Tren Musik Mulai Mengarah ke Era Digital, Apa Kata Iwan Fals?

Risang Sudrajad  |  Selasa, 22 Desember 2015 01:15
Tren Musik Mulai Mengarah ke Era Digital, Apa Kata Iwan Fals?
Iwan Fals © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Perubahan adalah satu hal yang tak akan bisa dilawan oleh siapapun. Begitu juga di dunia musik yang saat ini sudah memasuki sebuah trn baru yakni era digital.

Fenomena seperti ini tentu saja juga terjadi di Indonesia. Iwan Fals yang merupakan salah satu musisi legendaris Tanah Air pun tak menampik bila saat ini tren musik sudah berkembang ke arah yang lebih modern dan praktis.

"Saya juga ngalamin dari jaman kaset, saya bilang kaset terus diketawain sama teman-teman, saya bilang CD diketawain lagi, sekarang jamannya flashdisk, terus download. Setiap jaman ada persoalan tapi saya percaya bahwa setiap jaman juga ada jawaban," ujar Iwan Fals saat saat syuting video Klip Satu-Satunya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada (18/12).

Iwan Fals ungkapkan pendapatnya tentang tren musik saat ini © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoIwan Fals ungkapkan pendapatnya tentang tren musik saat ini © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Namun di balik perkembangan dunia musik yang mulai mengarah ke tren digital, hal ini ternyata juga memberikan sebuah dampak negatif. Peran kaset dan CD kini seolah menghilang dan digantikan dengan fasilitas download yang sangat mudah.

Fenomena seperti ini sedikit banyak membuat pasar sedikit lesu. Sudah sangat jarang melihat toko kaset atau CD ramai dikunjungi pembeli. Bahkan masih segar ingatan kita saat Disc Tarra akhirnya memutuskan untuk menutup 40 gerai mereka di seluruh Indonesia. Lalu bagaimana tanggapan Iwan Fals dengan hal ini?

"Memang ada kegelisahan tapi ya kesenian khususnya musik selalu akan hadir. Waktu penyajiannya saja yang jadi masalah. Tapi aku kurang paham. Secara pasar akan segera  berlalu dan ada jawaban. Tapi sekarang udah oke kok. Orang nggak perlu macet-macet lagi, kalau zaman dulu beli (kaset) belum lagi kalau banjir, toko kaset macet setengah mati. Sekarang kalau kita punya kartu (kredit) bisa beli iTunes. Langsung dan seketika," pungkas pelantun lagu Bento tersebut.

Sudah Baca Yang Ini?

Kolaborasi, Iwan Fals Tak Mau Sebut D Masiv Sebagai Junior

Dibantu Steve Lillywhite, Iwan Fals dan d Masiv Kolaborasi Manis

Frustasi & Diborgol di 'Yang Terlupakan', Ada Apa Dengan Ariel?

Duet Bareng Iwan Fals, Giring Nidji Merasa Lagunya Menginspirasi

Kerja Bareng Steve Lillywhite, Ini Perasaan Giring & Ariel NOAH

(kpl/rhm/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -