Gugatan Iwan Fals Terhadap Setiawan Djodi Akhirnya Dikabulkan

Girindra Permana Cahya  |  Jumat, 08 Januari 2016 10:35
Gugatan Iwan Fals Terhadap Setiawan Djodi Akhirnya Dikabulkan
Rosana © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sidang lanjutan kasus wanprestasi yang dilayangkan manajemen Iwan Fals, yakni PT Tiga Rambu terhadap PT Airo Swadaya Stupa milik Setiawan Djodi kembali digelar hari ini (7/1) di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Sidang ini mempermasalahkan pendokumentasian konser Kantata Barock yang digelar di Gelora Bung Karno pada 2011 silam.

Masalah ini bermula saat PT Airo menjual dokumentasi konser tersebut ke stasiun televisi swasta ternama Indonesia, yaitu MNC. Namun pihak manajemen PT Tiga Rambu tidak mendapatkan kompensasi dari penayangan tersebut. Dalam sidang putusan kali ini pun majelis hakim mengabulkan gugatan pihak Iwan Fals.

"Gugatan kami diterima sebagian. Pertimbangan hukum, hakim tidak bisa mendapatkan kepastian berapa kali konser itu diputar di televisi, karena belum ada saksi dan bukti lengkapnya. Makanya yang dikabulkan hanya sebagian," ujar Ichsan Perwira selaku kuasa hukum Iwan Fals.

Istri Iwan Fals, Rosana mewakili dalam sidang perkara dengan Setiawan Djodi © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoIstri Iwan Fals, Rosana mewakili dalam sidang perkara dengan Setiawan Djodi © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Dijelaskan Ichsan, menurut keterangan saksi saat itu di tayangan pertama ada dua-tiga lagu dan di tayangan kedua ada lima lagu yang diputar di televisi MNC. "Kami menggugat sebesar Rp 1,1 miliar. Dalam kontrak 23 lagu untuk 2 kali penayangan. Satu lagu 25 juta. Namun hanya dikabulkan sebesar Rp 200 juta, maka kami anggap masih sebagian," katanya.

Sementara itu, istri Iwan Fals, Rosana alias Yos, mengaku belum puas atas putusan yang dikabulkan. Selanjutnya, ia akan berdiskusi lebih dulu dengan Iwan Fals langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

"Ini masalah kebenaran. Ketika angka disebutkan, ketika ada keputusan dan saya yakin benar. Saya akan berdiskusi dengan Bang Iwan dulu. Saat ini MNC belum bicara. Saya akan berusaha untuk menjelaskan, sebenarnya MNC itu berapa kali sih menayangkan konser itu. Saksinya memang kurang lengkap," jelas Yos.

Jangan Lewatkan!!

Kolaborasi Bareng, Personel D Masiv Rasakan Semangat Iwan Fals

Tren Musik Mulai Mengarah ke Era Digital, Apa Kata Iwan Fals?

Kolaborasi, Iwan Fals Tak Mau Sebut D Masiv Sebagai Junior

Dibantu Steve Lillywhite, Iwan Fals dan d Masiv Kolaborasi Manis

Frustasi & Diborgol di 'Yang Terlupakan', Ada Apa Dengan Ariel?

(kpl/rhm/otx)


Lihat Arsip Musik

- - -