NOAH Ungkap Ide di Balik Keseluruhan Album 'SINGS LEGEND'

Natanael Sepaya  |  Senin, 31 Juli 2017 16:22
NOAH Ungkap Ide di Balik Keseluruhan Album 'SINGS LEGEND'
NOAH © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - NOAH baru saja selesai melakukan syuting untuk video klip dari salah satu single di album SINGS LEGEND, berjudul Biarkan Aku Sendiri. Mengurus konsep bersama Rizal Mantovani, Ariel NOAH pun menjelaskan kalau video klip kali ini lebih banyak bercerita seperti sebuah film singkat.

"Konsepnya yang bikin Rizal Mantovani. Kurang lebih bercerita tentang lagunya cuma mungkin gak terlalu panjang kayak sinetron, dipotong sedikit-sedikit. Yang penting warnanya kita mau bikin hitam putih. Konsepnya cuma itu sih, bercerita dan warnanya hitam putih," ujarnya saat ditemui di kawasan Leuwinanggung, Jawa Barat, Minggu (30/7).

NOAH ingin menawarkan referensi musik lawas Indonesia dengan kualitas yang tak kalah dengan karya-karya musisi luar © KapanLagi.com/Budy SantosoNOAH ingin menawarkan referensi musik lawas Indonesia dengan kualitas yang tak kalah dengan karya-karya musisi luar © KapanLagi.com/Budy Santoso

Namun pada momen yang sama, Ariel juga menceritakan bagaimana ide awal mereka bisa membuat sebuah album yang memuat lagu-lagu legendaris musisi serta penyanyi tersohor Indonesia. Tak hanya ingin menawarkan musik yang bagus, NOAH juga ingin memberikan referensi musik-musik Tanah Air yang sebenarnya memiliki kualitas yang baik.

"Ide awalnya waktu itu karena kita bergelut sama lagu lama lumayan banyak sebelumnya, dari almarhum Chrisye, Titiek Puspa, lagu lain, kita punya kesimpulan lagu-lagu ini kan lagu yang sempat meledak di zamannya. Lagu-lagu ini bukan ketinggalan zaman, mungkin soundnya yang ketinggalan jaman tetapi lagunya masih bagus. Karena semua sudah global banget jadi semua orang lebih dengerin musik luar. Musik Indonesia-nya waktu itu menurut kita gak banyak yang keluar baru. Jadi kita pengen kasih denger juga ke generasi jaman sekarang kalo dulu tuh musik-musik Indonesia memang bagus-bagus. Itu utamanya," lanjut Ariel.

Disukai banyak kalangan dari berbagai generasi, album 'SINGS LEGEND' beri pengalaman baru untuk NOAH © KapanLagi.com/Budy SantosoDisukai banyak kalangan dari berbagai generasi, album 'SINGS LEGEND' beri pengalaman baru untuk NOAH © KapanLagi.com/Budy Santoso

Namun meski dikemas dengan aransemen yang lebih modern, bukannya tidak mungkin seluruh materi pada album SINGS LEGEND lebih dikenal dalam versi NOAH dibanding musisi aslinya. Lalu, bagaimana komentar Ariel mengenai hal tersebut?

"Kalau ide awal kan gak utuh 100% ya. Ide awalnya itu yang tadi saya bilang dan kemudian berkembang. Akhirnya setelah diaransemen ulang dan berhasil masih tetap enak didengerin, jadi banyak juga pasar lain yang suka. Pasar lain tuh kan kalau kita pendengarnya umur 20-30an, tetapi ternyata 30 ke atas jadi suka sama itu. Itu jadi sesuatu yang baru buat kita," pungkasnya.

Baca Yang Ini Juga!

NOAH Syuting Video Klip Barunya Yang Sempat Terlupakan

VIDEO - Judika Ditantang Tiru Gaya 3 Penyanyi Top Indonesia

Ikut Bersimpati, Sophia Latjuba Beri Pelukan Pada Indra Lesmana

Kocak! Paras Disamakan Ariel NOAH, Ini Respon Andika Kangen Band

Cantiknya Alleia, Anak Ariel Noah yang Punya Suara Merdu

(kpl/aal/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -