5 Fakta Menarik Band Indie Indonesia Mocca, Dari Teman Satu Kampus Sampai Sama-Sama Lebarkan Sayap di Mancanegara

Rabu, 15 September 2021 23:48  | 

Mocca



Mocca (credit: instagram.com/moccaofficial)

Kapanlagi.com - "I remember, the way you glanced at me, yes I remember..." familiar tidak kalian dengan lirik lagu yang satu ini? Suara lembut sang vokalis langsung menyeruak masuk ke dalam telinga begitu baca lirik ini bukan? Yup, ini adalah lirik dari lagu I Remember milik band indie asal Indonesia, Mocca!

Mocca is in the house y'all! Biarpun kamu mungkin belum begitu mengenal band ini, tapi dijamin kamu pasti sudah pernah dengar lagu-lagu mereka saking seterkenal itu! Lagu-lagu dari Mocca memang selalu berhasil buat naikkan mood bahkan buat pikiran jadi tenang dan harimu jadi bahagia, enak banget deh pokoknya.

Band yang terdiri dari empat personel ini sudah lama banget berkarya di industri musik tanah air maupun mancanegara lho, KLovers. Mereka bahkan sudah aktif sejak tahun 1999 lalu, hitung saja sudah berapa tahun tuh? 20 tahun lebih, gokil! Kalian tahu tidak fakta-fakta menarik dari band asal Bandung ini? Kita ulik satu-satu yuk!

 

 

1. Berasal Dari Satu Universitas Yang Sama

Band indie asal Bandung ini terdiri dari empat orang personel yang bernama Arina Ephipania (vokalis dan flutist), Riko Prayitno (gitaris), Achmad Pratama (bassist), dan Indra Massad (drummer). Tahukah kalian, ternyata mereka ini sudah berteman sejak masih jadi anak kuliahan, lama banget dan awet ya!

Band ini awalnya terbentuk sebagai band kampus yang beranggotakan Arina dan Riko saja, dua tahun kemudian Indra dan Toma pun ikut bergabung dalam Mocca. Empat sahabat ini ternyata berasal dari satu kampus yang sama, Institut Teknologi Nasional Bandung. Memang jodoh nggak ke mana ya!

 

 

2. Album Debutnya 'MY DIARY' Dapat Apresiasi Tinggi

Mocca pertama kali muncul sebenarnya dalam album kompilasi berjudul DELICATESSEN (2002) dengan membawakan lagu Secret Admirer yang mana lagu tersebut langsung mendapat perhatian dari para penggemar.

Mocca pun kemudian merilis album debut mereka yang berjudul MY DIARY (2002). Lagu-lagu yang mereka bawakan seperti Secret Admirer dan Me and My Boyfriend pun sontak menjadi lagu yang populer di kalangan para pendengar. Tidak sia-sia sih waktu yang mereka gunakan untuk berlatih dan mematangkan konsep band mereka. Salut!

 

 

3. 'LIMA' - Album Pertama Berbahasa Indonesia

Pada usianya yang bertambah menjadi 19 tahun, Mocca merilis album terbaru mereka yang berjudul LIMA. Berbeda dari album Mocca yang lain, LIMA berisi lagu-lagu Mocca yang dibawakan menggunakan bahasa Indonesia! Tentunya hal ini jadi kejutan tersendiri dari para penggemar ya, KLovers!

Sebelum album LIMA tersebut rilis, Mocca memang dikenal sebagai band indie yang selalu membawakan lagu-lagu berbahasa Inggris, itulah mengapa mereka pun mampu menjangkau pasar yang lebih luas hingga ke luar negeri juga. Mau pakai bahasa Inggris maupun Indonesia, tetap lagu-lagu mereka terbaik sih!

 

 

4. Go Internasional

Dengan membawakan lagu yang berbahasa Inggris, lagu-lagu dari Mocca ini mampu menembus pasar internasional loh. Siapa yang bahkan mengira kalau Mocca ini adalah band luar negeri saat pertama kali mendengar lagunya? Mocca juga awalnya menandatangani kontrak dengan label rekaman Jepang bernama Excellent Records, lagu mereka pun juga disebarkan di negeri matahari terbit tersebut.

Selain memiliki pamor di Jepang, Mocca juga terkenal di negara-negara Asia seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang dan juga Korea Selatan. Bagi kalian yang K-Popers, kalian pasti tahu bahwa beberapa idol pernah menyebut lagu Mocca, menyanyikannya, bahkan jadi musik latar dalam acara-acara TV Korea Selatan lho!

 

 

5. Idolakan Band Naif

Tentunya sebagai sebuah band, mereka pasti punya band lain yang mereka jadikan panutan atau bahkan idola bersama ya kan? Nah, Mocca ini ternyata mengidolakan band Naif lho! Band pemilik lagu Teman Sejati ini ternyata mengidolakan Naif sejak zaman mereka masih menjadi mahasiswa lho. 

Arina sebagai vokalis pun berpendapat dalam wawancara di salah satu acara TV bahwa Naif merupakan band yang sangat menginspirasi dan juga punya karakter yang berbeda. Tidak heran sih panutan mereka merupakan band yang juga legendaris dan punya lagu yang bagus-bagus banget. Seleranya top banget! Mereka bahkan sudah kesampaian untuk kolaborasi dengan David Bayu, vokalis Naif, hebat!

Itu dia KLovers 5 fakta menarik dari band Mocca ini. Band yang dibentuk oleh para anak bangsa yang bisa didengar dan juga diterima dan diapresiasi oleh orang-orang di luar negeri. Nggak heran sih, mereka memang benar-benar mulai dari nol dan berani tunjukan jenis musik yang berbeda di kala itu, sampai sekarang pun lagu-lagu lama mereka masih jadi idola!

Kalian sudah pernah dengerin lagu-lagunya belum nih? 

Artikel ini ditulis oleh: Elisabeth Marie N. D.

 

 

(kpl/mag)