Sepanjang 2018, Jamrud Manggung Sebanyak 70 Kali

Minggu, 16 Desember 2018 13:25  | 

Jamrud



Jamrud © KapanLagi.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Kabar datang dari satu band rock legendaris Tanah Air. Yap, Jamrud sedang menjalani tur keliling Indonesia untuk menyapa para penggemarnya. Sampai akhir tahun nanti, mereka akan genap manggung off air sebanyak 70 kali.

"Udah 2 tahun ini kita tur. Kalo TV nggak tahu. Sampai akhir tahun kita udah 70 kali off air," ucap Aziz, sang gitaris usai tampil di Sweet 17 Transmedia di Lapangan Transcity, BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (14/12).

Sejak beberapa tahun belakangan, Jamrud memang harus mengandalkan penampilan panggung mereka. Di era digital ini, peminat album fisik memang banyak berkurang.

"Tanpa off air kita ngga ada income, sekarang fisik penjualannya udah agak sulit dan tidak bisa diandalkan. Satu-satunya income dari off air," imbuh Kris, sang vokalis.

1. Perjalanan 13 Jam Demi Manggung

Dengan banyaknya jam terbang manggung di berbagai kota di Indonesia, Jamrud pasti mempunyai cerita menarik di baliknya. Ternyata perjalanan di udara menjadi alasannya.

"Ibaratnya kita sekarang rumahnya pindah ke udara. Sampe setahun kita penuh, belum nyambung jalan darat. Maksimal kita sempet 13 jam dari bandara ke lokasi," jelas Kris

"Kalo di panggung kita nggak terlalu capek ya karena cuma 1 jam setengah. Cuma perjalanan itu yang bikin capek," sambungnya.

2. Keliling Pulau-Pulau di Indonesia

Sang gitaris, Aziz kembali menceritakan tentang tempat terjauh yang pernah dikunjunginya saat tur. Tempat tersebut terletak di Indonesia bagian timur.

"Jayapura. Jadi ujung Sumatera, Banda Aceh sampe ujung Papua. Semuanya disamperin. Ini kan (tur) dari rokok ya. Mungkin 9 titik ada di Kalimantan terus Sulawesi. Kadang ke Papua, ke Jawa, balik lagi ke Kalimantan. Gitu aja terus, jadi random," tutur Aziz.

3. Tetap Solid Meski 34 Tahun Bersama

Soliditas Jamrud memang tidak perlu diragukan. Band cadas asal Cimahi yang telah terbentuk sejak 1984 tidak kesulitan menjaga stamina, performa, ataupun rasa bosan selama berkeliling Indonesia. Aziz sepertinya sangat menyadari profesi yang ia jalani saat ini.

"Kalau tips mungkin ngga ada cuman kita kan main udah dari 96 kayaknya udah kebentuk. Capek, boring atau apa kayaknya ya udah lah toh ntar berapa minggu kemudian kita kan bisa istirahat total. Setelahnya cabut seminggu, dua minggu balik lagi. Kayanya udah nyatu aja. Jadi kalau kesel nunggu gini, yaudah profesinya begitu," pungkas Aziz.

#Berita HOT Lainnya!

Konser di Bangka, Jamrud Bertemu Dengan Penggemar Penyandang Disabilitas

Bujuk Dewa 19 Reunian, Synchronize Fest Butuh Waktu Empat Tahun

Tampil di Synchronize Fest, Dewa 19 Bakal Kolaborasi Dengan Ari Lasso Dan Once Mekel?

Soundsations 2018, Ajang Silaturahmi Antar Musisi Indonesia

Sempat Dicekal Kolonial Belanda, Maharaya Aransemen Ulang Lagu Ciptaan WR Soepratman

(kpl/apt/jje)