6 Penyanyi Jebolan Ajang Pencarian Bakat, Pantas Jadi Diva?

Sabtu, 07 Juni 2014 08:01  | 

Fatin Shidqia Lubis



Fatin ©KapanLagi.com/Bambang E Ross

Kapanlagi.com - Ajang pencarian bakat selalu booming. Rating dari program TV semacam ini pun selalu di atas rata-rata. Soalnya, publik diberi kesempatan untuk menentukan calon idola baru. Dan, pasti sangat berharap bintang favoritnya bisa terus bersinar, baik saat berada di ajang pencarian bakat ataupun setelah lulus.

Di antara nama kontestan yang tersisih dan tak muncul kembali di industri musik, tak sedikit pula ajang pencarian bakat sudah melahirkan banyak penyanyi berkualitas. American Idol sudah membuktikan hal itu. Sosok Carrie Underwood dan Kelly Clarkson jadi penyanyi wanita papan atas yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Penjualan album mereka beriringan dengan penghargaan di ajang awards.

Nah bagaimana dengan Indonesia? Apakah para penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini bisa menggantikan predikat diva yang sudah melekat pada Krisdayanti, Titi DJ dan Ruth Sahanaya?

Yuk langsung saja baca artikelnya di sini. (kpl/trn)

1. Novita Dewi

Festival musik dan ajang pencarian bakat bukanlah sesuatu yang baru bagi penyanyi keturunan Batak ini. Novita Dewi sudah banyak mencicipi panggung kompetisi tarik suara sejak dulu.

Saat berkompetisi di X Factor Indonesia, putri dari Jack Marpaung ini selalu menampilkan perform yang menghibur. Tak ayal, banyak orang yang menyukai aksi Novita di atas panggung sampai akhirnya ia finish sebagai runner up.

Gagal jadi juara pertama jelas jadi spirit untuk karir bermusik Novita. Ia pasti ingin membuktikan prestasinya di luar kompetisi ajang pencarian bakat. Konsistensinya untuk musik adalah bekal utama Novita untuk jadi penyanyi wanita papan atas.

Setelah sukses dengan Sampai Habis Air Mataku, baru-baru ini, Novita Dewi baru saja merilis sebuah single terbaru, yang akan disusul debut albumnya. Single tersebut berjudul Ku Menangis Kau Tertawa.

2. Citra Scholastika

Citra Scholastika berhasil membuktikan meski bukan juara pertama di Indonesian Idol tak bisa menghalangi kesuksesannya. Tahun 2011, Citra merilis single Everybody Knew yang langsung melambungkan namanya.

Vokal jazzy dari Citra berhasil menghayutkan gendang telinga siapa saja. Namanya semakin melejit setelah merilis single Pasti Bisa yang laku di pasaran. Bahkan, popularitas yang diraih Citra kini justru berhasil menenggelamkan sang pemenang Indonesian Idol 2010.

Citra memiliki kepuasan menyuguhkan musik kepada semua orang. Ia hanya ingin berkarya dengan tulus dan tak terlalu memikirkan untung rugi bisnis dalam bermusik. Tak heran, ia pun langsung jadi salah satu nominator di AMI Awards 2014.

"Suatu kebahagiaan juga bahwa kita bisa memperkenalkan karya kita. Menyanyi bukan karena materi. Bisa menjadi sebuah pekerjaan. Kalau album laku jadi pendapatan. Kalau nggak laku ya kecewa aja. Bukan menghentikan kita untuk bernyanyi dan berkarya," ungkap Citra bijak

 

3. Regina Ivanova

Dua penyanyi yang disebutkan sebelumnya adalah jebolan ajang pencarian bakat dengan predikat runner up, maka lain lagi dengan Regina Ivanova. Regina adalah juara pertama Indonesian Idol season ketujuh yang digelar pada tahun 2012 silam.

Predikat juara tersebut jadi pembuktian diri Regina. Ia sudah gagal sebanyak enam kali untuk sekedar lolos audisi Indonesian Idol sebelumnya. Semangat dan perjuangannya untuk meraih mimpi sebagai seorang penyanyi nyaris tak pernah surut. Akhirnya, ia pun keluar jadi juara pertama di ajang tersebut.

Regina Ivanova ©KapanLagi.com

Mimpi Regina tak berhenti di sana. Ia justru bermimpi semakin besar lagi. Tak peduli ditertawakan oleh banyak orang, inilah impian terbesar penyanyi kelahiran 1986 itu.

"Aku mau hadiahkan Grammy Awards buat Indonesia dan aku percaya. Aku enggak peduli orang akan menertawakan aku, tapi ini adalah mimpi dan doaku," ungkap Regina.

 

4. Sean

Penyanyi ini masih muda, usianya baru menginjak 19 tahun sekarang. Tapi Sean sudah sanggup menenteng beban sebagai runner up Indonesian Idol 2012.

Sean Idol ©KapanLagi.com

Beban? Iya soalnya Indonesian Idol memiliki semacam tuah. Mereka yang berhasil jadi juara kedua biasanya lebih populer ketimbang juara pertama. Lihat saja Judika, Delon, Gisel, dan terakhir Citra Scholastika yang popularitasnya menenggelamkan para jawara.

Untuk itu, dengan kualitas dan karakter vokal serta usia yang muda, Sean pasti mungkin mengikuti jejak kesuksesan seniornya.

5. Nowela

Juri Indonesian Idol menggadang-gadang Nowela akan jadi seorang diva Indonesia. Komentar itu diucapkan langsung oleh Ahmad Dhani.

"Takdir itu nggak bisa dilawan ya. Takdirmu sebagai diva sudah keliatan ya," ujar Dhani kepada Nowela, di Result and Reunion Show Indonesian Idol.

Dengan kualitas vokalnya yang powerful dan berkarakter, Nowela selalu tampil mengagumkan. Selain itu, Nowela juga memiliki aksi panggung yang mempesona. Pantas, ia pun keluar sebagai juara di Indonesian Idol 2014.

Nowela ©KapanLagi.com

Menariknya, meski digadang-gadang akan jadi penyanyi papan atas di Indonesia, Nowela belum pernah bermimpi akan jadi diva. Tapi, bukan berarti penyanyi berusia 26 tahun ini tak mau melakukannya.

"Tidak pernah bermimpi menjadi diva indonesia. Kalau menjadi anak band pernah. Tapi kalau menjadi diva nggak pernah. Bagaimana kalau kita mimpi bareng-bereng yuk? Siapa tahu mimpinya jadi kenyataan, mimpimu dan mimpiku," ujar Nowela dengan suara khasnya.

 

6. Fatin

Karir Fatin Shidqia Lubis melesat lebih cepat daripada penyanyi jebolan ajang pencarian bakat lainnya yang ada di Indonesia. Video audisinya saat menyanyikan Grenade jadi imej yang tak bisa dilepaskan dari remaja cantik berhijab ini.

Fenomena Fatin tidak terhenti hanya di X Factor Indonesia saja. Setelah ajang pencarian bakat itu usai, Fatin bermetamorfosis jadi popstar tersukses saat ini. Debut albumnya langsung diganjar tujuh kali platinum dalam waktu yang singkat, cukup 3 minggu saja.

Kepercayaan diri Fatin semakin tinggi saat eksistensinya diakui oleh banyak kalangan. Ia banyak mendapatkan penghargaan dan nominasi bergengsi. Seperti Rising Star of The Year yang diberikan oleh Yahoo! OMG Awards Indonesia dan Indonesia Choice Award 2014.

Yang paling fenomenal, Fatin jadi nominator World Music Awards, bersaing dengan Agnes Monica dan Anggun C Sasmi. Dan, tak lupa Fatin mendominasi nominasi AMI Awards 2014. Ada sekitar 8 nominasi yang didapatkan album FOR YOU di ajang penghargaan musik Tanah Air itu.

Sudah baca?

Novita Dewi Siap Bersaing Dengan Nowela Mikhelia

Raisa, Fatin, BCL, dan Syahrini Siap Berduel di AMI Awards 2014

Menang di WMA, Anggun Minta Fans Jangan Bikin Spam di Twitter

Agnez Mo, Anggun, Fatin, dan Raisa Bersaing Ketat di WMAs 2014

 

(kpl/trn)