6 Hits Populer Ini Ternyata Ciptaan Pongki, Sudah Tahu?

Kamis, 21 Agustus 2014 12:01  | 

Pongki Barata



Pongki Barata ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Sejak kemunculannya bersama Jikustik pada awal 2000-an, musik Indonesia kembali disegarkan oleh lagu-lagu ciptaan musisi yang besar di Yogyakarta ini. Pongki Barata tak hanya punya segala kualitas untuk menjadi vokalis, melainkan juga sebagai pencipta lagu handal.

Kepiawaian Pongki dalam menciptakan lagu hits memang sudah teruji selama ini. Ia pun sempat menelurkan karya-karya hebat yang dibawakan sejumlah penyanyi seperti Iwan Fals, Chrisye, dan Siti Nurhaliza.

Beberapa hits populer berikut ini mungkin sudah melekat dengan image penyanyi yang membawakannya. Namun perlu digarisbawahi, keenam masterpiece ini adalah ciptaan Pongki Barata. Apa saja lagunya? Simak daftarnya berikut ini.

Temukan Fakta Menarik Dunia Musik Lainnya:

7 Band Indonesia Ini Solid Dengan Konsep Trio

7 Female DJ Paling Hot di Indonesia, Sudah Kenal?

6 Pasangan Kakak - Adik Ini Kompak Ngeband Bareng (Part 2)

5 Rockstar Ini Tak Menyangka Akan Bangkrut Besar-Besaran

(kpl/niz)

1. Aku Bukan Pilihan

Tak dipungkiri, Iwan Fals adalah salah satu legenda musik yang paling produktif. Bermusik sejak akhir 70-an, Iwan Fals dikenal dengan liriknya yang lugas dan berani.

Namun kala membawakan lagu patah hati, bang Iwan nyatanya tak kehilangan sentuhan emasnya. Salah satunya lagu Aku Bukan Pilihan yang awalnya diciptakan Pongki untuk Edwin Manansang dari Trio Libels.

Melalui Musica, lagu tersebut akhirnya dicantumkan dalam album Iwan Fals IN COLABBORATION WITH yang dirilis pada 2003. Meski awalnya kurang bersinar dibawakan Edwin, lagu ini berhasil melambung berkat Iwan Fals. Mungkin itu sudah jalannya.

Lagu ini juga tercantum di album anyar Pongki MEETS THE STARS yang baru saja rilis. Mempercayakan lagu ini kepada Rio Febrian, Pongki yakin Aku Bukan Pilihan akan hadir kembali dengan taste yang beda dan fresh.

2. Menangis Semalam

Buat kamu yang mengikuti perjalanan karir Audy Item dari awal, kamu tentu tahu lagu Menangis Semalam. Lagu ini termasuk yang paling berarti dalam karir Audy sebagai penyanyi.

Siapa sangka rupanya lagu galau ini diciptakan oleh tangan dingin Pongki. Proses penciptaannya pun diakuinya datang dari kisah nyata. Bukan dari pengalaman pribadinya, melainkan dari cerita seorang temannya yang gagal dalam menjalani kisah asmara.

Pertama kali dikenal publik pada 2002, Menangis Semalam langsung jadi favorit karena liriknya yang dalam. Selain itu, penghayatan Audy yang baik semakin memperkuat esensi dari lagu tersebut.

Buat kamu yang sedang galau berat, lagu ini cocok banget kamu dengarkan untuk menambah efek dramatis. Berani coba?

3. Seindah Biasa

Sejak sukses bersama Jikustik, reputasi Pongki sebagai penulis lagu hebat semakin menanjak. Dipercaya menuliskan lagu untuk artis di luar Indonesia, Pongki sangat tertarik mengambil kesempatan itu.

Lagu Seindah Biasa yang dibawakan penyanyi cantik Malaysia, Siti Nurhaliza tak hanya sukses di negeri Jiran. Hits tersebut rupanya juga berhasil merebut hari pecinta musik tanah air.

Awalnya Pongki menciptakan lagu ini untuk Rida Sita Dewi (RSD) untuk album the best mereka. Namun setelah jadi, pihak label ternyata batal mencantumkannya untuk grup vokal trio tersebut. Alhasil, lagu ini sempat mangkrak dan tak terpakai, sebelum akhirnya diajukan untuk album PRASASTI SENI Siti Nurhaliza yang rilis di Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Brunei.

Lagu ini mulanya berjudul Kita Lalui Bersama. Namun atas saran label, akhirnya judulnya diganti menjadi Seindah Biasa yang kita kenal sampai sekarang.

4. Seperti Yang Kau Minta

Jika kamu beranggapan bahwa lagu ini adalah ciptaan Chrisye, maka kami perlu meluruskannya. Seperti Yang Kau Minta ini merupakan ciptaan Pongki yang masuk dalam album DEKADE milik penyanyi legendaris tersebut.

Diminta menciptakan lagu untuk seorang legenda, Pongki tentunya merasa terhormat sekaligus menjadikan ini sebagai tantangan. Alm. Chrisye adalah penyanyi hebat yang karya-karyanya abadi hingga kini, dan kebanggaan itu masih tetap bersemayam di sanubari Pongki karena lagunya sukses merebut hati masyarakat.

Waktu itu, penggarapan lagu ini ditangani oleh Erwin Gutawa selaku produser. Dikemas dengan sedikit berbeda dari versi asli, Pongki tak keberatan dan justru merasa lebih cocok dengannya.

Lagu legendaris ini jadi salah satu warisan Chrisye yang sering terdengar hingga kini. Liriknya yang mengena jadi kekuatan utama lagu yang dirilis tahun 2002 ini.

5. Setia

Bicara tentang Pongki dan Jikustik, rasanya tak lengkap jika tak membahas lagu berikut ini. Setia, kata yang mudah diucapkan tapi sangat sulit diterapkan dalam kehidupan nyata.

Karena itu, Pongki mengemas lagu ini dengan sebaik-baiknya, untuk menekankan kekuatan kesetiaan seseorang. Lagu ini pun menjadi salah satu hits paling magis bagi grup band asal Yogyakarta tersebut.

Saking indahnya lagu ini, sempat tercipta beberapa versi dari beberapa penyanyi. Diperkirakan Pongki, lagu ini sudah punya 11 versi sejak awal diluncurkan pada 2001.

Mike Mohede, penyanyi bersuara malaikat juga pernah membawakan lagu ini dan berharap bisa merekamnya. Cita-cita Mike akhirnya terkabul dan ia didapuk untuk membawakannya di album baru Pongki. Ada satu lagi versi, di mana ia berduet dengan istrinya, juga dalam album yang sama.

6. Untuk Dikenang

Seperti judul lagu ini, karya-karya Pongki memang layak untuk dikenang. Karya-karya hebatnya selama ini memberi pengaruh besar terhadap perkembangan musik di tanah air.

Lagu ini terdapat dalam album ketiga Jikustik, SEPANJANG MUSIM yang diperkenalkan pada 2003. Sejak tahun 2000, Jikustik selalu konsisten untuk menelurkan album setiap tahun, hingga 2006.

Dalam PONGKI MEETS THE STARS, Wega, sapaan akrab Pongki mencari musisi yang punya daya karakter kuat dalam format akustik. Terpilih lah Endah N Rhesa, duo musisi yang juga pasangan suami - istri ini.

Keenam lagu tersebut bisa kalian jumpai dalam album terbaru Pongki yang dikemas secara lebih segar dengan melibatkan para musisi hebat di Indonesia. Selamat buat OmPong.

(kpl/niz)