Saat Produser Musik Dunia Mengomentari Industri Musik Tanah Air

Guntur Merdekawan  |  Senin, 09 Juni 2014 18:50
Saat Produser Musik Dunia Mengomentari Industri Musik Tanah Air
Steve Lillywhite/KapanLagi® - Foto: Muhammad Rasyad
Kapanlagi.com - Indonesia kedatangan sosok seorang produser musik dunia super kondang secara tiba-tiba. Namanya adalah Steve Lillywhite, pria berusia 55 tahun asal Inggris yang telah mengantongi lima penghargaan Grammy Awards selama perjalanan karirnya.

Steve bisa dibilang sudah kenyang pengalaman karena telah berkolaborasi dengan nama-nama artis kondang papan atas dunia. Ambil saja contohnya, U2, 30 Seconds to Mars, The Rolling Stones, The Killers, dan masih banyak lainnya.

Berjuanglah pada karyamu, karena seni yang indah datang dari sudut-sudut tak terduga. Musik yang bagus nggak butuh banyak uang, yang penting seni itu keren.
Steve Lillywhite
 

Nah, dengan bekal pengalaman tersebut, tim KapanLagi.com® yang menemui Steve secara eksklusif berhasil menggali saran darinya untuk industri musik tanah air ini. Apa pendapat sang maestro produser musik dunia ini?

Steve Lillywhite berikan Sarannya untuk kemajuan musik Indonesia/KapanLagi®Steve Lillywhite berikan Sarannya untuk kemajuan musik Indonesia/KapanLagi®

"Aku berpikir jika negara-negara mau mencampur musik tradisionalnya dengan yang modern, pasti hasilnya akan luar biasa. Aku ingin mendengarkan musik tradisional Indonesia dan menggabungkannya dengan budaya barat," terang Steve dengan bahasa Inggris dan Indonesia yang campur aduk.

Lebih jauh, Steve juga mengungkapkan pentingnya sisi kreativitas seni yang harus dilakukan oleh para musisi Indonesia. Menurutnya uang bukanlah segalanya dalam bermusik. Lalu?

"Musik itu adalah seni. Jika kamu membuat seni bagus, maka itu akan memiliki arti, jika tidak tak ada artinya. Berjuanglah pada karyamu, karena seni yang indah datang dari sudut-sudut tak terduga. Musik yang bagus nggak butuh banyak uang, yang penting seni itu keren. Music is the best art," jelasnya panjang lebar.

Jangan Lewatkan!

6 Musisi Legendaris Dunia Paling Berpengaruh

5 Momen Terburuk Avril Lavigne di Klip 'Hello Kitty'

6 Penyanyi Jebolan Ajang Pencarian Bakat, Pantas Jadi Diva?

5 Penyanyi Ganteng Calon Idola Masa Depan Indonesia

6 Rapper Pria Kulit Putih Paling Bersinar

(kpl/pur/gtr)


Lihat Arsip Musik

- - -