Ruth Sahanaya Ungkap Alasan Kenapa Baru Sekarang Mengusung Musik Jazz

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 17 Februari 2018 20:22
Ruth Sahanaya Ungkap Alasan Kenapa Baru Sekarang Mengusung Musik Jazz
Ruth Sahanaya © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sudah 30 tahun Ruth Sahanaya mengarungi industri musik Indonesia bersama 17 album penuh yang pernah dirilisnya. Namun beberapa waktu lalu, ia pun menegaskan karirnya sebagai salah satu Diva Tanah Air dengan meretas album baru yang berjudul RINDUKU.

Bukan cuma itu saja, menariknya adalah Ruth Sahanaya bekerjasama dengan Ria Prawiro dan Gihon Lohanda yang membawa nuansa musik jazz. Hanya saja mengingat gaya musik tersebut telah lama dikuasainya, apa yang membuat Ruth Sahanaya baru bisa mengusung jazz sekarang ini?

"Dulu di bandung, di pub-pub aku memang selalu nyanyi jazz, tapi ketika saya ditawari oleh mas Oo, label Aquarius, untuk membuat album, memang pada saat itu tahun 86 kayaknya nggak mungkin kalau kita mau perkenalkan diri kita sebagai penyanyi jazz, kayaknya nggak mungkin. Saya berkesempatan menjadi penyanyi pertama Aquarius Music Indo pada saat itu deal dengan keadaan untuk nyanyi pop, nggak bisa perkenalkan diri untuk jazz," aku Ruth Sahanaya, saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (11/2).

Ruth Sahanaya melihat jika saat ini masyarakat sudah mengerti dan memiliki referensi musik yang jauh lebih baik © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaRuth Sahanaya melihat jika saat ini masyarakat sudah mengerti dan memiliki referensi musik yang jauh lebih baik © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Lebih jauh, penyanyi yang juga akrab disapa Uthe ini mengungkapkan kalau sekarang ini masyarakat sudah jauh lebih mengerti dan memiliki referensi musik yang luas. Karena itu setelah 30 tahun berjalan bersama musik pop, kini ia pun bersyukur bisa bertemu dengan produser yang sesuai dengan gaya bermusiknya.

"Berbeda dengan sekarang, masyarakat kita udah jauh lebih mengerti dan pintar. Mereka tahu jenis musik yang mereka senang. Kalau untuk kangen-kangenan, saya bersyukur sekali setelah berkarya 30 tahun bisa ketemu dengan produser yang cocok juga sejiwa dengan saya, berkolaborasi dan konsep big band," pungkasnya.

Well, jika kita terbiasa dengan cara Ruth Sahanaya menyajikan sebuah lagu dengan gaya pop, jelas album RINDUKU akan jadi pembeda yang menarik untuk disimak. Kalian sudah punya album terbaru Ruth Sahanaya? Coba berikan komentar kalian di bawah ya guys!

Baca Juga Yang Ini!

30 Tahun dan 18 Album, Ruth Sahanaya Ungkap Rahasia Eksistensinya di Industri Musik

30 Tahun Berkarya, Ruth Sahanaya Luncurkan Album Ke-18

Ruth Sahanaya Gandeng Kids Jaman Now di Konser Pergantian Tahun

Ini Yang Bikin Kaka Penasaran Dengan Konser Slank Persembahan Glenn Fredly

4 Bulan Bedah Album Slank Demi Konser, Glenn Fredly: It's Not A Tribute

(kpl/aal/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -