6 Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung

Kamis, 05 Juni 2014 12:01  | 

Ariel NOAH



Artis dengan kebiasaan aneh

Kapanlagi.com - Setiap orang memiliki kebiasaan tersendiri untuk mengatasi rasa grogi. Musisi sebagai insan seni tak jarang dihadapkan dengan berbagai situasi yang menuntut mereka untuk tetap tenang dan tampil sempurna.

Berbagai cara pun dilakukan oleh para musisi ini untuk mempersiapkan diri sebelum manggung. Kebiasaan atau 'ritual' unik ini hampir mereka lakukan setiap akan tampil dalam konser besar maupun gig sederhana di cafe.

Kira-kira siapa saja ya musisi tanah air yang punya ritual khusus sebelum manggung? Ritual apa sih yang mereka lakukan? Let's get started. (kpl/niz)

1. Oly Ex-Winner

Dari semua ritual yang dilakukan para artis tentunya memiliki maksud tertentu. Mantan vokalis Winner, Oly sebelum manggung suka makan kencur. Wih.

Kebiasaannya makan kencur ini diperoleh dari guru vokalnya yang bernama Dody Katamsi. Ia meyakini bahwa dengan mengonsumsi kencur akan membuat suara lebih stabil dan tetap terkontrol.

Suatu saat ia pernah lupa tak membawa kencur, dan tak hanya Oly, namun tim manajemen juga panik dan langsung memburu kencur. Karena lumayan susah dicari, akan jadi kabar buruk jika ia sering lupa barang wajibnya tersebut.

Kebersamaan Oly bersama Winner sudah berakhir beberapa bulan lalu lantaran kontraknya yang tak diperpanjang. Menurut Posan, Oly akan diarahkan menjadi solois karena karakternya dinilai kurang cocok dengan musik Winner.

 

2. Petra Sihombing

Siapa yang menyangka, bahwa penyanyi muda bertalenta Petra Sihombing masih suka minum susu. Ya, saking sukanya ia selalu minum susu sebelum manggung.

Bagi pria 22 tahun, minum susu sudah seperti ritual wajib yang harus dilakukan sebelum perform. Meski tak selalu meminta panitia untuk menyediakan susu, tapi ia akan senang sekali jika di backstage tersedia susu satu liter.

Ritual minum susu ini akan menjaga mood Petra tetap bagus. Pemilik lagu Mine ini pun juga sering mengonsumsi susu saat di rumah.

Penyanyi yang sudah menelurkan dua album ini terkesan kalem dalam setiap penampilannya. Namun Petra sebenarnya suka bercanda dan cukup terbuka.

3. Raisa Andriana

Penyanyi cantik bersuara emas ini juga memiliki kebiasaan sering ia lakukan dalam sebuah pertunjukan. Sebelum perform, Raisa membuka gadget dan mendownload beberapa lagu.

Sebagai solois profesional Raisa selalu mencoba untuk tampil sesuai dengan konsep acara yang dibawakan. Oleh karena itu ia kerap mendownload video di Youtube sebagai referensi.

Seperti yang kita tahu Raisa awalnya memang sering mengupload video ke Youtube sebelum terkenal seperti sekarang. Namun bukan berarti ia tak suka melakukannya saat ini, hanya saja kesibukannya tampil di televisi maupun radio yang tak memungkinkan.

Ternyata ada juga penyanyi yang punyai kebiasaan seperti Raisa, yakni Cakra Khan. Penyanyi bersuara serak itu juga suka download video Youtube untuk menghilangkan kebosanan sekaligus memperkaya referensi lagu.

4. Ariel Noah

Sosok Ariel Noah begitu karismatik di atas panggung. Rupanya karena ia selalu melakukan ritual ini nih.

Di kalangan rekan se-band dan tim manajemen, sosok Ariel dikenal sangat ribet urusan penampilan, terutama rambut. Jadi ia menghabiskan banyak waktu hanya untuk membuat rambutnya tampak sempurna.

Kebiasaannya ini tak jarang membuat para personel Noah lainnya heran. Meski mereka juga sama-sama menata rambut, tetap saja si Ariel yang paling telat siap.

Tapi memang wajar sebagai frontman, Ariel harus tampil sekeren mungkin. Ya kan?

5. Bimbim Slank

Kalau drummer yang satu ini pasti sudah pada kenal kan. Bimbim ternyata juga punya kebiasaan yang tak ingin ia tinggalkan sebelum bermain bersama Slank.

Drummer yang juga jago bikin lirik lagu ini ternyata suka ngaca tepat sebelum naik panggung. Oleh karena itu di setiap tempat Slank bermain, ia selalu meminta sebuah kaca besar kepada penyelenggara.

Usut punya usut, ternyata kebiasaannya ngaca ini untuk menambah kepercayaan dirinya. Ia merasa lebih bisa bermain lepas jika melakukan ritual tersebut.

Wah ternyata selain digunakan untuk berdandan, kaca juga berguna sebagai penambah percaya diri yang ampuh. Coba deh buat kamu yang sering manggung gunakan cara ini, siapa tahu manjur.

6. Tulus

Pria asal Bandung ini namanya tengah berada di puncak popularitas. Berkat musik 'mahal' dan lirik mendalam yang dihasilkannya, Tulus menjadi salah satu bintang paling bersinar tahun ini.

Apa sih kebiasaan Tulus sebelum manggung? Ternyata pelantun Gajah ini suka menyendiri beberapa menit sebelum naik pentas. Ia menghabiskan waktu sendiri untuk menggambar atau menulis.

Kebiasaan ini sudah cukup lama dilakoni Tulus. Dan sampai saat ini ia masih cukup rajin melakukan ritual khusus tersebut.

Selain itu ia juga punya permintaan khusus setelah konser. Ia tidak ingin mendengar lagu apapun saat di backstage atau di mobil.

Entah kenapa hal ini sangat mengganggu Tulus. Ia sendiri tak bisa memberi kejelasan mengapa mendengarkan musik apapun setelah konser menjadi hal yang dihindarinya. Ada-ada saja ya.

(kpl/niz)