Nada Sousou Jadi Single Kolaborasi Perdana Hiroaki Kato dan Arina Mocca Pasca Menikah

Kamis, 28 November 2019 16:28  | 

Mocca



© KapanLagi.com/Mathias Purwanto


Kapanlagi.com -
Setelah resmi menikah pada tanggal 21 Agustus lalu, pasangan Hiroaki Kato penyanyi asal Jepang dan Arina Ephipania vokalis Mocca akhirnya merilis single kolaborasi perdana mereka pasca menjadi pasangan suami istri. Single tersebut berjudul Nada Sousou.
 
Dalam bahasa Indonesia Nada Sousou berarti air mata yang mengalir tanpa sadar. Dalam kolaborasi ini, Arina menerjemahan lagu Nada Sousou ke dalam bahasa Indonesia. Diceritakan Hiroaki Kato, Nada Sousou merupakan lagu terkenal dari Jepang tepatnya di daerah Okinawa bagian Selatan.

 

 

1. Makna 'Nada Sousou'

"Nada sousou ini lagu terkenal dari jepang, tepatnya dari okinawa bagian selatan. Kami translate lagunya dari bahasa Jepang ke Indonesia supaya teman-teman Indonesia bisa menikmati lirik dan nadanya yang amat bagus. Ini juga salah satu lagu kesukaan Arina. Kami senang dan bangga lagu ini bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia," ungkap Hiroaki Kato saat ditemui di Yoshimoto Kreatif Indonesia Office di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (27/11).

Menurut Arina, lagu ini mempunyai lirik yang amat menyentuh. Hal itu membuat Arina sangat menyukai lagu Nada Sousou.

"Pencipta lagu ini memang dulu mendedikasikan lagu ini untuk kakaknya yang meninggal dunia. Jadi, kata 'Nada Sousou' itu artinya adalah air mata yang mengalir tanpa sadar. Maksudnya, ketika merindukan seseorang yang sudah tiada, tiba-tiba air matanya turun tanpa disadari gitu. Bagus," kata Arina.

2. Proses Pembuatan Lagu

Proses pembuatan lagu ini menjadi bahasa Indonesia tidak berlangsung lama. Namun, untuk membuat menjadi satu lagu utuh, Hiroaki dan Arina butuh waktu yang cukup lama. Pasalnya, Hiroaki harus benar-benar memberikan gambaran tentang lagu ini ke Arina.

"Kalau cuma translate-nya aja sih paling 2 hari. Persiapannya yang mungkin lama, karena harus ceritain dulu tentang tema dan siapa pencipta lagu ini ke Arina gitu," kata Hiroaki.

"Judul sengaja tidak kami gubah. Soalnya, kalau diterjemahkan jadi panjang, 'Air Mata yang Mengalir Tanpa Sadar'," timpal Arina.

3. Video Klip Menawan

Yang menarik, lagu ini juga mencuri perhatian penyanyi terkenal Indonesia, Tulus. Dalam video klip ini Tulus menjad pengarah kreatif video klip dan merealisasikan cerita yang menyentuh hati di dalam lirik lagu ini dengan menampilkan kehidupan seorang anak sekolah di Pulau Dewata, Bali. Pengerjaan video klip pun berjalan selama dua hari di Bali karena saat itu Pulau Dewata sedang ramai-ramainya.

"Awalnya mau sehari aja, eh jadi dua hari di Bali. Karena ramai orang lain, ada bis rombongan, terus ada ibu-ibu zumba sore, sementara ada scene audio take," tandas Arina.

(kpl/pur/rna)