Album Baru, The Changcuters: Karya Itu Bukan Sekedar Bikin Laku

Natanael Sepaya  |  Sabtu, 04 Maret 2017 11:22
Album Baru, The Changcuters: Karya Itu Bukan Sekedar Bikin Laku
The Changcuters © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Setelah merilis single di tahun sebelumnya, kini The Changcuters pun resmi meretas album penuh terbarunya, BINAURALIS. Meski berbeda dengan rilisan-rilisan sebelumnya, namun Tria Changcuters mengakui kalau album baru mereka menjadi follow up dari VISUALIS.

"Kalau kemarin itu Visualis dan itu trilogy pertama dan ini sambungannya. Jadi episode keduanya ini BINAURALIS, kalau VISUALIS kan secara gampang artinya melihat, kalau Binaural itu artinya mendengar, mendengarkan dengan kedua telinga. Kenapa kita mengeluarkan BINAURALIS karena ini era teknologi informasi itu cepat sekali, tapi banyak sekali info yang miss, karena kita jarang mendengar dan lebih banyak membaca," aku Tria saat ditemui di Texas Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/3).

Dari segi materi, The Changcuters juga tampak menawarkan sisi pendewasaan mereka setelah melalui berbagai fase sebagai musisi. Lalu, seberapa yakin unit rock asal kota Bandung ini kalau albumnya akan menuai sukses besar?

The Changcuters, tak ingin sekedar menjual karya © KapanLagi.com/Budy SantosoThe Changcuters, tak ingin sekedar menjual karya © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Sebagai musisi harus yakin. Cuma buat kita bikin karya itu bukan sekedar bikin laku nggak laku, booming nggak booming, yang penting influence-nya. Kita pengennya untuk laku nggak laku itu di belakang, yang penting bisa tersebar di seluruh Indonesia dan dunia, sehingga bisa memberikan influence, misi kita lebih ke sana. Tapi kalau ini booming ya Alhamdulillah," lanjutnya.

Lebih jauh, Tria pun ditanya apakah perubahan yang terjadi dalam The Changcuters membawa pengaruh pada fans atau tidak. Dengan santai, sang frontman pun memberikan jawaban singkat dan bijaknya.

"Kalau banyak teman media tanya sekarang berubah nggak takut kehilangan fans. Karena kita memang nggak punya fans. Kita punyanya friends. Ini lah friends kita semua. Kalau fans mungkin sekarang ngefans sama kita tapi besok mungkin ngefans sama Goblin, haha. Sama Young Lex misalkan. Kalau friends datang bukan senang-senang saja, tapi untuk mendukung," pungkas Tria.

Yakin Sudah Tahu Yang Ini?

The Changcuters Ungkap Makna Album Baru 'BINAURALIS'

Beda Fase, Lagu The Changcuters Nggak Bisa Dipaksa 'Gila-Gilaan'

Album Baru, The Changcuters: Tolong Dengar Baik-Baik Lagu Kita

Sering Dikunjungi, The Changcuters Anggap Semarang Rumah Kedua

Peduli Sosial, The Changcuters Ajak Anak Muda Asyik Beramal

(kpl/rhm/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -