Bangunan Tua dan Bersejarah di Jakarta Bisa Digunakan Sebagai Tempat Konser

Natanael Sepaya  |  Kamis, 29 Maret 2018 14:22
Bangunan Tua dan Bersejarah di Jakarta Bisa Digunakan Sebagai Tempat Konser
Anas Syahrul Alimi © KapanLagi.com/Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Kehadiran maestro dunia David Foster ke Indonesia untuk menggelar konser beberapa waktu lalu cukup menjadi sorotan. Bukan hanya soal nama besar David Foster, tapi di mana salah satu tempat konser yang dipakai adalah bekas pabrik gula yang melegenda.

Ya, di Karanganyar, Jawa Tengah, konser David Foster and Friends digelar di bekas pabrik gula Colomadu. Bangunan yang didirikan pada masa kerajaan Mangkunegaran IV pada 1861 itu sekarang telah disulap sebagai tempat seni pertunjukkan.

© KapanLagi/com© KapanLagi/com

David Foster, sang hits maker yang telah 16 kali meraih trofi Grammy Awards, sempat tergoda hatinya dengan pesona tempat yang kini bernama De Tjolomadoe. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton. Buktinya saja, tiket konser pun terjual habis.

"Bahkan dari 2650 tiket yang kami sediakan untuk konser David Foster di sana berhasil sold out," ujar Anas Syahrul Alimi promotor musik sekaligus event consultant pertunjukkan David Foster and Friends di De Tjolomadoe beberapa waktu lalu.

© KapanLagi.com© KapanLagi.com

Melihat hal ini, Anas pun berharap konsep tempat konser atau pertunjukkan yang memakai bangunan sejarah atau peninggalan Belanda bisa dilakukan juga di Jakarta."Tentunya dengan adanya venue-venue pertunjukkan dengan kekuatan nilai heritage serta dikelola secara profesional akan menjadi kekuatan untuk menarik pengunjung wisatawan asing dan lokal ke Jakarta," kata Anas.

Banyak sekali bangunan bernilai sejarah yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertunjukkan. Menurut Anas, nilai heritage bangunan dapat menjadi daya tarik tersendiri ketika nantinya dipakai menjadi tempat pertunjukkan. Anas pun berharap adanya sinergi yang baik antar beberapa pihak terkait.

© KapanLagi.com/Mathias Purwanto© KapanLagi.com/Mathias Purwanto

"Misalnya dengan pihak pengelola cagar budaya, bahkan bisa saja dengan UNESCO kalau memang bangunan itu masuk yang sudah berkategori warisan dunia," tandas Anas.

Baca Ini Juga Guys!

Lagunya Dipilih dan Dibawakan David Foster, Ini Reaksi Yura Yunita

David Foster and Friends Sukses Pukau Ribuan Penonton di Surabaya

Ditanya Soal David Foster, Anggun: Dia Jahil Sekali!

David Foster and Friends Bakal Panaskan Surabaya Lewat Sebuah Konser

Konser di Jawa Tengah, David Foster Tampil di Bekas Pabrik Gula

(kpl/pur/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -