Mengenal Sosok Camila Cabello Lewat Single Menjanjikannya, 'Havana'

Natanael Sepaya  |  Rabu, 08 November 2017 17:22
Mengenal Sosok Camila Cabello Lewat Single Menjanjikannya, 'Havana'
Camila Cabello © camilacabello.com

Kapanlagi.com - Bukan jalan yang mudah untuk Camila Cabello merintis karir solonya di industri musik. Terlanjur besar dengan popularitas nama Fifth Harmony, Camila pun memutuskan untuk mundur dari groupnya di bulan Desember 2016 dengan alasan perbedaan kreatifitas antara dirinya, rekan-rekannya dan pihak manajemen. Lika-likunya dalam karir bermusik pun dimulai.

Lepas dari masalah penuh drama dengan Fifth Harmony, Camila lantas meretas single debut sebagai gong awalnya dalam bersolo karir. Namun track yang berjudul Crying In The Club tak mampu meraih kata sukses seperti yang dibayangkan. Nyatanya, single yang diharapkan bisa menjadi fondasi kuat untuk karirnya hanya mampu meraih posisi 12 di chart musik Inggris dan nomor 47 di Billboard Hot 100.

Bahkan Crying In The Club pun tak mampu memberikan dampak besar untuk karir internasional penyanyi kelahiran Kuba tersebut, sementara Fifth Harmony secara perlahan mencuri perhatian dunia musik meski hanya melangkah dengan 4 orang. Tapi kekecewaan tak lantas menghentikan Camila untuk terus melanjutkan gairahnya dalam bernyanyi maupun bermusik.

© camilacabello.com© camilacabello.com

Single kedua dipersiapkan, judul Havana menjadi pilihan untuk mewakili ide-ide baru Camila. Belum cukup, Young Thug pun digaet untuk ikut berkolaborasi dalam single keduanya yang terdengar sangat menjanjikan. Yang menarik, judul single ini pun merupakan nama dari Ibukota negara tempat ia dilahirkan.

Benar saja, Camila seolah ingin mengajak para pendengarnya untuk berkunjung ke Havana yang merupakan tempat pertama untuknya mulai mencintai musik. Camila pun menawarkan sebuah musik dengan nuansa latin bersama melodi serta beat yang sukses memikat hati para pendengarnya ketika single Havana melantun.

Memang single kedua ini mengusung pop yang kental dengan warna modern, tapi di sinilah kejeniusan Camila untuk menyelipkan asal-usul dirinya sebagai seorang penyanyi kelahiran Kuba. Ada banyak detail serta sound bernuansa Latin pada lagu ini yang membuat track Havana semakin panas. Belum lagi sajian visual pada video klipnya yang menegaskan sederet pesona dari potret kecil kehidupan di kota kelahirannya itu.

© facebook.com/97camilacabello© facebook.com/97camilacabello

Karakter vokalnya yang istimewa serta berbagai selipan unsur kultural pada single Havana benar-benar berhasil membuat Camila disorot sebagai sosok yang menjanjikan di industri musik. Sebagai kota kelahirannya, jelas Camila mencoba menampilkan koneksi dua arah antara dirinya dengan kota Havana. Tidak heran jika para pendengarnya seolah mengenal sosok Camila secara personal.

Selain memberikan imej 'unik dan berbeda' dari para penyanyi pop kebanyakan, secara tidak langsung Havana menjadi tanda awal dari keberhasilan Camila di industri musik. Terlalu cepat menilai, memang, tapi jika melihat pencapaian track Havana yang saat ini menjadi pemuncak chart musik iTunes di Inggris, bukannya tidak mungkin Camila adalah critic darlings baru di industri musik.

Walau belum menjadi posisi puncak chart musik Inggris, masih ada banyak waktu untuk Camila bisa meraih sederet pencapaian besar dalam karir bermusiknya. Belum lagi jika melirik bagaimana penulisan lirik yang matang serta pendewasaan dalam bernyanyi di usianya yang baru menginjak 20 tahun, hanya masalah waktu sampai Camila benar-benar melesat sebagai idola baru di ranah musik pop internasional.

Juga jangan lupakan bagaimana sense seorang Camila untuk membidik sosok Pharrell Williams untuk menjabat sebagai produser musik dari single Havana. Selain memiliki ciri khas beat yang ceria, Pharrell yang memiliki referensi luas serta pemahaman secara sadar akan peta industri musik menjadi faktor sukses lainnya di luar pribadi Camila secara personal.

Sekali lagi, terlalu cepat rasanya untuk mengukur sukses besar seorang Camila Cabello. Namun jika melihat apa yang ditawarkannya melalui single Havana, memprediksi Camila sebagai salah satu calon idola baru di industri musik internasional jelas bukan sebuah sikap yang salah. Juga, semoga saja popularitas tinggi tak menjadi titik yang akan menghentikan kreatifitas seorang Camila.

Jangan Lewatkan Ini Juga Guys!

Camila Cabello 'Havana' Pimpin Chart Musik Inggris di Pertengahan Minggu Ini

Penampilan Fifth Harmony di MTV VMA Lebih Dari Sekedar Sindiran Untuk Camila Cabello

Sadis! Begini Cara Fifth Harmony Bungkam Pertanyaan Soal Camila Cabello

Ikuti Jejak Supermodel, Camila Cabello Terpilih Jadi Brand Ambassador Skechers

Camila Cabello Komentari Lagu Perdana Fifth Harmony Tanpa Dirinya

(kpl/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -