ADVERTORIAL

Soal 'MLDARE2PERFORM', Indro Hardjodikoro Utamakan Musikalitas

 |  Kamis, 17 Desember 2015 12:50
Soal 'MLDARE2PERFORM', Indro Hardjodikoro Utamakan Musikalitas
Indro Hardjodikoro © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - ​

Hampir setiap tahun dunia musik Tanah Air kedatangan sejumlah talenta baru, terutama pada segmen musik jazz. Karena itu, MLD Spot pun menggelar sebuah ajang pencarian bakat, MLDARE2PERFORM dan menunjuk salah satu bassist senior Indonesia, Indro Hardjodikoro, sebagai salah satu mentornya.

Beliau pun menuturkan kalau pengalamannya menjadi seorang pengajar musik membuatnya semakin optimis untuk bergabung sebagai mentor di MLDARE2PERFORM. Selain karena menawarkan konsep yang berbeda, setiap peserta akan mendapat bimbingan secara khusus dari para musisi kelas dunia.

"Kalau saya udah biasa jadi mentor jadi gak ada batasan. Dari tahun 96 saya juga udah ngajar musik. Jadi kalau jadi mentor udah hal biasa bagi saya. Kalau spesialnya di ajang ini, mereka nanti di karantina lalu akan dapat pengarahan atau dimentori oleh musisi yang expert di bidangnya. Kalau ajang lainnya satu band dapat satu mentor. Kalau di ajang ini per instrumental dapat mentor masing-masing," ujar Indro Hardjodikoro saat dihubungi tim KapanLagi.com®, Kamis (17/12).

Indro Hardjodikoro sendiri mengungkapkan kalau skill dalam bernyanyi atau memainkan instrumen pada musik jazz bukan jadi hal yang paling utama jika kamu ingin berhasil di MLDARE2PERFORM. Selain skill. musikalitas adalah poin penting yang harus kamu tahu, KLovers.

Skill boleh jago, tapi musikalitas yang baik tetap menjadi poin utama bagi Indro Hardjodikoro © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoSkill boleh jago, tapi musikalitas yang baik tetap menjadi poin utama bagi Indro Hardjodikoro © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Skill udah pasti ya. Selain itu menurut saya adalah musikalitasnya. Dari musikalitas yang baik maka mereka akan cepat berkembang. Saya udah biasa melihat bakat, tapi musikalitas jadi salah satu yang penting. Kemungkinan itu terbuka sekali ya (untuk berkolaborasi dengan peserta MLDARE2PERFORM). Bahkan kalau saya melihat ada yang bagus banget, saya justru yang ingin kolaborasi dengan mereka," lanjutnya.

Di sisi lain, Indro Harjodikoro dan para mentor lain seperti Syaharani, Nikita Dompas, Adra Karim, Devian Zikri, sampai Aksan Sjuman siap berjuang untuk mengubah mindset masyarakat tentang musik jazz yang mahal dan eksklusif. Yap, salah satunya dengan terus berjuang untuk menggalakkan event-event jazz gratis di berbagai daerah dan melalui acara ini.

"Bukan mahal ya, tapi ekonomi masyarakat Indonesia yang sedang turun jadi terlihat mahal. Sudah banyak acara Jazz di daerah dan gratis kan. Di youtube juga udah bisa lihat. Nah, kami sedang berjuang untuk mengubah mindset itu. Musik itu universal gak pandang golongan dan umur. Ya itu tadi, masyarakat bisa melihat acara jazz secara gratis di berbagai kesempatan. Ini sedang kamu galakkan. Justru saya merasa yang paling biasa aja dibanding mentor lain (pendapat tentang para mentor). Karena semuanya kan kebanyakan lulusan luar negeri. Bahkan ada yang cum laude di luar negeri," pungkasnya.

Karena itu, kamu juga bisa kok membuat musik jazz semakin universal dan ramah untuk dinikmati siapa pun bersama para mentor handal ini. Selain itu, kamu yang berhasil masuk ke tahap live audition MLDARE2PERFORM punya kesempatan untuk dapat tampil di Java Jazz Festival 2016! Gokil banget kan?

(kpl/ntn)

1

Lihat Arsip Musik

- - -