Bikin Buku, Setengah Tahun Tipe-X Ungkap Aib Personel

Sanjaya Ferryanto  |  Minggu, 12 Februari 2017 11:22
Bikin Buku, Setengah Tahun Tipe-X Ungkap Aib Personel
Tipe-X © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Grup musik bergenre Ska, Tipe-X akan merilis sebuah buku berjudul 1999. Rencananya, buku yang menceritakan tentang perjalanan para personel Tipe - X itu akan dirilis pada bulan Maret 2017 mendatang.

Tak memakan waktu yang panjang untuk menyelesaika buku 1999 ini. Menurut vokalis Tipe-X, Tresno, kurang lebih enam bulan lamanya menyelesaikan buku terbarunya itu.   

"Hampir setengah tahun. Kan kita gali lagi cerita yang bisa menginspirasi. Buat anak band kan, ternyata ini nggak hanya sekedar mimpi indah aja, ada perjalanan yang mereka harus bener-bener solid. Kalo sendiri, solid bisa, kalo banyak kepala sulit," kata Tresno saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (11/2/2017).

Tipe-X © Kapanlagi/Muhammad Akrom SukaryaTipe-X © Kapanlagi/Muhammad Akrom Sukarya


"Apalagi kayak Tipe-X kan cuma satu kali ganti formasi aja. Nah itu ada 6 kepala yang mencoba bertahan di era industri, yang dulunya mungkin asik tapi sekarang orang-orang nanggepnya udah agak berubah," lanjutnya.

Tresno mengatakan, ketertarikan membuat buku lantaran melihat perjuangan masing-masing personel Tipe-X masuk industri musik Tanah Air hingga sukses seperti saat ini tidaklah mudah. Mereka harus berjuang demi bisa menggapai mimpinya sebagai musisi.

"Awalnya ngobrol-ngobrol dan mikir selain bikin lagu. Akhirnya sepakat bikin buku. Tapi sisi jeleknya yang diangkat. Apalagi dulu kan kita masih bujang dan sekarang udah beristri, itu agak berat, ada yang harus dimintain ijin. Makanya prosesnya agak lama," katanya.

Simak Berita Lainnya:

Tipe - X, Buka Aib Para Personelnya Lewat Buku

Festival Musik Jamaican Sound 'Mari Berdanska 2016' Siap Digelar!

20 Tahun Berkarya, Tipe X Kenang Masa Lalu Yang Sulit Tapi Lucu

Tipe X Akui Salut Dengan Para Pemukul Bedug

Garap Album ke-8, Ini Tantangan Yang Harus Dihadapi Tipe X

Para penggemar sudah tak sabar menyaksikan penampilan Tipe X. Mereka memadati area seputar panggung agar bisa ikut bernyanyi sambil ber-pogo.
8 FOTO