6 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh

Sabtu, 07 Juni 2014 12:01  | 

Kurt Cobain



Music Legends

Kapanlagi.com - Dunia musik tak henti-hentinya melahirkan bintang baru yang berbakat dan miliki karir cemerlang. Sebut saja Coldplay, Justin Bieber, Linkin Park, dan beberapa musisi yang tengah bersinar di industri musik saat ini.

Namun kesuksesan mereka kini secara langsung atau tidak dipengaruhi oleh musisi-musisi legendaris yang menjadi ikon di masanya. Para legenda ini bisa dibilang sebagai perintis dan pelopor perkembangan dunia musik pada zamannya masing-masing.

Dalam daftar berikut ini tercantum nama-nama mereka yang paling berjasa atas revolusi yang mereka buat di dunia musik. Siapa saja musisi legendaris yang tak tergantikan ini? Kita mulai dari Kurt Cobain dulu ya.

Simak juga

6 Ritual Unik Musisi Indonesia Sebelum Manggung

6 Lagu Hits Yang Cocok Untuk Momen Kelulusan

6 Rapper Pria Kulit Putih Paling Bersinar

6 Transformasi Adam Levine, The Sexiest Man Alive!

(kpl/niz)

1. Kurt Cobain

Tanggal 5 April 2014 kemarin menjadi peringatan dua puluh tahun meninggalnya sang legenda Nirvana, Kurt Cobain. Musisi yang satu ini diduga melakukan tindakan bunuh diri di usia yang masih produktif, 27 tahun.

Kiprah Kurt Cobain bersama Nirvana dinilai paling fenomenal berkat kekuatan lagu yang diciptakannya. Kurt bersama Dave Grohl dan Krist Novoselic merupakan trio yang akan selalu menjadi pahlawan bagi para penggemar Nirvana di seluruh dunia.

Sebelum ditemukan meninggal di kediamannya, Kurt tengah berada dalam kondisi depresi yang serius akibat kecanduan obat terlarang. Inilah yang membuat dugaan bunuh dirinya semakin kuat.

Beberapa lagunya sampai kini masih sering terdengar, seperti Smells Like Teen Spirit dan Heart Shaped Box. Kematian Kurt Cobain begitu mengejutkan semua orang karena ia pergi justru di saat Nirvana tengah banyak digandrungi pecinta musik.

2. Elvis Presley

Di daftar musisi paling berpengaruh selanjutnya ada nama Elvis Presley. Sebagai seorang solois, namanya sudah tak diragukan sebagai ikon musik rock n roll pada era 60 dan 70-an.

Musisi yang identik dengan jambul dan juga gaya retronya ini sangat populer di masanya. Sayangnya karir Elvis harus terhenti di usia 42 tahun. Sang legenda meninggal akibat gagal jantung.

Aksi panggung yang khas dan lagu-lagu populer membuat dirinya jadi salah satu musisi influensial, yang memberi inspirasi bagi banyak musisi lain. Single seperti That's All Right, Mystery Train, dan Burning Love menjadi karya yang mampu membawa perubahan dalam dunia musik.

Penyanyi kelahiran Mississipi ini tak hanya populer, namun juga kontroversial. Lirik lagu dan caranya menginterpretasi lagu tak jarang juga dikritik karena dianggap ofensif terhadap wanita. Namun terlepas dari segala kontroversi tersebut, sosok Elvis memang takkan tergantikan.

3. Freddie Mercury

Siapa yang tak kenal band lawas asal Inggris Queen. Sang vokalis, Freddie Mercury juga pantas menyandang gelar legend.

Pasalnya, pria berdarah India ini memiliki musikalitas yang sangat memukau. Simak saja lagu-lagu Queen yang memiliki lirik dan aransemen yang unik, dan sangat khas. Sebagai vokalis, Freddie memiliki gaya panggung yang menjadi inspirasi band-band baru saat ini.

Pria yang memiliki range vokal yang luas ini menulis hits-hits abadi Queen seperti Bohemian Rhapsody, Killer Queen, Don't Stop Me Now, dan masih banyak lagi. Empat belas album menjadi saksi kontribusi nyata Freddie terhadap Queen dan industri musik.

Visi bermusik Freddie yang jenius diakui sebagai bakat langka yang dimilikinya. Sang legenda berpulang akibat penyakit AIDS yang dideritanya. Seperti yang diberitakan, Freddie yang seorang gay terserang penyakit mematikan tersebut sebelum akhirnya meninggal.

4. John Lennon

Inggris menjadi negara pencetak legenda yang handal. Selain Queen, mereka juga memiliki sosok jenius John Lennon.

Bisa dibilang, ia adalah nyawa dari The Beatles. Karya-karya Lennon mengandung lirik yang mendalam, yang membuatnya selalu meresap ke dalam hati siapa saja yang mendengarnya.

Kontribusi besarnya dalam membangun The Beatles menjadikan band ini menjadi paling berpengaruh versi majalah Times. Kiprah dan kesukesan mereka sebagai musisi juga dapat dilihat dari banyaknya fans yang loyal terhadap mereka.

Salah satu lagu paling memorable dari John Lennon yakni Imagine, yang terinspirasi dari segala kekacauan yang terjadi di era 60-an silam. Suasana kehilangan begitu terasa saat John meninggal karena kasus penembakan pada 8 Desember 1980. Ia meninggal di usia 40 tahun.

5. Jimi Hendrix

Musisi ini terkenal karena skill bermain gitarnya yang berkarakter. Dia adalah Jimi Hendrix sang dewa gitar, yang juga memiliki kemampuan vokal yang bagus dan soulful.

Meninggal pada usia 27 tahun, ia tergabung dalam Club 27 bersama Kurt Cobain dan beberapa musisi lainnya. Jimi Hendrix mengusung genre blues sebagai kiblat bermusiknya.

Beberapa karya Jimi yang inspirasional diantaranya Once I Had A Woman dan Voodoo Child. Gitaris kelahiran Washington memiliki visi bermain yang bagus dan berbeda. Oleh karenanya, ia jadi pahlawan musik blues di Amerika Serikat, Inggris, dan seluruh dunia.

Jimi Hendrix identik dengan rambut kribo dan petikan gitarnya yang cadas. Ia akan selalu menjadi legend bagi para gitaris di seluruh penjuru dunia.

6. Bob Marley

Bicara musik reggae, nama yang ada di benak kita pastilah nama Bob Marley. Meninggalnya pahlawan reggae yang satu ini menjadi momen kehilangan yang paling menyesakkan bagi para pecinta musik.

Bagaimana tidak, sosok Bob Marley begitu piawai menyuarakan suara-suara kedamaian. Reggae tak hanya menjadi musik baginya, namun juga keyakinan dan gaya hidup atau dikenal dengan sebutan rastafara. Pemikiran-pemikirannya yang apa adanya membuatnya selalu dibanggakan hingga saat ini.

No Woman No Cry, Stir It Up, Is This Love, dan One Love menjadi deretan lagu paling ngehits yang pernah dibawakan Bob. Bob Marley juga menyabet beberapa penghargaan seperti Medali Perdamaian dari PBB, masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame, dan lagu One Love yang menjadi lagu milenium ini dari BBC Radio.

Bakat dan pesona Bob Marley juga ia tularkan kepada anak-anak dan keluarganya. Beberapa putra Bob yang terkenal yakni Ziggy Marley dan Damian Marley yang merintis karir di dunia musik.

Bagi para penggemarnya, kematian Marley pada usia 36 tahun dirasa terlalu cepat. Namun namanya akan selalu dikenang menjadi legenda.

(kpl/niz)