Industri Musik Berubah, Ariel NOAH: Kita Musisi Cari Cara

Natanael Sepaya  |  Jumat, 28 Oktober 2016 00:30
Industri Musik Berubah, Ariel NOAH: Kita Musisi Cari Cara
NOAH © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Industri musik terus mengalami perkembangan dan pergantian tren. Belum termasuk dengan munculnya teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan bagi setiap musisi untuk menciptakan hingga mendistribusikan karya-karyanya.

Namun tidak bisa dipungkiri juga hadirnya teknologi dan arus tren musik yang terus berkembang juga memberi pengaruh terhadap gaya bermusik para pelakunya. Sebagai frontman salah satu band alternative rock terbesar Tanah Air, Ariel NOAH lantas memberikan komentarnya mengenai industri musik saat ini.

Ariel NOAH: Kondisi dan budaya dalam industri musik saat ini berubah © KapanLagi.com/Budy SantosoAriel NOAH: Kondisi dan budaya dalam industri musik saat ini berubah © KapanLagi.com/Budy Santoso

"(Industri musik sekarang) Kondisinya berubah. Budayanya berubah. Sekarang masuk era teknologi digital. Cara menyampaikan lagu kita pasti berubah, dan kita terus berinovasi. Mungkin kalo bisa kita bikin apps sendiri," ujar Ariel saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).

Di sisi lain, Ariel juga melihat munculnya sejumlah kendala yang menjadi 'pekerjaan rumah', baik bagi para pelaku musik maupun industrinya sendiri. Ariel menilai kalau saat ini musisi pun tak bisa sekedar bergantung pada sektor penjualan saja, namun juga mencari alternatif lain untuk tetap mempertahankan eksistensi sekaligus mempertahankan industri musik itu sendiri.

Tak ada yang salah, namun bagaimana para musisi mencari cara untuk tetap bertahan dan mempertahankan industri musik jadi salah satu masalah utama saat ini © KapanLagi.com/Budy SantosoTak ada yang salah, namun bagaimana para musisi mencari cara untuk tetap bertahan dan mempertahankan industri musik jadi salah satu masalah utama saat ini © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Industri musik lagi banyak kendala. Mereka nggak punya media berekspresi. Di TV juga jarang dapat tempat. Kita musisi cari cara. Bukan hanya untuk jualan, tapi bagaimana industri bisa bertahan. Teknologi harusnya bisa bermanfaat. Meskipun di masa perubahan ini kurang menguntungkan untuk musisi, dari analog ke digital," pungkasnya.

Suka atau tidak, teknologi memang sangat memudahkan bahkan memberi ruang baru bagi siapapun untuk berekspresi. Namun sekali lagi, kualitas tetap jadi nilai dasar yang membuat para seniman musik bertahan di era yang semakin modern ini. Bagaimana menurutmu?

Sudah Baca Yang Ini?

'Inovasi', NOAH Bicara Soal Personel - Rencana Mereka Selanjutnya

Ditanya Soal Rencana Menikah, Ini Jawaban Ariel NOAH

Sophia Mueller Jadi Tim Sukses Ahok, Ini Komentar Ariel

Jadi Jubir Ahok, Sophia Latjuba Izin Lebih Dulu Kepada Ariel

Ariel Nyanyi 'Cobalah Mengerti', Sophia Latjuba Jatuh Cinta