapatmu? Lebih baik dari Kangen Band yang dulu?

(kpl/niz)