Peduli Lingkungan, Barasuara Tanam Pohon Cemara Gunung untuk Konservasi Kawah Ijen

Senin, 16 Desember 2019 20:22  | 

Barasuara



Kapanlagi/Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Grup band Barasuara menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan. Pelantun lagu Guna Manusia tersebut ambil bagian dalam konservasi lewat program “Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling)” di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12) yang digagas oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Band yang digawangi Iga Massardi, TJ Kusuma, Gerald Situmorang, Marco Steffiano, Asteriska, dan Puti Chitara melakukan tanam pohon cemara gunung. Ini bukan pertama kalinya Barasuara ikut berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan. Barasuara pun senang ketika diajak kembali berpartisipasi dalam acara yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

"Ini pengalaman yang berbeda ya. Bukan hanya manggung tapi ikut konservasi juga. Ini sebuah kegiatan yang positif dan menyelamatkan lingkungan," kata Iga Massardi saat dijumpai usai melakukan penanaman pohon cemara gunung di Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (16/12).

 

 

 

 

1. Dilatarbelakangi Karhutla

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena Kebakaran lahan di kawasan Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur pada Oktober 2019 lalu dan telah menghanguskan sekitar 940 hektare di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Gunung Ranti, dan Gunung Merapi Ungup – Ungup. Melihat kondisi saat ini, salah satu vokalis Barasuara, Puti Chitara, tak bisa membendung kesedihannya.

"Sedih soalnya kalau aku udah pernah naik ke atas. Berharap dengan kegiatan ini bisa memulai dan membantu memulihkan alam," ucap Puti Chitara.

Kepedulian terhadap lingkungan juga dilakukan personil Barasuara dalam kehidupan sehari-hari."Sebernarnya udah mulai tertib buat buang sampah ditempatnya. Kami juga udah mengurangi plastik kalau belanja dan pakai tootbag sendiri. Lalu kalau ada sampah berserakan ke tempat sampah," teranf TJ Kusuma sang gitaris.

Gerakan Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling) mengajak generasi milenial untuk tak hanya sekedar peduli, namun terlibat langsung dalam melakukan aksi nyata, bergerak bersama-sama dan mengejar mimpi masa depan tanpa menambah jejak-jejak kerusakan pada bumi.

Pada acara ini, Siap Darling mengajak 250 mahasiswa yang tergabung dalam darling squad untuk menanam 500 pohon Cemara Gunung (Casuarina Junghuniana) di area TWA Kawah Ijen seluas 1,1 hektare.

2. Ajak Milenial Bergerak Bersama

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji mengatakan Siap Darling, program pelestarian lingkungan yang diinisiasi Bakti Lingkungan Djarum Foundation senantiasa mengajak generasi milenial bergerak bersama-sama peduli lingkungan serta terlibat langsung, salah satunya dengan memperbaiki keadaan alam yang rusak.

“Peranan Siap Darling melalui program penanaman di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen merupakan langkah nyata kepedulian generasi milenial terhadap lingkungan yang rusak akibat kebakaran. Selain itu, dengan menjaga lingkungan, program ini juga diharapkan dapat melatih rasa cinta lingkungan dan rasa bangga memiliki. Untuk jangka panjang, program ini adalah langkah kecil menuju terciptanya ekosistem lingkungan yang seimbang,” kata FX Supanji.

"Kami berterima kasih Pemerintah yang sangat konsen dengan lingkujgan serta mahasiswa dan relawan yang menghijaukan taman wisata yang menderita kebakaran," lanjut FX Supanji.

(kpl/pur/frs)