Soal Cover dan Ubah Lirik Lagu 'Akad' Tanpa Izin, Hanin Dhiya Buka Suara

Rahmi Safitri  |  Sabtu, 07 Oktober 2017 13:22
Soal Cover dan Ubah Lirik Lagu 'Akad' Tanpa Izin, Hanin Dhiya Buka Suara
Hanin Dhiya © YouTube

Kapanlagi.com - Lagu Akad milik Payung Teduh bisa dibilang adalah salah satu lagu karya musisi Indonesia yang sangat populer tahun ini. Liriknya yang bikin baper, musiknya easy listening, dan suara vokalisnya Mohammad Istiqamah Djamad atau biasa dipanggil Is juga menyatu dengan irama.

Karena begitu populernya, banyak penyanyi yang kemudian membuat cover lagu Akad. Mereka bukan hanya mengunggah ke YouTube, tapi juga menjualnya via platform musik seperti Spotify, Joox, atau iTunes. Intinya banyak penyanyi yang mengomersialkan cover lagu Akad mereka.

Sayangnya banyaknya lagu cover Akad yang dikomersialkan ini membuat resah pihak Payung Teduh. Lewat sebuah video di Instagram, Is sang vokalis kemudian membagikan unek-uneknya. Ia berterima kasih atas apresiasi yang diterima lagu Akad, tetapi menyayangkan kenapa banyak yang tidak meminta izin dan menjual hasil cover tersebut.

Pernyataan Is ini pun langsung viral dan dapat banyak tanggapan dari warganet. Salah satu penyanyi cover lagu Akad yang banyak disorot adalah Hanin Dhiya yang videonya memang sudah ditonton puluhan juta bahkan melebihi view milik Payung Teduh sendiri. Hanin juga pernah diketahui menjual cover lagi tersebut di Spotify, meskipun kini sudah ditarik.

Karena banyaknya komentar yang diterima olehnya, Hanin akhirnya buka suara lewat akun YouTube All About Hanin. Di situ dia minta maaf kepada netizens yang mungkin tersinggung dengan balasan komentarnya di Instagran. Ia lalu menjelaskan soal cover lagu Akad.

"Terus terang Hanin sama tim memang belum pernah melakukan permohonan secara resmi tapi pernah secara lisan. Jadi manajer Hanin menyampaikan masalah izin cover lagu tersebut kepada seseorang yang dia kenal (dekat dengan Payung Teduh). Tapi ya kita emang nggak pernah mastiin lagi udah nyampe (izinnya ke Payung Teduh) atau belum," kata Hanin.

"Soal lirik lagu yang Hanin ubah sedikit, jujur Hanin nggak ada sama sekali niatan dan maksud untuk mengubah atau merusak makna lagu tersebut atau lebih ekstremnya menyebut lagu tersebut adalah milik Hanin. Di sini Hanin hanya mengubah bagian tersebut disesuaikan dengan gender dan usia Hanin saat ini," lanjut runner-up acara Rising Star Indonesia tahun 2014.

Hanin lalu mengakui kalau lagu Payung Teduh memang memberinya inspirasi. Bagaimana pendapat KLovers soal kasus ini? Siapa yang suka lagu Payung Teduh?

Jangan Lewatkan!

[HOT] Gywneth & Jolie Benarkan Pelecehan Seks - Perilaku Menyimpang Harvey Weinstein

Dea Dalila Ungkap Ingin Buat Music Video Dengan Konsep Stop Motion

Ikuti Jejak Judika, Penyanyi Jebolan Indonesian Idol Ini Fokus Jadi Solois

Mau Kolaborasi Dengan Raisa? Ketemuan dan Ngopi Dulu

Keluar Dari HiVi, Dea Dalila Sibuk Kerja Sambilan dan Bersolo Karir

Kota Malang kembali dihebohkan dengan kehadiran 3 musisi yang sedang hype di kalangan anak muda.
12 FOTO