Beda Fase, Lagu The Changcuters Nggak Bisa Dipaksa 'Gila-Gilaan'

Natanael Sepaya  |  Jumat, 03 Maret 2017 14:22
Beda Fase, Lagu The Changcuters Nggak Bisa Dipaksa 'Gila-Gilaan'
The Changcuters © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Inspirasi dalam membuat sebuah lagu tentu bisa datang dari mana saja, tapi yang terdekat tentu muncul dari pengalaman maupun semua hal yang dirasakan dalam keseharian. Ini pula yang tetap dilakukan The Changcuters dalam menuangkan setiap idenya ke dalam album BINAURALIS.

"Dari dulu kita selalu mengangkat hal-hal yang dekat sama kita. Pengalaman pribadi atau observasi. Dari kita-kita juga lah, kalau kita menulis lagu tentang permasalahan pasti ada solusinya. Kita bukan tipikal yang bikin lagu marah-marah doang. Tapi kita Insya Allah menawarkan solusi," ujar Tria Changcuters saat ditemui di Texas, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/3).

Walau begitu unit rock asal Bandung ini tidak menepis adanya perubahan gaya penulisan hingga ide materi dalam lagu-lagu baru mereka. Yap, hal ini diakui Qibil bisa terjadi karena The Changcuters sudah memasuki fase hidup dengan pengalaman hingga referensi yang berbeda.

Fase serta pengalaman membuat The Changcuters lebih bertanggung jawab dalam menawarkan ide hingga makna dalam lagu mereka © KapanLagi.com/Budy SantosoFase serta pengalaman membuat The Changcuters lebih bertanggung jawab dalam menawarkan ide hingga makna dalam lagu mereka © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Iya sih dari umur juga. Kita nggak bisa membuat karya yang akan sama dengan album MENCOBA SUKSES. Kita mau dipaksakan bikin I Love U Bibeh atau Gila-Gilaan nggak akan bisa. Karena sudah berbeda, umur, pengalaman, referensi. Yang kita alami di kehidupan ini ya tertuang lah di album sekarang," jelas Qibil Changcuters.

Hanya saja Tria menjelaskan kalau perubahan tersebut justru membuat inspirasi mereka semakin terdorong keluar. Walau keadaan sudah berbeda dan tidak bisa sebebas dulu, apa yang The Changcuters rasakan dalam keseharian pun tetap dikemas sedemikian rupa agar para penikmat musik tetap merasa terhubung dengan makna lagu-lagu mereka.

"Dengan keadaan seperti ini justru menambah banyak dosis inspirasi. Kita banyak dapat info ya mungkin dari keluarga, keluarga istri, anak atau merasa. Benar kata Qibil nggak mungkin kita balik lagi karena keadaan berbeda. Feel juga beda. Tapi insya allah kita masih bisa menyanyikan yang teman-teman rasakan bareng-bareng lah," sahut Tria mengakhiri.

Yakin Sudah Tahu Yang Ini?

Album Baru, The Changcuters: Tolong Dengar Baik-Baik Lagu Kita

Sering Dikunjungi, The Changcuters Anggap Semarang Rumah Kedua

Peduli Sosial, The Changcuters Ajak Anak Muda Asyik Beramal

'Hmmm.. Sudah Kuduga', Bukti Konsistensi The Changcuters

Pulang Dari Jepang, The Changcuters Akan Ungkap Album Barunya