7 Band Indonesia Ini Solid Dengan Konsep Trio

Penulis: Nizar Zulmi

Diterbitkan:

7 Band Indonesia Ini Solid Dengan Konsep Trio
SID - The Overtunes ©KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Percaya atau tidak, band dengan konsep trio seringkali lebih solid dalam berkarya. Sangat jarang mendengar adanya perpecahan atau pergantian formasi yang dilakukan oleh band beranggotakan tiga orang.


Untuk membentuk band dengan konsep trio memang bukan perkara sepele. Karena hanya diperkuat oleh tiga orang, masing-masing personel harus punya keahlian dan kontribusi penting dalam band tersebut.


Secara logika, memang semakin sedikit member semakin jarang terjadi perpecahan. Namun, benarkah demikian? Band-band Indonesia berikut ini nyatanya bisa solid dengan konsep trio yang mereka usung. Siapa saja?



1. Gugun Blues Shelter

Kita mulai dari power trio yang satu ini. Kekuatan masing-masing personel Gugun Blues Shelter (GBS) sangat mumpuni. Sebagai trio, mereka bisa dibilang salah satu yang terhebat.

Mengusung genre blues yang cukup langka di Indonesia, perlahan namun pasti Gugun, Jono, dan Bowie mampu menempatkan diri sebagai band yang punya banyak penikmat. Mereka yakin musik bagus akan selalu disukai, dan itu terjadi kepada GBS.

Band yang dulu melalang buana di Inggris dan Amerika Serikat kini mulai punya banyak penggemar di tanah air. Perkembangan selera musik di tanah air yang kian berkembang membuat mereka makin semangat berkarya.

Kerap tampil di berbagai event jazz dan rock, GBS punya kans untuk jadi band papan atas dengan skill dan karakter blues yang mereka miliki. Selanjutnya ada siapa ya?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Netral

Bicara mengenai band tiga orang, rasanya tak lengkap jika tak menyebutkan Netral. Band asal Jakarta ini juga terbilang sebagai pemain lama, karena kesolidan mereka sebagai kesatuan.

Diperkuat oleh Coki, Bagus, dan Eno, band ini rasanya memang tak butuh personel keempat atau kelima. Mengawali karir sejak 1991, ketiga punk rocker ini konsisten untuk berkarya hingga sekarang.

Koleksi 12 buah album menjadi saksi kehebatan mereka di dunia musik. Netral punya cara tersendiri untuk menghindari rasa bosan dan tetap solid dalam band.

Coki, gitaris Netral merangkap sebagai personel Deadsquad bersama Stevie Item dkk. Di sisi lain, Eno kini punya kesibukan baru dengan sekolah drumnya. Sementara Bagus beberapa kali kerap membintangi tayangan komedi di televisi.

3. RAN

Nama RAN diambil dari ketiga membernya, yakni Rayi, Asta, Nino. Grup musik beraliran pop groove ini mengusung konsep yang sedikit berbeda dibanding band lain.

Mengandalkan duo vokalis, Rayi dan Nino yang saling melengkapi, serta iringan gitar dari Asta membuat grup ini jadi unik. Karya-karya mereka yang catchy juga membawa suasana segar dalam industri musik tanah air.

Dibentuk pada 2006, RAN mencuri perhatian publik dengan single debutnya Pandangan Pertama yang easy listening. Sudah lima album mereka terbitkan sepanjang karir. Kini, RAN menjadi grup yang banyak menjadi penampil di acara-acara bergengsi di TV maupun di event spesial.

Dalam berbagai penampilan live-nya, RAN menggunakan additional player sebagai band pengiring. Namun kekompakan ketiganya saat meramu lagu hits jadi kekuatan tersendiri trio muda nan kreatif ini.

4. Superman Is Dead

Para penggemar musik punk rock pasti sudah tak asing dengan band berikut ini. Trio asal Kuta, Bali ini punya banyak fans yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Meski kelihatannya sedikit, tapi nyatanya penggemar musik punk di tanah air jumlahnya termasuk salah satu yang terbesar di Asia dan sebagian Eropa. Sempat berjuang sebagai musisi indie, kini Superman Is Dead sudah berada di bawah naungan Sony Music Indonesia karena influence musik mereka yang kental.

Beberapa album SID di antaranya KUTA ROCK CITY (2003), THE HANGOVER DECADE (2004), dan BLACK MARKET LOVE (2006). Beranggotakan Boby Kool, Eka Rock,dan Jerinx, SID bisa dibilang sebagai rajanya musik punk rock di Indonesia.

5. D'Cinnamons

Konsep trio tak harus mengusung musik cadas. Buktinya, grup unplugged ini bisa bersinar dengan konsep yang sederhana.

D'Cinnamons termasuk salah sat dari sedikit band akustik yang meraih sukses cukup besar. Pasalnya, pasar musik Indonesia seperti kurang tertarik dengan konsep tersebut.

Namun Dodo, Bona, dan Laut konsisten dengan musiknya itu. Dengan suara sang vokalis yang berkarakter, album D'Cinnamons sering diburu.

Beberapa kali menggarap soundtrack film, musik D'Cinnamons semakin dikenal masyarakat. Untuk bisa sukses, nggak harus ikut-ikutan arus kan?

6. The Trees and The Wild

Yang satu ini termasuk band indie yang namanya sering terdengar di sejumlah event keren. Musik yang sangat unik dan punya kesan mendalam jadi andalan trio asal Jakarta ini.

Kalau kamu belum kenal coba simak video berikut dan berikan komentarmu.

Andra, Remedy, dan Iga kompak bersatu menghasilkan musik indah nan berkualitas. Kekuatan band indie seringkali berada pada aliran musik yang nyeleneh dan tak umum, tapi justru di situlah letak keindahannya.

Nggak hanya populer di negeri sendiri, The Trees and The Wild pada 2012 lalu juga sempat menggelar tur ke Eropa mengunjungi beberapa negara. Wah, Indonesia ternyata punya banyak musisi jempolan ya.

7. The Overtunes

Di deretan terakhir ada grup yang tak kalah hebat, The Overtunes. terdiri dari tiga bersaudara, The Overtunes berani menggebrak dengan alunan musik syahdu yang dikemas minimalis.

Band ini digawangi oleh Mikha Angelo, jebolan X Factor season pertama. Ia mengajak kedua saudaranya, yakni Mada dan Nathaniel yang memang menyukai musik sejak kecil.

Dengan hits Sayap Pelindungmu, The Overtunes mampu meluluhkan hati para fans, terutama kaum Hawa. Miliki suara merdu, trio ini juga andalkan musikalitas tinggi yang mereka miliki.

Juni lalu, Mikha dkk. menjadi salah satu penampil utama gelaran Jazz Gunung 2014 bersama sederet musisi jawara lainnya. Penampilan apik mereka mendapat sambutan luar biasa dari para penonton yang hadir.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/niz)

Editor:

Nizar Zulmi

Rekomendasi
Trending