5 Rockstar Ini Tak Menyangka Akan Bangkrut Besar-Besaran

Rabu, 06 Agustus 2014 12:01  | 

Goo Goo Dolls



©istimewa

Kapanlagi.com - Hidup ini berputar seperti roda, ada kalanya kita di atas, dan ada juga saatnya kita berada di bawah. Kita tak bisa memprediksi musibah yang akan datang menimpa.

Pernah menjadi sosok yang terkenal dan disegani dalam dunia entertainment tak menjamin kehidupan para rock star ini untuk tetap bertahan di masa tua mereka. Prestasi mereka yang tak lagi sehebat dulu juga menjadi tantangan bagi mereka.

Berbagai kisah pilu melatarbelakangi bangkrutnya musisi-musisi yang gila di atas panggung ini. Mulai dari kepergian sang suami, hingga penipuan oleh sang manager sendiri. Wah, agar tak mengalami hal serupa, para musisi wajib simak berita yang satu ini nih.

Simak daftar rockstar dan cerita mereka berikut ini. Penasaran? (kpl/niz)

1. Goo Goo Dolls

Mari kita mulai daftar kita dari band terkenal yang satu ini. Goo Goo Dolls yang terbentuk sejak 1986 sebenarnya punya karir yang cemerlang. Penjualan album mereka juga mencapai angka yang tinggi, lalu bagaimana mereka bisa bangkrut?

Ternyata kesalahan John Rzenik dan kawan-kawan adalah terkait perjanjian kontrak dengan label yang menaungi mereka, Warner Bros. Bayangkan, dengan penjualan mencapai 2 juta kopi di era 90-an, harusnya para rockstar ini bisa meraup keuntungan besar dari sana. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Karena sempat bermasalah dengan kontrak label, Goo Goo Dolls tak bisa menerima sepeser pun dari hasil penjualan album tersebut. Pihak label menuntut kepada band tersebut agar melunasi terlebih dahulu utang dalam jumlah besar, atau dana tersebut tak akan cair. Setelah bertahun-tahun, akhirnya proses tersebut bisa berjalan sebagaimana mestinya, meski merugikan pihak band itu sendiri.

Tak banyak yang tahu jika banyak musisi di era itu yang berjuang untuk mempertahankan karir dengan finansial yang kurang memadai. Namun justru dari situ mereka diuji daya saingnya untuk bertahan di industri musik yang cenderung kejam.

2. Pete Doherty (The Libertines)

Gitaris The Libertines ini juga pernah terpuruk dalam masalah keuangan. Pete Doherty yang merupakan pecandu narkoba harus menjalani masa-masa sulit dan hampir menjadi gelandangan lantaran kebiasaan buruknya itu.

Pete awalnya sempat dipenjara karena tertangkap ketika melakukan tindak pencurian di rumah sahabat sekaligus pendiri The Libertines, Carl Barat. Atas ulahnya, ia dijatuhi hukuman dua bulan kurungan pada 2003.

Setelah bebas dari penjara, Carl dan Pete sudah akur dan kembali berkarya bersama. Tak berselang lama, Pete dipecat karena ketergantungannya terhadap obat-obatan sudah terlalu parah. Di saat inilah, momen yang paling berat baginya.

Pete dikabarkan kerap menggelar gig kecil untuk membayar biaya sewa tempat tinggalnya dan kebiasaan buruknya itu. Setelah beberapa tahun, ia akhirnya sadar dan kembali beraksi dengan band yang didirikannya dengan sang sahabat.

3. Leonard Cohen

Musisi serba bisa asal Kanada, Leonard Cohen juga punya masalah serius dengan keuangan. Rocker kawakan ini bahkan hampir tak punya simpanan sama sekali di rekening banknya karena sebuah kesalahan besar.

Rocker yang kini berusia 79 tahun ini pernah meraih kesuksesan luar biasa karena kehebatannya menulis lagu, novel, dan puisi. Namun kesialan harus dialaminya ketika sang manager ternyata mengingkari kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Alhasil, di saat ingin pensiun dan menikmati masa tua, musisi yang handal bermain gitar dan piano ini harus mengalami perseteruan dan menjalani hidup dalam keterbatasan. Setelah perjuangan yang panjang, Cohen akhirnya berhasil memenangkan perkara penyelewengan dana tersebut.

Akhirnya ia menerima sekitar 100 milyar rupiah dari mantan managernya itu. Sebenarnya uang yang harus dikembalikan lebih dari itu, namun kesepakatan mereka hanya sampai sebatas itu saja. Wah, sudah dicurangi masih baik ya. Salut untuk rocker senior yang satu ini deh.

4. Roky Erickson

Kecanduan sepertinya menjadi momok menakutkan bagi para musisi. Tak hanya menguras pundi-pundi kekayaan mereka, namun kebiasaan ini juga merenggut kebebasan mereka saat tertangkap dengan barang haram tersebut.

Roky Erickson salah satunya. Frontman 13th Floor Elevators ini pernah ditangkap atas kepemilikan marijuana pada 1969. Dirinya nyaris menjalani hukuman 10 tahun penjara atas tindakannya tersebut.

Karena alasan gangguan kejiwaan yang dideritanya, ia dikirim ke rumah sakit khusus untuk terpidana yang terganggu kewarasannya. Saat dirawat di rumah sakit itu, hasil jerih payahnya selama ini dikelola secara ngawur oleh orang kepercayaannya.

Akibatnya, Roky pun bangkrut setelah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit. Ia pun berusaha bangkit dengan semakin menekuni musik yang sudah membesarkan namanya selama ini.

5. Courtney Love

Popularitas Kurt Cobain dan Nirvana membuat sang istri, Courtney Love ikut menikmati hasilnya. Namun sebuah musibah luar biasa harus dialami oleh Love yang juga seorang rocker.

Sepeninggal Kurt, Courtney mewarisi harta yang selama ini dikumpulkan oleh mendiang suaminya. Diperkirakan, jumlah kekayaannya mencapai setengah milyar dolar. Dengan jumlah ini Courtney bisa hidup bergelimang kemewahan dengan anak semata wayangnya, Francis.

Namun naas, kekayaan melimpah itu harus lepas dari tangannya setelah ia menyatakan harta tersebut dicuri. Kehilangan hampir seluruh hartanya, Courtney terpuruk dan terancam tak punya tepat tinggal.

Ia akhirnya harus meminjam uang kepada Francis yang sudah punya penghasilan sendiri. Perlahan bangkit, Courtney Love pun semakin gencar meniti karirnya di jagat hiburan.

(kpl/niz)