Usai Guna Manusia, Barasuara Bakal Kembali Ciptakan Lagu Soal Lingkungan

Penulis: canda dian permana

Diterbitkan:

Usai Guna Manusia, Barasuara Bakal Kembali Ciptakan Lagu Soal Lingkungan
Barasuara © KapanLagi.com/Matias Purwanto

Kapanlagi.com - Barasuara saat ini menjadi salah satu band yang digandringi kaum muda atau anak milenial. Lewat lagu-lagunya, Barasuara menyuarakan banyak pesan bagi pendengarnya salah satunya soal lingkungan.

Salah satunya adalah lagu Guna Manusia yang dirilis pada tahun 2019 ini. Iga Massardi selaku pencipta lagu tersebut mengaku menciptakan lagu tersebut setelah menonton tayangan yang dipandu Najwa Shihab soal penurunan daratan di beberapa titik di Jakarta.

"Nggak sengaja nonton tayangannya Najwa Shihab judulnya jakarta tenggelam. Dan di situ dipaparkan soal penurunn daratan yang ada shg air lautnya masuk ke tengah. Dan ada beberapa daerah yang mmg secara permanen tak bsa ditinggali karena sudah tetgenang air laut," ungkap vokalis yang sering menggunakan batik saat manggung saat dijumpai di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12).

1. Terlibat Kegiatan Penghijauan

Tidak hanya lewat lagu menyuarakan keresahan mereka soal lingkungan, Barasuara juga beberapa kali terlibat kegiatan untuk penghijauan. Salah satunya adalah program “Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling)” di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12) yang digagas oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Bersama 250 mahasiswa dari 36 Universitas, Barasuara menanam 500 bibit pohon cemara gunung untuk konservasi Kawah Ijen. Seperti diketahui telah terjadi kebakaran hutan di kawasan Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur pada Oktober 2019 lalu dan telah menghanguskan sekitar 940 hektare di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Gunung Ranti, dan Gunung Merapi Ungup – Ungup.

Setelah kegiatan ini, tak menutup kemungkinan untuk Barasuara menciptakan kembali lagi soal alam. Pasalnya, Barasuara ingin selalu menyampaikan pesan positif lewat lagu-lagunya.

Mungkin bisa diekslpore abis dr sini. Kami kan selalu senang ngeluarin hal posistif. Isu lingkungan bisa salah satunya," ucap sang gitaris, TJ Kusuma.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Sambutan Positif

Hadirnya Barasuara bersama 250 mahasiswa dari 36 Universitas di Jakara pun mendapat sambutan positif dari Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji.

"Kami ucapkan terima kasih ke pemerintah yang sangat konsen mahasiswa dan relawan yang bantu kami menghijaukan lingkungan ini akibat kebakaran," katanya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending